Workshop Blogging Bersama Ani Berta




Yeeayyy, setelah sempat lama ga dicorat-coret blog kesayangan ini karena sang pemilik blog didera monster writersblock akhirnya hadir kembali untuk meramaikan dunia blogging. Hehehe Untuk kali ini saya ingin sharing artikel tentang something special yaitu blogging dan profesi.

Alhamdulillah, di minggu pagi yang penuh berkah dan begitu indah ini tak saya sia-siakan kesempatan untuk menghadiri suatu acara workshop yang diselenggarakan oleh Repzoneid dengan narasumber yang super Inspiratif yaitu Ani Berta www.aniberta.com yang notabenenya seorang blogger sejati serta content writer. Oh, ya. Kebetulan saya datang tak sendiri namun bersama teman-teman dari komunitas bloggerjakarta.or.id jadi kami janjian bertemu di kantor republika yaitu ada Iput, nida, om stemm, dewangga, bang oji beserta istri.



Source Pic : My Galley Photo

Sebelum dimulai acara workshop diawali dengan pemanasan oleh game fun dan santai tujuannya untuk melatih dan menguji konsentrasi peserta workshop. Lumayan menikmati game dibawakan mc walaupun sebelumnya sempat gagal faham maksud gamenya apa sih. Hiks Hiks

Akhirnya moment penting yang saya tunggu dimulai juga yaitu sharing session dari Mbak Ani Berta. Beliau berstorry telling tentang pengalaman ngeblog dimulai pada saat bekerja menjadi accounting hingga akhirnya mengorbankan pekerjaannya untuk benar-benar fokus menjadi blogger serta content writer. Wah, menurutku gambling banget dengan keputusan beliau tersebut dan sekarang beliau menikmati hasil yang lumayan menguntungkan dari ngeblog.




Source Pic : Repzoneid


Oh, ya. Selain itu beliau menceritakan tentang kehidupan pribadinya dimana beliau selama ini membiayai semua kebutuhan hidup atau membahagiakan keluarga tercinta dengan menekuni profesi sebagai blogger dan content writer. Bahkan beliau pernah mendapat tawaran job review ke NTT dengan semua akomodasi ditanggung pihak perusahaan, hotelpun tinggal memilih dan yang bikin takjub lagi dengan fee 1,5 juta rupiah/hari. Wow, bagaimana ga menggiurkan tuh??

Beliau selanjutnya memberikan penjelasan yang detail sekali yaitu tutorial pembuatan email, pembuatan blog hingga blog siap digunakan. Lumayan banget kan seandainya ada yang belum bikin blog bisa mengikuti tutorial tersebut.

Apapun yang kita buat pastinya mempunyai tujuan, begitupun dengan blog kita buat ada tujuannya yaitu :
1. Menciptakan sejarah sendiri
Kamu pingin dong dalam hidup mempunyai sesuatu hal yang bisa bermanfaat atau berguna namun terkenang hingga akhir hayat. Dengan menulis blog secara tidak langsung kamu sudah menciptakan sejarah sendiri. How amazing, betapa hebatnya dari menulis blog itu.
2. Menambah wawasan
Membaca dan menulis merupakan hubungan literasi yang tak terpisahkan sampai kapanpun. Dengan kamu rajin membaca dapat membuka pikiran serta wawasan baru kemudian dituangkan dalam blog kesayangan.
3. Mengembangkan hobby menulis
Yup, benar sekali. Ngeblog itu membantu kamu untuk mengembangkan menulis sehingga kualitas tulisanmu semakin hari pastinya akan semakin bagus dan enak dibaca.
4. Curhat
Teknologi sekarang sudah canggih jadi kalau curhat bisa digadget kesayangan kamu dengan menulis di blog ya tak perlu secara konvensional lagi dengan menulis diary (waduh, zaman aku banget tuh #oopss)
5. Bahan Penulisan Buku
Selain itu menulis di blog secara istiqomah dan konsisten bisa jadi suatu hari menjadi bahan penulisan buku. Woow, keren kan?
6. Memberitakan
Menulis blog bisa menjadi citizen news dalam memberitakan suatu info bisa jadi sebagai pedamping media.
7. Penghasilan
Nah ini pastinya orang menulis blog ingin menambah kocek atau penghasilan tambahan. Kan lumayan tuh dapat tambahan dari penghasilan yang utama.
8.Profesi
Menulis blog juga bisa menginformasikan tentang profesi yang kita jalani saat ini.
9. Promosi
Menulis blog sarana yang bagus juga tepat untuk  mempromosikan suatu produk yang kamu jual ke khalayak ramai.
10. Kampanye Politik
Beberapa tahun terakhir sudah banyak partai politik menggunakan sosial media untuk kampanye politik salah satunya blog. Itu tak masalah selama dalam  batas kewajaran dan tidak kontroversi.

