Mendukung UMKM Lokal Melalui Kilau Digital Permata Flobamora



Sejak beberapa tahun terakhir ini pemerintah kita menggalakkan tentang gerakan memakai produk dalam negeri atau lokal sebagai salah satu wujud mencintai produk buatan negeri sendiri dan tentunya dengan kita senantiasa mendukungnya akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional negara kita. Seperti kita ketahui Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah sehingga diberdayakan untuk menghasilkan berbagai macam produk kebutuhan sehari-sehari maupun peralatan rumah tangga dan sebagainya. Dari hasil kreativitas juga inovasi masyarakat memanfaatkan hasil alam yang ada itu memberikan benefit tersendiri bagi mereka berupa penghasilan yang lumayan untuk keberlangsungan hidup. 

Tak terasa sudah setahun lebih pandemi global mendera negara kita, pasti tahulah efek yang kita rasakan dari pandemi yaitu salah satunya mengoncang sektor perekonomian dimana banyak para pelaku ekonomi gulung tikar karena turunnya daya beli masyarakat sedangkan operasional harus jalan terus namun pendapatan merosot tajam alias menurun drastis. Untuk membangkitkan kembali perekonomian negara kita agar bisa stabil dalam situasi yang masih pandemi belum lama ini bapak Presiden Jokowi meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada tanggal 14 Mei 2020 dimana tujuannya tak lain untuk menyelamatkan UMKM
agar berhasil bangkit kembali dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19 yang entah kita tak tahu kapan akan berakhirnya berakhirnya. Semoga secepatnya berakhir ya pandemi ini supaya semuanya bisa normal kembali... Aamiin YRA 🙏

Untuk membangkitkan ekonomi bagi pelaku UMKM di Indonesia terutama bagian timur diselenggarakannya kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengusung tema begitu menarik yaitu Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) pada hari jumat, 18 juni 2021 pukul 08.00 WITA di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Mengingat kondisi saat ini masih pandemi maka untuk pelaksanaan acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata dalam 2 forum yaitu tatap muka (offline) dan online melalui layanan aplikasi Zoom dan juga akun Youtube Ditjen IKP Kominfo serta disiarkan secara live di beberapa TV nasional kita seperti TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI. 

Acara Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora dihadiri pula oleh beberapa tamu undangan VVIP secara offline maupun online diantaranya Presiden Joko Widodo, Luhut Binsar Panjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriyansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endy (Bupati Manggarai Barat). Untuk pelaksanaan acara offline ini tentunya telah menjalankan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran covid-19 yang masih mengelilingi kita. 

Sambutan Dari Para Tamu Undangan VVIP



Susunan acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Muhaimin Iskandar kemudian dilanjutkan dengan persembahan tari tiba meka sebagai tarian adat penyambutan tamu khas manggarai setelah itu diikuti pemberian sambutan dari Bupati Manggarai Barat yaitu Bapak Edistasius Endy yang mengatakan : " Dari tagline acara : Bangga Buatan Indonesia, tentu ini mengggelitik rasa nasionalisme kita sebagai warga Indonesia tak bisa dipungkiri perilaku kebanyakan masyarakat Indonesia adalah konsumtif yang lebih suka membeli barang daripada membuatnya sendiri sebagian besar lainnya merasa gengsi untuk membeli produk dalam negeri karena beranggapan kualitas produk luar negeri lebih baik daripada produk dalam negeri". ujarnya dalam sambutan acara tersebut. 



Sedangkan Bapak Johnny G. Plate memberikan sambutan bahwa Gerakan Nasional Bangga Buatan BBI (Gernas BBI) bertujuan untuk mendorong penguatan branding produk-produk desainer lokal melalui pemanfaatan berbagai platform digital. Pemerintah atas guideline dan directing Presiden dan Wakil Presiden  Bapak Joko Widodo dan K.H. Ma'ruf Amin secara tegas dan konsisten menugaskan kominfo dan ekosistemnya untuk memastikan pagelaran infrastruktur telekomunikasi dan informatika secara merata ke seluruh pelosok nusantara dengan berbagai pilihan-pilihan teknologi yang kita gunakan mulai dari penggelaran fiber optik di darat dan dasar laut, pemanfaatan satelit fiberline dan micro dan sebagainya.


Kemudian Bapak Luhut Binsar menuturkan mengenai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sudah berjalan cukup bagus, beliau akui peran Kominfo didukung BAKTI dan Telkom memiliki muatan dan kekuatan untuk percepatan digitalisasi di berbagai daerah.


