Berdamai Dengan Alam, Senantiasa Menjaga Hutan Indonesia



Sejatinya alam senantiasa memberikan kedamaian dan ketenangan bagi sekitarnya tapi nyatanya segelintir manusia telah merusaknya dengan sekejap demi keambisian atau keegoisan, belum lama ini setelah sekian purnama aku berkunjung kembali ke kebun raya bogor bersama keluarga tercinta. Suasana kebun raya bogor masih sama tetap dengan keindahan juga kesejukan bagi pengunjungnya.





Nyess... Seketika pikiran dan hati berasa damai dan tentram di tengah ribuan spesies tanaman atau pohon telah memberikan warna tersendiri sebagai tempat bagi pemulihan jenis tumbuhan terancam punah dan lahan yang terdegradasi, serta menjadi rujukan koleksi tanaman yang bernilai tinggi untuk pengembangan potensi pemanfaatan berkelanjutan. Selain itu Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan hutan kota yang menjadi tempat konservasi berbagai flora yang berasal dari dunia dimana keberadaannya memberikan manfaat yaitu kemampuan dalam menyerap Gas Karbon Dioksida (Co2). Dari sini kita bisa menyimpulkan eksistensi hutan kota berkontribusi besar untuk kehidupan manusia.

Prihatin, satu kata untuk menggambarkan kondisi polusi udara atau pencemaran udara sudah sangat mengkhawatirkan hingga di sorot dunia tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus karena bisa menyebabkan permasalahan kesehatan pernafasan manusia. Indonesia di tahun 2023 ini merayakan hari kemerdekaan ke 78 tahun tapi  nyatanya kita belum merdeka dari polusi udara atau pencemaran udara yang mengkhawatirkan saat ini sehingga jangan dianggap sepele harus diambil tindakan serius agar tidak terus berkepanjangan kondisi seperti ini.

Apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi pencemaran udara yang sedang terjadi saat ini, diantaranya yaitu : 



Memaknai kemerdekaan di era digital saat ini bisa dengan melakukan hal-hal positif yang bermanfaat di tengah kondisi pencemaran udara negara kita yang kian mengkhawatirkan perlu banget mendapatkan perhatian khusus #UntukmuBumiku Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mengatasi polusi atau pencemaran udara  #BersamaBergerakBerdaya sebagai berikut :

1. Kurangi Penggunaan Bahan yang Sulit Terurai




Sebagai rasa peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi sampah kaleng, plastik dan kaca membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Adapun cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah kebiasaan membawa kantong belanja sendiri, membawa tempat minum juga makan sendiri, membawa kantong belanja sendiri, serta kurangi penggunaan sedotan plastik atau kayu.

2. Menggunakan Kendaraan Ramah Lingkungan




Saat ini asap knalpot kendaraan bermotor sebagai penyumbang terbesar penyebab polusi udara terlihat jelas di kota-kota besar dimana setiap hari dipadati kendaraan bermotor makanya dianjurkan untuk memilih kendaraan yang ramah lingkungan dengan bahan bakar listrik atau tenaga surya bisa juga dengan menggunakan sepeda.

3. Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor




Untuk pemakaian kendaraan ramah lingkungan terbilang masih sulit didapatkan tapi sebagai gantinya dengan mengurangi kendaraan bermotor pribadi dan memakai kendaraan umum dimana tak hanya membantu mengurangi polusi udara juga dapat mengurangi kemacetan jalan. Seandainya jarak yang ditempuh lumayan dekat bisa dilakukan dengan berjalan kaki.

4. Jangan Membakar Sampah!




Perlu diketahui, pembakaran sampah secara terbuka sebenarnya sudah diatur dalam UU no.18 tahun 2008 yang ditegaskan bahwa masyarakat harus mengelola sampah dengan sistem kumpul-pilah-olah, namun faktanya di lapangan masih banyak orang yang tetap membakar sampah sehingga perlu melakukan reduce-reuse-recycle adalah suatu cara paling tepat untuk mengurangi sampah.

5. Yuk, Menanam Pohon!




Tahu tidak, kalau menanam 1 pohon itu jauh lebih baik daripada membakar hutan, marilah kita perbanyak menanam pohon. Pepohonan memberikan banyak manfaat yaitu dapat meningkatkan kualitas udara secara langsung dan tidak langsung, selain itu keberadaan pohon akan membersihkan udara dari polutan berbahaya dan menghasilkan oksigen. Langkah sederhana yang dapat kita lakukan cukup dengan menanam pohon di pekarangan atau halaman belakang rumah. Yuk, bisa yuk mulai dari hal kecil dengan menanam pohon!

