Menyiapkan Menu Ramadhan Tetap Sehat Dan Segar Bersama Belleza 3


Dessert Sehat Ala Juanita Ari (Pic by : Indri K)

Alhamdulillah, tak terasa ramadhan telah di depan mata pastinya tak hanya mempersiapkan iman taqwa saja tentu sudah ada juga bayangan selintas kira-kira menu buka puasa dan sahur apa yang akan dihidangkan buat anggota keluarga dan semua ini menjadi suatu rutinitas yang berpahala tiap bulan puasa datang. 

Sudah menjadi kebiasaan di keluarga aku, saat berbuka puasa tak ketinggalan dengan kurma dilanjut dengan air es buah atau teh manis barulah ditutup dengan makanan berat seperti nasi dan menu istimewa lainnya buatan mama tercinta padahal sebenarnya itu pola berbuka puasa yang salah tapi apa mau dikata mungkin sudah habits jadi sulit dirubah.

Mbak Jocelyn, Nadia dan Fifi (Ki-ka)
Kabar gembiranya, aku mendapat pencerahan berharga bagaimana cara menyiapkan menu ramadhan yang sehat dan bergizi buat keluarga. Jadi, aku terpilih bersama beberapa member dari Blogger Crony Network ikut acaranya womantalk class yang bertema "Healthy Plan For Ramadhan" di Tanamera jakarta selatan dengan 2 orang narasumber yang expert dibidangnya yaitu Jocelyn Halim, BSC MHM MND seorang ahli gizi dan Fifi Alvianto yang seorang blogger, influenzer.

Cuaca yang begitu mendukung ditambah suasana tempatnya yang asyik dan nyaman pas banget dengan tema yang akan dibicarakan apalagi para peserta memakai dresscode touch white sehingga terlihat lebih calm juga elegan. Kebetulan juga di moment workshop tersebut sekalian ajang silahturahmi cantik dengan sesama teman blogger dan peserta workshop lainnya.
Acara akhirnya dimulai setelah para peserta workshop menempati posisi kursi sesuai nama masing-masing. Mbak nadia seorang ahli gizi atau nutritionist menjelaskan dalam menjalani ibadah puasa sebaiknya dibiasakan sebelum sahur dan saat buka puasa minum 2 gelas air putih dahulu untuk mencegah dehidrasi dilanjutkan dengan sholat maghrib, setelahnya kamu bisa makan menu yang sehat dan bergizi. Hindari makan terlalu banyak dan kenyang karena bisa berefek menjadi mengantuk dan mager alias malas gerak.

Mbak Jocelyn memberikan penjelasan
Mbak Joceyln Halim juga menambahkan bahwa manfaat dari berpuasa diantaranya :

● Membentuk pola makan sehat
● Mengistirahatkan sistem pencernaan
● Meningkatkannya sistem imun
● Menurunkan kadar insulin, gula darah, kolesterol, dan trigliserida
● Kerja hormon ghrelin lebih efektif

Pastinya harus diimbangi dengan pola makan sehat saat sahur seperti makan seimbang dan sesuai pedoman Depkes RI (2003) yaitu :

■ Cuci tangan yang bersih sebelum makan
■ Batasi gula, garam dan minyak
■ Jangan lupa minum air putih yang cukup
■ Komposisi makanan juga seimbang mulai dari makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan dan sayuran

Sama halnya dengan pola makan ketika sahur dengan makan beragam dengan gizi seimbang yaitu :

■ Sebaiknya konsumsi cairan atau minum air putih (minimal 2 gelas)
■ Perbanyak asupan serat dari sayur dan buah
■ Usahakan konsumsi makan sahur kurang lebih 30 menit sebelum imsak

Saat berbuka puasapun kita harus bisa mengontrol
sebaik mungkin makanan yang akan dikonsumsi jangan sampai kekenyangan dan akhirnya menganggu aktivitas. Lebih baik lakukan saran berikut ini :

● Mulai dengan minum air untuk mengembalikan cairan tubuh
● Berbuka perlahan dengan porsi kecil untuk menghindari sakit perut.
● Beri jarak 1,5 jam untuk makan utama agar perut siap mencerna makanan.
● Tidur 2-3.jam setelah makan
● Berbukalah dengan yang makanan manis alami untuk menormalkan kembali gula darah.
● Makan makanan bergizi tanpa porsi yang berlebihan.
● Makan berlebihan, lemak tinggi dan terlalu manis akan meningkatkan berat badan
● Untuk menghindari dehidrasi, biasakan minum air putih sebanyak 2L sehari yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat malam hingga menjelang dan  2 gelas saat sahur dan sebelum imsak
● Lakukan aktivitas fisik ataupun non fisik agar tak terasa mudah lapar pada saat puasa.


Sharing Session Mbak Fifi

Sharing session dari mbak Fifi Alvianto tak kalah menarik yang menceritakan kesibukannya sebagai blogger dan ibu rumah tangga tapi tetap turun ke dapur menyiapkan menu keluarga yang sehat dan bergizi tanpa dibantu oleh asisten rumah tangga. Beliau menyiapkan makanan dengan istilah food prep atau meal prep yaitu teknik menyiapkan bahan makanan untuk beberapa hari ke depan dalam wadah atau kotak yang tersedia dengan warna berbeda pastinya sudah dipotong-potong atau dibersihkan sebelumnya kemudian disimpan dalam kulkas deh.

