Di Balik Emas Melimpah Memberikan Kontribusi Untuk Papua



Ada kebanggaan tersendiri saat menjadi bagian dari bangsa Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah ruah baik yang berada di laut maupun darat tentunya memberikan nilai perekonomian bagus bagi masyarakat yang tinggal di tempat tersebut. Bayangkan saja, jejeran ribuan pulau kecil maupun besar dari sabang hingga merauke menghasilkan banyak manfaat bagi kemaslahatan orang banyak.

Nah salah satunya dari Papua yaitu provinsi dengan luas terbesar di indonesia yang memiliki luas 808.105 km persegi selain itu pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland (Denmark). Selain memiliki luas sebesar 3x pulau jawa, Papua nyatanya memiliki potensi alam yang luar biasa dimana hasilnya selain sebagai sumber devisa negara juga meningkatkan taraf hidup perekonomian bagi masyarakat Papua. 

Owh ya tentunya sudah tahu dong potensi alam dimaksud yaitu kandungan bijih seperti emas, tembaga dan perak yang dikelola oleh PT. Freeport Indonesia mulai dari menambang, memproses dan melakukan eksplorasi. Jadi, selama ini Freeport Indonesia telah memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak hingga ke seluruh dunia. Seperti apa pengelolaan dari Freeport Indonesia ini, yuk kita mengenal lebih dekat!

FREEPORT INDONESIA


Source Image by : Pinterest

Yaitu perusahaan tambang mineral afiliasi dari Freeport-McMoran (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Freeport Indonesia menambang dan memproses bijih menghasilkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak kemudian memasarkannya hingga ke seluruh penjuru dunia dan terutama ke smelter tembaga dalam negeri, PT Smelting.

Tambang Emas Freeport ( Source by : Wowkeren)

Oh, ya Freeport Indonesia ini beroperasi di dataran tinggi terpencil di Pengunungan Sudirman, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Adapun tambang di kawasan mineral Grasberg, Papua Indonesia yang merupakan salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia dan saat ini menambang pada fase akhir tambang terbuka Grasberg. 

Selain itu Freeport Indonesia mengerjakan proyek lainnya di kawasan Grasberg dengan pengembangan tambang bawah tanah berkadar tinggi berskala besar juga berumur panjang. Totalnya, semua tambang bawah tanah ini diharapkan dapat menghasilkan tembaga dan emas secara skala besar sehubungan dengan peralihan dari tambang terbuka Grasberg.

KONTRIBUSI FREEPORT UNTUK PAPUA

Perlu diketahui bahwa Freeport Indonesia selama beroperasi telah memberikan suatu kontribusi besar untuk negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sehingga dari kontribusi tersebut PTFI (PT. Freeport Indonesia) mendapat penghargaan Indonesia Minning Association (IMA) Award 2019 lalu. Bayangkan saja, Freeport sampai sumbang PNBP sebesar 4,2 Triliun jumlah yang sangat fantastis untuk pembangunan negara.

Selama lebih dari 50 tahun gali emas di tanah papua, keberadaan Freeport Indonesia telah memberikan banyak kontribusi khususnya untuk masyarakat Papua tercinta dengan focus menjalankan Program Tanggung Jawab Sosial (CSR) mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pengembangan ekonomi setempat. Bisa dibilang bahwa CSR ini salah satu prioritas perusahaan dalam mengakselerasi pembangunan di Papua dan sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan bagi masyarakat di sana.

* Bidang Kesehatan *


Rumah sakit kontribusi freeport (Source : ptfi)

Freeport Indonesia dalam kontribusinya di bidang kesehatan telah melakukan kunjungan pasien ke fasilitas kesehatan yang dibangun dan dibiayai dari Dana Kemitraan Freeport untuk Pengembangan Masyarakat. Hal lainnya Freeport Indonesia mendukung penurunan kasus malaria di Timika hingga 70% dalam 3 tahun terakhir bersama Timika Malaria Control 

* Bidang Ekonomi *

Untuk bidang ekonomi, Freeport Indonesia telah membina sekitar 118 pengusaha lokal usaha tersebut mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat. Oh, ya bantuan ekonomi ini disalurkan ke beberapa bidang lainnya seperti peternakan, pertanian, dan perikanan sehingga meningkatkan pemasukan ekonomi bagi masyarakat Papua.

* Bidang Pendidikan *

Program Pendidikan (Source by : ptfi)

Freeport Indonesia untuk bidang pendidikan memberikan kontribusi melalui dana kemitraannya yang dikelola Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK) dimana telah menyalurkan dana pendidikan berupa 650 beasiswa per tahun untuk masyarakat asli papua. Selain itu Freeport Indonesia mendirikan Institut Nemangkawi yang telah menghasilkan lebih dari 3.000 lulusan dan sebagian besarnya telah bekerja di perusahaan dan kontraktor.
Satu lagi nih, kontribusi Freeport Indonesia yaitu dengan mendirikan asrama untuk jumlah 800 orang lebih anak Papua yang sedang menuntut ilmu baik yang berada di Jawa maupun Papua.

* Bidang Infrastruktur *


Bidang infrastruktur (Source by : Kompas)
Nah, untuk pembangunan infrastruktur yang berada di Timika Freeport Indonesia berkontribusi seperti pembangunan Bandara Internasional Mozes Kilangin, Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), jembatan Pomako, Kompleks Olahraga Timika, Fasilitas Air Minum hingga bantuan pembangunan kantor pemerintahan kabupaten setempat.

Jika selama ini pengelolaan Freeport Indonesia dianggap sebelah mata nyatanya banyak memberikan feedback yang sangat baik bukan hanya untuk pemasukan negara tapi juga bagi masyarakat Papua. Jadi, keberadaan Freeport Indonesia memberikan sumbangsih besar selain sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) juga untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Papua agar lebih baik dan sejahtera.

Dari kekayaan alam sang mutiara hitam berupa emas, tembaga dan peraknya semoga papua bisa lebih maju berkembang di segala sisi perekonomian sejajar dengan provinsi-provinsi berkembang lainnya... Aamiin YRAπŸ™πŸ˜



#FreeportIndonesia
#NarasiDariPapua
#MiningForLife







Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.