6. Tidak Membakar Hutan




Sampai saat ini kebakaran hutan masih terus terjadi terutama di hutan wilayah Indonesia yang disebabkan oleh faktor alam, seperti sambaran petir, musim kemarau, atau letusan gunung berapi. Namun musibah kebakaran hutan tak lepas dari campur tangan perbuatan manusia dalam kepentingan pribadi untuk pembukaan lahan dengan cara dibakar disertai perburuan hewan menggunakan senapan api

7. Melakukan Daur Ulang Sampah

 



Selama ini kita menganggap bahwa sampah tidak bermanfaat nyatanya sampah organik dan non-organik masih bisa dimanfaatkan kembali. Contoh sederhana seperti kaleng makanan yang dapat diolah menjadi celengan atau pot bunga sedangkan sampah organik berupa sampah sayur dan sisa makanan dapat diolah kembali menjadi pakan hewan, kompos, pupuk sederhana hingga biogas dan listrik. Nah, kan betapa banyak manfaat yang dihasilkan dari sampah organik dan non-organik yang didaur ulang. 

Apakah Hutan ?




Uraian di atas ada korelasinya antara polusi udara dengan hutan Indonesia, seperti apa kira-kira korelasinya ya? Yuk, simak pembahasan menariknya berikut ini ! Oh, ya sebelumnya kita berkenalan dulu dari definisi "HUTAN" ? 

Hutan adalah kawasan lahan dan area tertentu yang ditumbuhi pohon-pohon atau vegetasi kayu-kayuan yang mendominasi sumberdaya alam di daerah tersebut. (lindungihutan.com)
Sedangkan pengertian hutan dari segi bahasa telah dijelaskan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu hutan adalah tanah luas yang ditumbuhi pohon-pohon dan biasanya tidak dipelihara orang. 

Seperti kita ketahui bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati diunggulkan dengan letak geografis yang dilewati oleh garis zamrud khatulistiwa dan iklim tropis hal ini yang membuat tumbuh subur pohon-pohon tinggi juga besar di hutan Indonesia, sehingga keberadaan hutan tersebut memberikan keindahan, kedamaian juga banyak manfaat bagi kelangsungan hidup untuk manusia juga ekosistem di sekitarnya.

Pohon-pohon yang menjulang tinggi nan ndang, tumbuh berjajar membentuk pepohonan memberi nuansa kesejukan juga ketenangan bagi pemilik jiwa juga semesta alam ditemani gemericik air sungai yang mengalir  jernih dan faunapun bersahaja dalam kelestarian hutan hingga sepanjang masa, tak kebayang betapa berartinya kehadiran hutan bagi makhluk hidup sudah selayaknya kita senantiasa menjaganya.

Apa Saja Manfaat Hutan Indonesia ?




Tak hanya menyuguhkan keindahan juga kedamaian bagi semesta alam, hutan indonesia tentunya memberikan manfaat yang sangat banyak. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari hutan indonesia yang perlu banget kamu ketahui yaitu :

1. Menghasilkan Oksigen




Selama ini kita pasti sudah familiar dengan julukan hutan sebagai paru-paru dunia. Keberadaan hutan telah menjadi pemasok oksigen paling besar di permukaan bumi. Sebuah penelitian mengatakan dari sebatang pohon dewasa mampu menghasilkan pasokan oksigen untuk 2-10 orang per hari. Terlebih lagi hutan mampu menyerap karbon dioksida sebanyak 2,6 miliar ton karbon dioksida. Tak terbayangkan eksistensi hutan memberikan andil besar dalam kehidupan makhluk hidup.

2. Menyimpan Cadangan Air




Faktanya hutan mampu menangkap limpahan air dan menyerapnya ke dalam tanah sehingga menghasilkan cadangan air yang disimpan oleh akar pohon ini biasanya bersumber dari air hujan yang turun selanjutnya persediaan air tanah akan terisi kembali untuk kepentingan minum, sanitasi, irigasi dan hajat hidup orang banyak. 