Jadi, manfaatnya pada saat kita lapar tinggal masak saja bahan-bahan yang telah tersedia di food prep. Bagaimana, mudah dan praktis kan tips dari mbak fifi? Selama bulan puasa untuk buah-buahan tak pernah ketinggalan dalam pemenuhan gizi keluarganya. Di akhir sharing mbak fifi memberikan tips saat puasa sebaiknya melakukan aktivitas alias banyak gerak jangan mager atau malas gerak supaya ga mudah lapar dan mengantuk juga.

Mbak Theresia, Mas Sugiat Dan Mbak Shasa (Ki-ka)
Untuk menyimpan bahan makanan di food prep agar tetap sehat dan segar diperlukan kulkas yang recommend supaya nutrisi dan gizinya tak berkurang. Kebetulan sekali acara ini menghadirkan 3 pakar dari polytron yaitu Mbak Shasa Eva Marisah sebagai (Public Relation Polytron), Mas Sugiat (Product Trainer Polytron) dan Mbak Theresia (Marcom Polytron) yang akan sharing tentang keunggulan atau keistimewaan dari kulkas belleza 3 yang recommend dan cocok untuk menyimpan bahan makanan pada saat bulan puasa nanti.

Mas Sugiat menjelaskan keunggulan Belleza 3
Mas Sugiat selaku produk trainer menuturkan bahwa selama ini kulkas belleza 3 memiliki freon tidak ada batas ganti selama tidak bocor dan ada deodorizer buat seumur hidup. Bedanya dengan merk kulkas lainnya yaitu pemberian garansi kompresor polytron diberikan waktu 10 tahun, sehingga selama 10 tahun dijamin tidak akan ada masalah dalam kompresor kulkas kamu.

Apa saja keistimewaan dari kulkas belleza 3 ini diantaranya :

■ Belleza 3 mempunyai space yang lebih besar dan luas sehingga jadi lebih banyak menyimpan buah dan sayur 2 kali lebih tahan lama dibanding merk kulkas lainnya

■ Ada ventilasi udara dalam box sayur sehingga sayur tahan lebih lama dan segar

■ Freezer dengan suhu yang dingin yang pas dan space yang lebih luas

■ Tatakannya terbuat dari bahan yang tebal dan tak mudah pecah

■ Pocket rak yang full jadi botol minuman tidak mudah tumpah

■ Pocket rak juga terdapat dalam freezer

■ Box buah juga dipisah yang kedap udara membuat buah segar lebih lama bahkan bisa sampai 15 hari tetap fresh.

■ Daya listrik kulkas ini juga lebih hemat hanya 115 watt

Model Belleza 3 (Pic by : belanjaqu.co.id)
Kamu bisa memilih kulkas Belleza 3 yang terdiri dari beberapa model dan harga bervariasi yaitu :

● Model PRM 21QB   => Rp. 2.855.000
● Model PRO 18QB    => Rp. 1.950.000
● Model PRM 28QB   => Rp. 3.100.000
● Model PRM 28QV   => Rp. 3.279.000
● Model PRM 21QV   => Rp. 2.850.000
● Model PRM 21Q      => Rp. 2.975.000
     Silver
● Model PRM 28QX   => Rp. 3.219.000
● Model PRM 28QN   => Rp. 3.500.000

Seandainya kamu masih penasaran dengan spesifikasi dari belleza 3 atau produk polytron lainnya seperti apa bisa banget visit di www.polytron.co.id/products


Saat pembuatan dessert sehat
Setelah mendapatkan pencerahan yang detail tentang tips dan produk kulkas yang tepat untuk menyimpan bahan makanan pada puasa nanti, hadir juga mbak Juanita Ari sebagai pengusaha catering yang dibantu praktisi seorang nutritionist dan 2 dokter gizi dalam menjalankan usaha healthy cateringnya. Healthy catering yang digelutinya gak hanya melayani pesanan vegatarian catering saja tapi juga tergantung dari kebutuhan konsumen, apalagi temanya mendekati suasana ramadhan goalnya untuk kesehatan yang lebih baik pilihlah bahan makanan sebaik mungkin walaupun kita sudah makan bagus tapi terkadang polusi menyerang termasuk masalah stress.

Dessert Sehat Ala Risma
Mbak Juanita memberikan tantangan kepada para peserta membuat dessert yang sehat dan bergizi dengan bahan utama dari chia seed yang bisa dikonsumsi langsung karena seratnya tinggi dengan pilihan topping buah-buahan seperti strawberry, jeruk, kiwi, anggur tambahan daun mint. Kamipun membuat dessert sehat sesuai  imajinasi dan kreativitas masing-masing. Pokoknya jadi challenge yang bermanfaat banget deh😍😍

Beliau  juga menyarankan sedini mungkin mengurangi penggunaan gula pasir lebih baik mengunakan gula yang alami seperti madu atau buah dan pilihlah bahan-bahan organik yang lebih alami dan tidak terkontaminasi bahan kimia. Terpilihlah 3 orang peserta dengan membuat topping dessert yang menarik dan berbeda mendapatkan susu kedelai olahan dari mbak juanita, congrats ya dear 😘😘

Kebersamaan kami diakhiri dengan sesi photo bareng bersama mc dan para narasumber yang kece serta inspiratif. Terimakasih banyak untuk blogger crony, womantalk class dan polytron atas acaranya yang seru dan kece ini. Tak lupa aku mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1439 bagi yang menjalankannya.













Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.