Tanggap Bencana Dengan Magma Indonesia


Aplikasi Magma Indonesia 
Di hari rabu tepatnya tanggal 26 Juli 2017 yang lalu saya mendapatkan undangan yang sebelumnya dishare komunitas isb di facebook untuk berkesempatan menghadiri acara bincang santai temu netizen ke-6 yang diselenggarakan oleh Kementerian energi dan sumber daya mineral dengan tema : "Magma Indonesia Untuk Dunia". Jujur saja, awalnya sempat bertanya dalam hati tentang tema yang diangkat karena selama ini tahunya jika magma itu semacam lelehan batuan pada kerak bumi yang sangat panas biasanya terjadi pada letusan gunung merapi. Apakah magma ini nantinya akan dieksplorasi oleh pakar penelitian dari indonesia agar dimanfaatkan seluruh dunia. Pasti penasaran kan apa maksud dari tema bincang santai tentang magma Indonesia? Silakan simak ulasan berikut ini, happy reading all.. !!!


Sambutan Bapak Sujatmiko
Seperti biasa acara dibawakan oleh moderator cantik Mbak Ria salah satu staff kementerian esdm sebelumnya diawali dengan berdoa dan dilanjutkan pemberian kata sambutan oleh Bapak Sujatmiko sebagai Kepala biro komunikasi, layanan informasi publik, dan kerjasama dari kesdm. Beliau memberikan paparan singkat, jelas dan padat tentang tema yang diangkat hari itu seperti apa maksud dan tujuannya.


Sharing Session oleh Bapak Surono
Acara selanjutnya sharing session oleh narasumber yang super Inspiratif dan humble yaitu Bapak Surono atau biasa disapa Mbah Rono. Beliau merupakan pensiunan kepala geologi kesdm dua tahun silam namun pakar geophisic dan vulcanologis Indonesia ini diusianya yang menginjak 62 tahun semangatnya seperti  anak muda bahkan kerap hadir dalam setiap mitigasi bencana gunung berapi di Indonesia. Wah, ga kebayang kan betapa besarnya pengabdian beliau selama ini terhadap bencana gunung berapi. Ini menjadi tamparan keras buat generasi muda dan saya untuk lebih semangat juga aware untuk memajukan Indonesia tercinta.


Sharing session bersama mas devy kamil
Beliau selama ini dikenal sebagai sosok pribadi yang sangat tegas serta disegani para pejabat. Mbah Rono sempat bercerita bahwa Indonesia tercinta memiliki 127 gunung berapi yang masih aktif dengan tingkat kewaspadaan berbeda-beda dari level 1 sampai 4. Beliau juga bercerita berbagai pengalaman menarik dari erupsi gunung berapi mulai dari gunung merapi sampai gunung sinabung di sumatera utara. Bisa dibilang mbah rono ini klonning atau penggantinya alm. mbah marijan yang selama ini bergelut dengan gunung berapi. Saya ingat sekali dengan wejangan mbah rono di akhir sharing session bahwa : "Dalam mengajak sesuatu ke masyarakat, metode apapun yang kita miliki harus respek dengan kearifan lokal bila tidak respek kemungkinan besar gagal kalaupun berhasil itu hanya keberuntungan". Terimakasih banyak mbah rono untuk kata-kata motivasi serta ilmu yang sudah dibagikan. Semoga mbah panjang umur serta sehat selalu untuk berkarya Indonesia tercinta. Aamiin YRA


Aplikasi Magma Indonesia
Selanjutnya di sharing session terakhir dari narasumber yang super kreatif serta inovatif yaitu Devy Kamil Syahbana founder dari Magma Indonesia. Magma itu singkatan dari Multiplatform Application For Geohazard Mitigation And Assessment. Magma Indonesia adalah aplikasi karya Anak negeri yang sudah diakui oleh dunia internasional. Mas Devy ini membuat aplikasi magma indonesia dibantu oleh dua orang temannya dengan proses panjang bahkan sampai begadang setiap malam dan modal sendiri untuk terciptanya suatu aplikasi yang kedepannya bisa bermanfaat bagi orang banyak.


Salah satu fitur magma indonesia

Berkat kerja keras serta semangat yyan tinggi akhinya terciptalah Magma Indonesia yang diakui dunia internasional. Dan manfaat dari aplikasi magma Indonesia banyak sekali diantaranya yaitu mengetahui nama-nama gunung berapi di Indonesia dengan detail dan klimatologinya, sebagai format standar penerbangan untuk aviasi, aplikasi ini penting juga bagi pecinta alam atau pendaki gunung untuk mengetahui kondisi gunung pada saat mau mendaki, dan lain sebagainya.



fitur penerbangan magma indonesia
Untuk lebih detailnya aplikasi magma Indonesia seperti apa silakan download di App Store smartphone kamu dengan ketik : Magma Indonesia selain itu kapasitas dari aplikasi ini lumayan kecil hanya sekitar 4 MB jadi dijamin ga memenuhin memory smartphone. Bisa juga visit situs webnya magma indonesia di : magma.vsi.esdm.go.id
Mari kita dukung dan hargai karya anak bangsa dengan menggunakan dan memanfaatkan karyanya sebaik-baiknya. Ayoo, jika mas devy sudah membuat aplikasi yang memberi asa manfaat bagi bangsa, kira-kira kalau kamu kedepannya ada wacana mau buat inovasi atau terobosan apa yang bermanfaat untuk bangsa dan negara?? Oke, pikirkan ya dari sekarang siapa tahu tiba-tiba inspirasi datang. Hehehe  Saya akhiri saja tulisan kali ini semoga bisa bermanfaat dan maafkan juga jika kepanjangan tulisannya. Terimakasih telah mampir dan jangan lupa tinggalkan jejak ya. See you...





#TemuNetizenKe6
#MagmaIndonesiaUntukDunia
#EnergiBerkeadilan
#BloggerJakarta
#SobatBlogger














































4 komentar:

  1. Good info ka risma... aku jadi tau, ternyata ada aplikasi khusus buat ngcek kondisi gunung.
    Buat yang demen daki, aplikasi itu wajib banget punya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, Shin.. Benar banget penting untuk pendaki mengetahui kondisi gunung seperti apa... :)

      Hapus
  2. Ishhh keren... Gak kepikiran ternyata aplikasi... Saya kira Asuransi loch

    Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, Makasih Mas... Mungkin karena namanya yang belum terlalu familliar... hehehe

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.