3. Mampu Mencegah Banjir




Siapapun tahu bahwa manfaat hutan salah satunya sebagai daerah resapan air dapat mencegah terjadinya banjir. Keberadaan akar pohon memberikan peran penting untuk menampung hujan yang lebat yang berada di daerah dataran rendah sehingga semakin banyak pohon di dalam hutan ini banyak maka akan semakin banyak menyerap banyak air. Jadi, selain mampu mencegah banjir, cadangan air yang telah tersimpan nanti menjadi cadangan saat musim kemarau datang.

4. Mengurangi Dampak Erosi Tanah dan Longsor




Manfaat lainnya dari hutan selain menyimpan cadangan air dan mampu mencegah banjir,  dari akar pohonnya dapat mencegah terjadinya tanah longsor karena akar akan mencengkram tanah dengan kuat sehingga sebagai. pengikat butiran-butiran tanah. Jika kondisi hutan yang gundul dan tidak ditanami pepohonan maka akan berdampak sangat rawan terjadinya erosi dan tanah longsor.

5. Tempat Tinggal Flora dan Fauna




Kebesaran Allah SWT dengan kuasa-Nya di dalam hutan juga hidup berbagai macam jenis tumbuhan dan binatang. Keanekaragaman flora dan fauna hidup dalam sebuah kesatuan dan kebersamaan sehingga membentuk ekosistem hutan. Manfaat keberadaan hutan juga telah menyediakan banyak kebutuhan untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup yang ada di muka bumi.

Mengulas Fakta kebakaran hutan dan lahan di Indonesia 




Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla adalah suatu peristiwa terbakarnya hutan dan/atau lahan, baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbukan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik. (Wikipedia) 
Indonesia sampai saat saat ini belum aman dari bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terlepas semua itu terjadi secara alami seperti kilat, petir dan gesekan namun tidak dipungkiri ada juga ulah manusia yang tidak bertanggungjawab seperti api unggun, atau bahkan dengan sengaja dibakar hutan untuk kepentingan pribadi yaitu membuka lahan baru. 

Yuk mengulas fakta kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, berikut ini : 

1. Hutan Musnah




Berdasarkan Data Badan nasional Penanggulangan Bencana hanya dalam kurun  waktu relatif singkat total hutan Indonesia yang terbakar mencapai 2.089.911 hektare. Sumpah, shock banget lihat jumlah angkanya segitu banyak apalagi jumlah ini setara dengan 32 kali luas wilayah DKI Jakarta atau sekitar empat kali pulau Bali. Benar-benar memprihatikan kondisi hutan Indonesia kita saat ini. Hiks, hiks

2. Lumpuhkan Ekonomi




Terjadinya kebakaran hutan tentunya merusak seluruh sektor perekonomian. Dan tercatat kerugian menembus hingga Rp 20 triliun. Itu pun baru tercatat di Provinsi Riau saja dalam kurun waktu tiga bulan dan belum termasuk kerugian yang terjadi di Kalimantan atau sejumlah wilayah Indonesia lainnya. Angka kerugian yang sangat besar dan berpengaruh dalam perekonomian Indonesia. 


3. Pencemaran Udara




Lebih menyedihkan lagi, fakta lainnya dari kebakaran hutan dan lahan yaitu terjadilah polusi udara atau pencemaran udara dan kurang dari 50 juta warga kini sudah terpapar penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Penyakit yang membahayakan ini muncul akibat buruknya kualitas udara bahkan sampai memakan korban jiwa.

4. Mengancam Satwa Langka




Bukan hanya membuat polusi udara, kebakaran hutan juga telah mengancam habitat satwa langka di Indonesia salah satunya yaitu habitat orangutan. Tak kurang dari 6.000 orangutan kini terancam habitatnya, kasihan sekali orangutan ini harus terbunuh atau terusir dari habitatnya di hutan.

Apa saja dampak kebakaran hutan dan lahan bagi iklim dan lingkungan?

Bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memberikan dampak besar bagi iklim dan lingkungan. Apa saja dampak yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, yaitu :




Hilangnya habitat makhluk hidup
● Memakan korban jiwa 
● Menyebabkan terjadinya polusi udara
● Terjadinya polusi air
● Pemanasan Global ( Global Warming)
● Lumpuhnya ekonomi


Fenomena Indonesia sebagai negara dengan Hutan Hujan Tropis terbesar ke-3 di dunia



Oh ya guys, ada hal penting banget yang harus kamu ketahui dan menjadi kebanggaan tersendiri bahwa Indonesia adalah negara dengan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia tentunya di seluruh wilayah Asiasetelah negara Brazil dan Republik Demokratik Kongo diikuti Peru di posisi 3 kemudian Kolombia di posisi 5. Adapun hutan hujan Indonesia yang tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua tepatnya di pulau-pulau besar Indonesia. Melansir FSC Indonesia bahwa keanekaragaman flora dan fauna hutan hujan Indonesia tergolong lebih tinggi dibandingkan Amerika Selatan dan Afrika.

Tindakan apa yang dilakukan untuk menjaga hutan dan lahan serta melestarikan alam?




Menurut kamu, apa saja tindakan yang bisa kita lakukan untuk menjaga hutan dan melestarikan alam yaitu : 

✅️ Melakukan Reboisasi




Masih ingat dong apa itu Reboisasi? Jadi, reboisasi yaitu penghijauan atau penanaman hutan kembali yang tujuannya untuk menggantikan pohon-pohon yang terbakar atau ditebang sehingga alam kembali hijau dan berfungsi sebagaimana mestinya yang memiliki peranan berarti bagi lingkungan hidup dan ekonomi. 

✅️ Merawat tumbuhan di hutan




Jika sekiranya kita tak mampu menanam tumbuhan atau tanaman yang berada di hutan, namun tak ada salahnya untuk merawatnya saat sedang berada di sana, tidak ada ruginya jika merawatnya sebagai wujud menyayangi isi semesta alam ciptaan Allah SWT dan juga sebuah langkah sederhana agar eksistensi hutan tetap terjaga dan lestari sampai kapanpun.

✅️ Tidak membuang sampah sembarangan di hutan




Hal sepele seperti ini sering terabaikan dengan membuang sampah sembarangan di hutan karena apalagi jenis sampahnya yang sulit terurai dimana butuh waktu lama, kebiasaan menjaga kebersihan harus diterapkan dimana saja termasuk saat berada di hutan sekalipun. Yuk, aware dengan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan di hutan!

✅️ Tidak merusak tumbuhan dan pohon di hutan



Saat kita berada di hutan seharusnya bisa menjaga sikap dengan tidak melakukan hal-hal yang buruk atau merugikan lingkungan seperti tidak merusak tumbuhan dan pohon di hutan agar kelestarian dari tumbuhan juga pohon tetap terjaga sebagai pelindung ekosistem di hutan.

✅️ Tidak melakukan pembakaran hutan




Nyatanya pembakaran hutan terjadi bukan karena faktor alami saja tidak dipungkiri akibat ulah manusia untuk kepentingan pribadi atau golongan seperti membuka lahan baru di hutan, sehingga hutan menjadi gundul ditambah polusi udara atau pencemaran udara yang mengganggu pernapasan manusia, stop untuk tidak melakukan pembakaran hutan untuk kepentingan bersama juga kelestarian dan kedamaian hutan kita!

✅️ Mencegah kebakaran hutan 




Seperti kata peribahasa terkenal bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, nah sama halnya dengan mencegah terjadinya kebakaran hutan itu jauh lebih baik daripada kejadian kebakaran hutan, selain merugikan secara ekonomi juga bisa memakan korban jiwa makanya tanamkan rasa peduli terhadap hutan dengan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

✅️ Menjaga kelestarian hewan yang hidup di dalamnya



Dengan memiliki rasa sadar atau peduli menjaga hutan, tak hanya memberikan manfaat terhadap tumbuhan dan pepohonan yang ada di hutan saja namun juga telah menjaga kelestarian habitat hewan yang hidup di dalamnya sehingga hewan-hewan tersebut tanpa merasa takut terancam dari habitatnya. 

Solusi mengatasi kebakaran hutan dan lahan 




Setiap masalah yang datang selalu ada solusi atau jalan keluarnya begitupun dengan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia, bukan berarti kita harus tutup mata dan tidak empati terhadap bencana karhutla yang terjadi.  Yuk, kita bisa yuk #BersamaBergerakBerdaya dalam menjaga keindahan dan kelestarian hutan Indonesia #UntukmuBumiku. Nah, berikut ini beberapa solusi yang bisa kita lakukan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Indonesia yaitu : 

● Penghentian Pembakaran Hutan dan Lahan Gambut




Belakangan ini terjadinya kebakaran hutan dan lahan efek perluasan lahan baru untuk perkebunan dilakukan oleh perusahaan perkebunan sebaiknya tidak lagi melakukan pembakaran hutan untuk perluasan lahan dan pembakaran lahan gambut dimana hal tersebut tentunya dapat merugikan berbagai pihak.