Selain itu beliau menginformasikan tentang kegiatan-kegiatan dalam aktivitas blog yaitu :
1. Menulis artikel berupa opini, reportase, fiksi, non fiksi
2. Blogwalking ke blog yang lain (Sebagai booster dan keyword)
3. Membuat konten blog dengan tema tertentu video, music, animasi, dan lain-lain
4. Optimasi seo

Beliau memberitahukan ada beberapa jenis platform  dalam blog yaitu :
1.Blogspot
2.WordPress
3. Blogdetik
4.Tumblr
5. Domain sendiri

Point no.1 sampai 4 itu gratis sedangkan no.5 itu berbayar. Sebelum menggunakan domain sendiri sebaiknya lengkapi dulu blognya dengan artikel dan content yang lebih berbobot dan bermanfaat supaya tak sia-sia dengan uang yang sudah dikeluarkan.

Workshop tersebut diselingi dengan beberapa sharing peserta seminar mulai dari mahasiswa, dokter dan salah satunya dari seorang bapak bernama Dian Kelana  www.diankelanaphotography.com yang awalnya sempat ga tahu siapakah beliau ini? Setelah goggling ternyata beliau seorang photografer. Beliau awal ngeblog sekitar tahun 2009 di kompasiana karena kebetulan pada saat itu baru media tersebut yang menyediakannya.

Dan pernah ada moment dimana seseorang menggunakan photo milik beliau tanpa mencantumkan copyrights nama beliau, plagiat itu namanya. Hebatnya beliaupun mengikhlaskan sebagai amal baik yang Insya Allah dibalas kebaikan, Betapa mulianya bapak ini. Ada hal yang membuat saya sangat salut dan kagum yaitu diusianya yang sudah uzur 62 tahun semangat ngeblognya begitu tinggi dan antusias sekali. Ini menjadi tamparan keras buat saya yang terkadang tak istiqomah dan konsisten menulis blog alias masih angin-anginan. Hikshiks.




Source Pic : Om_Stemm



Source Pic : Repzoneid

Saya kira segitu saja yang dapat saya share dalam blog yang begitu sederhana ini. Maafkan jika terlalu panjang lebar penjelasannya. Intinya workshop kali ini dengan narasumber Mbak Ani Berta yang luar biasa serta sharing yang mengugah hati dari Pak Dian Kelana benar-benar bermanfaat serta membuka pikiran saya untuk lebih istiqomah dan konsisten menulis blog. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih untuk Mba Ani Berta serta Pak Dian Kelana atas pengalaman dan ilmunya yang telah menginspirasi banyak orang termasuk saya.

Terimakasih sekali sudah mau mampir ke blog saya dan berkenan meninggalkan jejak sebagai kenang-kenangan. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya ya.




Jakarta, 16 Juli 2017



#Repzoneid
#Republika
#RepzoneSosMed






















8 komentar:

  1. Khitmad banget ya kak workshopnya :3
    Btw kapan yah ada yg mau ngajak aku ke NTT dan dibayar haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo ajak kamu berat di fee deh soalnya secara rizka hits gituu.. haha

      Hapus
  2. Untung gw dateng.. bermanfaat sekali sharing ilmu nya apa lg buat pemula, bisa jd semangat utk menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti itu om, apalagi dibantu dengan kamera u yang super bagus buat photo2in kita.. hehe

      Hapus
  3. Lengkap banget..
    Kemarin gak terlalu nyimak ada acara ini di grup jadinya gak ikut huhu

    Bdw fun gamesnya maen apa ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyesal kan neng... hikshiks gamesnya semacam ketangkasan dan kecepatan dalam menangkap tangan gitu shin intinya begitulah.. hehehe

      Hapus
  4. Balasan
    1. Makacihh adikku... Kamu juga jauh lebih kereeen.. unch unch

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.