Adopsi Hutan, Cara Tepat Dalam Melestarikan Hutan


 

"Bu, hutan itu apa sih ?" tanya seorang anak murid saat pembelajaran tema tanaman beberapa waktu lalu, akupun menjelaskan secara dasar saja dan mudah mengerti sesuai usia dini mereka. "Anak-anak, jadi hutan adalah sebuah tempat yang ditumbuhi banyak tanaman atau pohon dengan lebat". 
Dari penjabaran sederhana diatas secara tak langsung kita sudah memberikan pengetahuan dasar keberadaan hutan bagi anak di usia dini sehingga rasa keingintahuan mereka selama ini terjawab. Sebagai pondasi awal agar mereka selalu menjaga kelestarian alam contoh sederhana seperti tanaman yang ada di lingkungan sekitar. 

Owh, ya pastinya selama ini kamu sudah banyak tahu bahwa Indonesia mempunyai cakupan hutannya yang begitu luas. Untuk itu aku ingin mengingatkan kembali tentang hutan ini dengan pembahasan dibawah ini ya :

πŸ€ Pengertian Hutan πŸ€

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbondioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosper Bumi yang paling penting. 

Sedangkan makna hutan menurut Undang-Undang tentang Kehutanan Nomor 41 tahun 1999 adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. (Sumber : Wikipedia)

πŸ€ Manfaat Hutan πŸ€

Hutan dengan penampakan tanaman dan pepohonan yang tumbuh lebat nyatanya selama ini telah memberikan banyak manfaat bagi penghidupan makhluk hidup di sekelilingnya mulai dari paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat bagi flora (tanaman) dan fauna (hewan) sampai pengendali bencana (erosi air dan banjir) sehingga peran serta semua pihak diperlukan agar kelestarian hutan Indonesia tetap terjaga sampai kapanpun. 



πŸ€ Hari Hutan Indonesia πŸ€

Adakah yang tahu tanggal 7 Agustus itu sebagai perayaan hari apa? Nah, kabar gembiranya mulai tahun ini tanggal 7 Agustus sebagai peringatan pertama Hari Hutan Indonesia  dengan tema special yaitu  "Hutan Kita Juara". Jadi, Hari Hutan Indonesia adalah momen yang kita dedikasikan untuk mengingat dan mensyukuri keberadaan hutan Indonesia serta segala kekayaan alam di dalamnya : air, sumber makanan, flora dan fauna, simpanan karbon, dan akar budaya Indonesia. 

Pada tanggal 7 Agustus lalu itu sekitar 141+ kolaborator lintas komunitas dan organisasi beserta 250+ sukarelawan digital yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah menyukseskan perayaan tersebut dimana mengajak kita untuk menjadi bagian dari sejarah perayaan Hari Hutan Indonesia yang pertama, kita merayakan keindahan hutan Indonesia dengan cara sederhana menyebarluaskan pesan bermakna melalui gawai kesayangan ke sosial media yang ada bahwa hutan Indonesia itu juara dan milik kita semua! 

πŸ€ Adopsi Hutan πŸ€

Sejak 7 Agustus lalu diperingati sebagai Hari Hutan Indonesia sekaligus peluncuran penggalangan dana bernama Adopsi Hutan sebagai kontribusi nyata dalam kelestarian hutan Indonesia. Jadi, Adopsi Hutan yaitu suatu upaya penggalangan dana (crowdfunding) dalam rangka menjaga kelestarian hutan seperti pohon-pohon tegak, fauna, flora termasuk sumber air dan udara bersih yang sudah ada di hutan, bersama dengan masyarakat sekitar hutan karena jaga hutan bukan hanya butuh sumber daya, termasuk sumber dana.

Akupun merasa bangga menjadi bagian indonesia kaya akan beranekaragam kultur juga etnik yang ada ditambah memiliki hutan yang sangat luas sebagai salah satu sumber penghidupan bagi masyarakat adat yang tinggal sekitar hutan memanfaatkan apa yang tersedia di dalam hutan. 



Lebih prihatin pada masa pandemi begini berbeda jauh dengan masyarakat kita, dalam hal survive masyarakat adat sudah lama dalam menerapkan praktik lestari diantaranya ketahanan pangan, isolasi sukarela di mana hal tersebut sudah dilakukan oleh para leluhur terdahulu mereka. Gak kebayang kan bagaimana survivenya kehidupan masyarakat adat sana dalam menjalani masa-masa sulit? Dari sini kita bisa belajar banyak dari survivenya masyarakat adat sana. 

Ada baiknya mulai dari sekarang kita bergotong royong untuk menjaga kelestarian alam sekaligus membantu masyarakat adat sekitar hutan dengan cara Adopsi Hutan yaitu penggalangan dana melalui kitabisa.com hanya menyisihkan sedikit dari penghasilan selama ini sudah memberikan kontribusi nyata untuk Hutan Indonesia milik kita semua. Semoga Hutan Indonesia tetap lestari dan indah hingga turun temurun... Aamiin YRA πŸ™




Sumber :
* Wikipedia
* Instagram : @hutanituid










 






1 komentar:

  1. Semoga makin banyak yang berdonasi lewat adopsi hutan ya agar hutan kita makin lestari dan terjaga

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.