● Memulihkan Hutan dan Lahan Gambut




Solusi lainnya yang bisa dilakukan dalam mengatasi kebakaran hutan dengan cara pencegahan itu akan lebih baik yaitu memulihkan hutan yang sudah mulai tandus dan menyuburkan lahan gambut kemudian mengajak masyarakat ikut melakukan reboisasi hutan dan menjaga agar pohon-pohon yang ditanam di kemudian hari dapat tumbuh secara subur juga baik serta merawatnya sebaik mungkin.

● Tidak Melakukan Pembakaran Di Sembarang Tempat




Hal yang satu ini sangat penting, kebiasaan buruk yang sering terabaikan oleh banyak orang atas kelalaian saat membakar rumput kering kemudian ditinggal begitu saja dan tidak menunggu hingga api benar-benar sudah mati. Dan jangan pernah melakukan pembakaran di sembarang tempat seperti tempat yang memiliki tumbuhan ataupun benda yang rawan terbakar seperti kayu yang dapat berpotensi terjadinya bencana kebakaran.

● Meningkatkan Upaya Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan




Dalam hal ini, peran masyarakat sangat diperlukan ikut andil dalam pelestarian lingkungan berupa pemberian sosialisasi oleh pihak berkompeten di bidangnya yang kemudian dipraktekkan di lingkungan masyarakat sehingga  mereka peduli terhadap lingkungannya sendiri. Bentuk sosialisasinya seperti melakukan penyuluhan dan materi pembelajaran tentang kepedulian lingkungan beserta manfaat hutan bagi manusia, dengan harapan mereka setelah mengikuti penyuluhan mereka akan lebih peduli terhadap lingkungan sekitar maupun hutan  untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan.

● Memberikan Sanksi Tegas




Cara yang ini penting banget harus diterapkan yaitu bagi siapapun yang dengan sengaja melakukan tindakan pembakaran hutan yang tidak meminta izin terlebih dahulu ataupun tidak punya izin membakar hutan demi kepentingan pribadi perlu banget diberikan sanksi tegas. Jadi, tujuan tindakan seperti ini dibuat agar mereka lebih sadar dan peduli akan lingkungannya sendiri.

● Melakukan Sistem Tebang Pilih




Solusi lainnya yang bisa dilakukan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Indonesia yaitu dengan memberlakukan sistem tebang pilih dimana cara seperti ini efektif mengurangi dampak kebakaran hutan yang terjadi sehingga dari penerapan sistem tebang pilih ini maka akan memberikan kesempatan untuk area hutan tertentu untuk mempertahankan spesies pohon tertentu.

Nah, penjelasan di atas ternyata polusi udara yang belakangan kita alami dengan kebakaran hutan yang terjadi memiliki korelasi yang erat dengan kelangsungan hidup makhluk hidup terutama bagi manusia jadi sudah saatnya semua pihak harus sadar dan peduli untuk senantiasa menjaga kelestarian hutan sebagai tanggung jawab bersama. Yuk #BersamaBergerakBerdaya menjaga hutan Indonesia 

Dengan kita sadar juga peduli dalam menjaga kelestarian dan keindahan hutan Indonesia sebagai wujud rasa bangga dan syukur atas anugerah terindah yang diberikan Allah SWT bahwa hutan merupakan ciptaan-Nya yang tiada nilainya. Yuk #BersamaBergerakBerdaya menjaga hutan Indonesia! 
Oh, ya tak lupa saya mengucapkan dirgahayu  ke-78 tahun negeri kecintaanku Indonesia Raya, semoga indonesia semakin aman juga sentosa tentunya merdeka dari karhutla juga polusi udara... Aamiin YRA 🤲  Semoga bermanfaat dan tetap semangat selalu ya 💪







Source :
● Wikipedia
● Kompas.com
● Viva.co.id
● Lindungihutan.com
● Detik.com

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.