Mengenal Lebih Dekat Dari Olahraga Memanah

Siap memanah (Dokpri)
Kamu pasti pernah dong mendengar perihal hadist olahraga yang disunahkan oleh rasul? Seandainya lupa seperti ini kutipan hadistnya : Rasulullah SAW. bersabda : "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah." (H.R. Sahih Bukhari dan Muslim). Bisa dibilang selama ini saya sangat penasaran dan tertarik dengan salah satunya yaitu memanah. Sayangnya, belum ada waktu luangnya untuk mencoba olahraga yang satu itu.
Lapangan Memanah (Dokpri)
Qadarullah, dari sebuah whatsapp group TauDari Blogger dibagikan sebuah info yang sangat menarik yaitu trial memanah secara free buat blogger di pondok indah archery club pada hari minggu tanggal 5 agustus ini tentunya kesempatan emas ini tak saya sia-siakan begitu saja dong kebetulan juga saya lagi free time. Sayapun segera mendaftar trial memanah tersebut dengan beberapa blogger lainnya.

Jreng... jreng.. hari minggupun tiba saya menuju lokasi memanah yang dimaksud kebetulan sekalian janjian sama mardhiyah salah satu blogger yang ikut trial memanah, bisa dibilang lokasinya mudah dijangkau jika naik transjakarta cukup turun di halte pondok indah 1 dilanjutkan naik ojol kalau lagi terburu-buru paling ongkosnya sekitar 7 ribu rupiah atau gak jalan kaki saja sekitar 500 meter biar sehat juga hemat pula. Hehe apalagi ditambah suasana tempatnya juga bikin adem dan sejuk dengan pepohonan rindang walaupun dikelilingi oleh rumah-rumah mewah.
Antusiasme anak-anak saat memanah (dokpri)
Alhamdulillah, saya dan mardhiyah tiba di lokasi memanah kebetulan kak Amanda blogger lainnya telah sampai lebih dahulu dan kamipun diperkenalkan dengan coach Fadian sebagai founder dari club memanah ini yang telah berdiri sejak september 2017 lalu. Coach Fadian dan 2 coach lainnya saat itu lagi melatih anak-anak yang antuasismenya begitu luar biasa dalam belajar olahraga sunah rasul ini. Aku terkagum melihat anak-anak terlihat luwes dan lincah memainkan busur panah mungkin karena sudah sering latihan memanah juga.
Selfie dulu sebelum membidik papan panah 
Arm guard/ pelindung lengan (dokpri)
Finger tab/ pelindung jari (dokpri)
 Oh, ya kami bertiga menunggu giliran trial memanah pukul 10.00 setelah sesi anak-anak selesai berlatih. Akhirnya, tibalah giliran kami sang srikandi blogger yaitu kak amanda, saya dan mardhiyah mencoba trial memanah yang dipandu oleh coach fadian. Sebelumnya kami diharuskan memakai pengaman olahraga untuk menghindari cedera atau luka di sekitar lengan dan jari yaitu Arm Guard yang dipasang pada lengan dan finger tab yang dipasang pada ruas jari seperti memakai cincin gitu.
3 srikandi siap membidik
Coach cerita sedikit tentang olahraga memanah kemudian dimulai dengan membaca doa supaya mendapat barokah dari olahraga ini. Aamiin dilanjutkan oleh pemanasan selama 5 menit supaya tubuh tak kaku sebagai awal penyegaran. Nyatanya memanah itu gampang-gampang susah kalo melihat dari jauh mungkin cukup letakkan anak panah, ditarik busur dan lepaskan padahal semua itu ada teknik atau step-step dalam memanah yang baik dan benar :
1. Pastikan posisi tubuh tegak lurus menghadap kiblat tapi kepala menghadap searah jarum jam 12
2. Knock point : Letakkan anak panah dengan posisi busur diarahkan ke bawah
3. Hooking : Meluruskan (tangan kiri diluruskan ke bawah)
4. Set Up : Angkat busur
5. Draw up : Menarik busur
6. Release : Melepaskan anak panah menuju sasaran.
Teknik mencabut anak panah (dokpri)
Anak Panah simpan di tempatnya (dokpri)
Awal-awal trial memanah shoot kami selalu meleset dari target yang diharapkan mungkin karena tekniknya yang masih berantakan dan semakin kemari akhirnya sasaran anak panah kami sudah lumayanlah. Coach fadian tak hanya mengajarkan teknik dalam memanah tapi memberikan tips aman dalam mencabut anak panah dari tempatnya walaupun ini kedengarannya begitu sepele tapi perlu diperhatikan juga demi keselamatan bersama yaitu diantaranya :

1. Pastikan area di sekitar sudah aman dari siapapun untuk menghindari bahaya bagi orang lain.
2. Letakkan tangan kanan disebelah anak panah yang akan dicabut.
3. Ambil ujung anak panah dengan tangan kiri secara perlahan-lahan.
4. Kumpulkan semua anak panah secara aman dan simpan pada tempatnya secara baik dan benar yaitu bagian yang paling tajam ke arah bawah.

Berhubung coach fadian ada keperluan ke bandara jadi gak bisa menemani kami trial memanah sampai selesai, kemudian kami mewawancarai coach lainnya yaitu coach patra yang bergabung di sini sejak awal berdiri, beliau berasal dari lulusan UNJ yang aktif di pelatnas panahan sehingga ditarik ke club memanah ini. Coach patra memberikan tips memanah yang baik yaitu harus focus dan tenang kemudian tekniknya juga harus baik dan benar Insya Allah menghasilkan shoot sesuai target.
Dalam memanah, ternyata ada jarak yang ditentukan untuk kelas newbie mulai dari 5, 10 sampai 15 meter sedangkan untuk kelas turnamen mulai dari 20, 30, 40, sampai 70 meter. Beliau juga memberikan informasi tentang brand busur yang bisa digunakan yaitu untuk produk lokal seharga Rp. 600 ribu, merk cartel berasal dari korea dengan kisaran harga Rp. 1 juta dan hoyt berasal dari amerika lebih recomend dengan harga kisaran Rp. 1,8 juta sedangkan untuk anak panah merk cartel seharga Rp. 100 ribu/pcs dan buatan lokal seharga Rp. 50 ribu/pcs.

Di Pondok Indah Archery Club ada 3 coach yang akan melatih memanah yaitu coach fadian, coach patra dan coach mahar (bergabung baru tahun ini). Dan jadwal latihan setiap hari sabtu dan minggu mulai dari pukul. 08.00 s/d 12.00 wib dengan dibagi 3 sesi waktu yaitu :
1. Dari pukul. 08.00 s/d 09.00
2. Dari pukul. 09.00 s/d 10.00
3. Dari pukul.10.00 s/d 11.00


Dengan kesempatan 6 anak panah setiap datang latihan memanah dan kamu cukup membayar uang pendaftaran sebesar Rp.100 ribu dan biaya bulanan Rp. 200 ribu/bulan selama 4x pertemuan. Latihan memanah bisa dilakukan bagi segala usia yaitu anak-anak dan dewasa. Jika masih penasaran tentang dunia memanah seperti apa lebih baik kepoin saja di fanpagenya : Pondok Indah Archery Club. Oke deh, selamat memanah hatinya ya, eh maksudnya selamat memanah pakai hati dan perasaan 😂😂






















1 komentar:

  1. Dulu waktu anak-anak saya masih SD, salah satu ekskulnya adalah memanah. Anak saya ikutan. Sayang di SMP gak ada ekskul ini

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.