Tips Dalam Membangun Branding Diri Via Media Sosial.




Di zaman yang modern juga canggih ini pastinya tak pernah lepas berinteraksi di berbagai media sosial mulai dari facebook, instagram, twitter, blog dan sebagainya. Selain ingin bersilahturahmi dengan teman-teman di dunia maya ternyata ada manfaat lain yang dapat kita dapatkan dari media sosial yaitu bertambahnya pundi-pundi rupiah yang lumayan lho itu diluar ikut giveaway yaa. Hehehe

Oh, ya jujur saja saya baru aktif kembali di media sosial terutama blog baru beberapa bulan ini ketika gabung di salah satu komunitas blogger karena kebetulan saya punya blog yang mati suri hampir 2 tahun dan berharap bisa exist lagi. Hehehe dan ternyata beberapa member komunitas saya seorang blogger pro, influencer maupun buzzer sebagai pekerjaan utama.

Dari situlah saya banyak tahu jika menekuni dunia blogger secara konsisten dan profesional secara tak langsung membuka kesempatan emas dilirik para client brand sebagai blogger maupun buzzer ataupun influencer. Gak kebayangkan dengan hanya posting ankle photo yang bagus juga caption begitu menarik kamu bisa mendapatkan fee lumayan buat dapur tetap ngebul. Hihihi




Nah, guys di senin kemarin yang penuh barokah  polytron memfasilitasi serta mensponsori acara mitra blogger dan netizen yang mengangkat tema " Explore Indonesia, Grow up your sosial media" dengan narasumber yang inspiratif yaitu seorang travel blogger juga influencer ashari yudha yang menekuni dunia travel blogger diawali hobinya yang suka jalan-jalan mengeksplore keindahan alam indonesia dari sabang sampai merauke. Wow, keren banget kan itu artinya beliau sudah menjelajahi 34 provinsi di indonesia bahkan pernah modal nekat dengan uang yang hanya 7 juta rupiah terus dia bela-belain cari tambahan lagi pinjam ke beberapa teman sebesar 8 juta rupiah demi menjelajahi nusantara kita.

Mas yudha bilang belakangan ini komposisi penggunaan sosial media meningkat sangat siqnifican dengan perincian 80% millenial mengabadikan momennya dengan kamera saat travelling, ada juga sejumlah angka 85% menggunakan sosial media saat travelling dan lebih wow lagi sekitar lebih dari 100 juta orang pengguna internet dan sosial media di indonesia di mana netizen mulai menggunakan media sosial sebagai sarana branding diri yang biasa disebut influencer.

Pasti penasaran juga tips yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil photo yang bagus dan menarik. Seperti inilah langkah-langkah yang dilakukan oleh seorang ashari yudha yaitu :
1. Objek



   Dalam mengambil photo yang bagus tentunya harus ada objek karena akan membuat photo akan menjadi jauh lebih hidup dan menarik.
2. Komposisi dan Angle



     Ini salah satu point penting ketika mengambil photo dari objek yang diinginkan menyesuaikan angle yang tepat agar tampak lebih bagus yang terdiri dari :
     ~ Rule Of Third
     ~ Symmetry
     ~ Perspective/ Leading Lines
     ~ Framing
     ~ Portrait
3. Momen



     Tujuannya untuk membuat photo lebih bercerita sehingga ada makna berarti dari photo tersebut bagi yang melihatnya.
4. Candid



     Membuat momen photo lebih natural karena si objek seolah-olah tak sadar jika diambil photonya.

Mas yudha share juga tentang aplikasi edit photo recommended supaya photo terlihat lebih menarik dan bagus. Rekomendasi aplikasi edit photo yang dijamin tak mengecewakan yaitu :
1. Snapseed
    Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menambah ketajaman blur/ mengurangi ketajaman blur pada photo yang diinginkan.
2. Vsco
     Untuk aplikasi ini beda lagi fungsinya lebih ke arah merubah mood. Jadi, kamu bisa mengedit foto layaknya fotografer professional dengan warna-warna vintage cerah ataupun bergaya gloomy.
3. Adobe Lightroom
    Aplikasi ini untuk mengatur terang gelap, kontras, warna, penajaman saja selain itu sangat membantu seperti spot removal untuk membersihkan bintik-bintik yang mengganggu seperti jerawat pada wajah, dan yang paling bagus adalah adjustment brush untuk mengedit hanya sebagian daerah dari foto saja.

Kalau yang ini konsep pentingnya untuk membangun branding via media sosial versi ashari yudha diantaranya : 
1. Informatif - Naratif
    Pastinya content yang akan kamu share berisi tentang informasi atau hal-hal bermanfaat dengan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti bukan bahasa alay gitu ya.
2. Artsy
    Konten kamu akan lebih menarik dan tak monoton jika berisi juga hal-hal tentang suatu seni atau karya untuk menyuguhkan bagi penikmat seni.
3. Adventurous
    Apalagi jika ditambahin dengan konten petualangan kamu selama ini seperti travelling, hiking, camping dan sebagainya dengan capture photo pemandangan alam sekitar.
Itu akan jadi nilai plus banget buat kamu nantinya.

Guys, ada lagi nih tambahan dari mas yudha tips ampuh dari segi branding diri secara personal supaya terlihat menarik juga natural diantaranya :



Saat kamu membuat konten sebaiknya yang fresh jangan itu-itu saja tetapi bikinlah konten yang unik. Selain itu lebih kreatif, inovatif dan begitu berbeda supaya orang juga ga bosan lihat blog kita.
Konsisten juga diperlukan minimal seminggu dua kali dan jangan lupa selalu bikin timeline.



Jiwa marketingpun harus tumbuh natural untuk mempresentasikan/branding diri melalui bio dengan rada unik serta berbeda daripada yang lain. 
Tentunya hastag diikutsertakan juga supaya mudah dalam pencarian orang. Sertakan juga business  profile diaktifkan dan terhubung media social lainnya supaya view insightmu terlihat jelas.



Pendekatan terhadap brand bisa kamu lakukan dengan tukaran kartu nama pada saat menghadiri event-event. Dan carilah teman-teman sepashion atau sehobi sehingga bisa sharing bareng banyak hal dan bisa kerja bareng juga.



Nah guys, untuk secara teknisnya sudah dishare habis-habis'an atau detail banget deh. Untuk pendukung kamera photonya kamu bisa memakai Polytron Prime 7 #BreakResistant yang memiliki spesifikasi cocok untuk membranding diri di media social.
Fiturnya juga sangat bervariasi mulai dari 8MP Front Camera, 13MP Rear Camera, Wireless Control, NFC with eSE(embedded Secure Element)dan Turbo Charging, dan lain-lain.



Setelah ini kamu pasti dapat pencerahan untuk lebih fokus dan konsisten dalam membranding diri dengan be your self yang lebih berbeda dan menarik lagi sehingga klien-klien berdatangan mengantarkan pundi rupiah dalam rekeningmu. 

Terimakasih sudah singgah ke blog saya dan maafkan jika kepanjangan artikelnya. Hehehe see you again guys in my next story. Bye....


 



2 komentar:

  1. ternyata ada proses yang mesti kudu dilalui dan dijalankan dengan benar ya.
    thank

    BalasHapus
  2. Iya kak, supaya hasil akhirnya lebih baik... hehehe Makasih ya sudah singgah ke blog saya...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.