Sedangkan Wakil Presiden kita Bapak K.H. Ma'ruf Amin menyatakan rasa bahagia bisa memberikan sambutan di Gernas BBI yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diharapkan dapat mendorong nasional branding produk lokal unggulan hingga menciptakan industri kreasi dan inovasi baru serta pasar yang lebih besar sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. 


Bapak Erick Thohir dalam sambutannya turut bangga dan mendukung penuh penyelenggaraan Gerakan Nasional BBI (Bangga Buatan Indonesia) di wilayah NTT yang bertema Kilau Permata Flobamora, mengapresiasi peran Telkom digitalisasi UMKM Flobamora antara lain melalui virtual expo dengan Padi UMKM, platform pasar digital yang dikembangkan Kementerian BUMN dan didukung berbagai BUMN termasuk Telkom. Digitalisasi dan peran digitalisasi seperti padi ini akan membuka pasar BUMN menjadi lebih luas yang menjadi bukti BUMN selalu hadir dan berkontribusi untuk Indonesia. Dan beberapa narasumber menyatakan rasa bangga dan dukungannya dengan penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang bertema Kilau Permata Flobamora yang ke depannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi baik daerah maupun nasional sehingga menjadi lebih baik.

Launching VirtuaL Expo Floramoba 

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan Launching Virtual Expo Flobamora, pasti penasaran seperti apa Virtual Expo yang pertama kalinya diselenggarakan ini bisa lihat videonya di bawah ini ya :


Pameran virtual ini menghadirkan lebih dari 1000 lebih produk lokal pilihan. Tak usah bingung, untuk Virtual expo ini dapat diakses melalui laptop, pc, tablet atau smartphone. Caranya mudah sekali sebagai berikut :

1. Masuk ke laman atau web kilaudigitalflobamora.id 
2. Kemudian pilih menu Pameran Virtual
3. Register dengan memasukkan nama, nomor handohone dan email
4. Lalu pengunjung akan masuk pada area lobby Virtual Expo, pada area lobby pengunjung bisa memilih event webinar, live event atau pengunjung bisa berbicara dengan customer service seputar Virtual Expo melalui chat atau email icon yang ada di meja informasi.
5. Pada hall exhibition dapat memilih dari 4 kategori UMKM yaitu Food A, Food B, Fashion dan Craft untuk merasakan belanja secara virtual.
6. Setelah memilih salah satu kategori, pengunjung akan diarahkan ke hall pameran. Di sini pengunjung dapat melihat dan memilih produk yang akan dibeli.
7. Kemudian klik icom chat untuk berbicara langsung dengan penjual, sedangkan klik e-commerce untuk berbelanja.
8. Pengunjung bisa memilih barang yang akan dibeli.
9. Dilanjutkan mengisi alamat, jenis pengiriman dan juga metode pembayaran
10. Selesai memilih metode pembayaran, pesanan akan masuk ke penjual untuk disiapkan ke pengiriman.

Lebih mudah kan belanja virtual expo dari produk-produk lokal kreativitas dan inovasi para UMKM kita. Seperti itulah transaksi virtual expo ini dimana sudah bisa terintegrasi menggunakan QRIS Bank Indonesia kerjasama dengan grab, linkaja, dana, ovo, gopay dan lain-lain. Penyelenggaran Virtual Expo berlangsung selama sebulan dari tanggal 9 Juni 2021 s/d 9 Juli 2021, jadi kita bisa puas banget cuci mata dan shopping virtual produk-produk UMKM Lokal yang ada.

2. Launching Aplikasi JP Hub Pariwisata

Aplikasi Jaringan Pariwisata Hub (JP Hub) sebagai aplikasi platform daring yang diharapkan mampu menyukseskan dan mempromosikan produk lokal, merupakan platfotm digital yang dikembangkan oleh Telkom bekerjasama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi (Bakti) Kemkominfo. Melalui laman wonderin.id kita dapat melakukan digitalisasi desa wisata di Indonesia dalam mendukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia saja. Dengan adanya JP Hub lebih mudah mempromosikan produk dan layanan wisata di daerah tujuan wisata, membantu desa wisata akan lebih dikenal oleh publik dan akses pemasaran desa wisata akan lebih luas. Caranya mudah yaitu 



1. Kunjungi laman atau web wonderin.id
2. Kemudian daftar akun di web tersebut kemudian sign in menggunakan email yang telah didaftarkan
3. Klik garis 3 di pojok kanan untuk pilihan menu seperti XGDS, Digitalisasi Pariwisata dan Informasi Pariwisata
4. Setelah kamu memilih salah satu pilihan, klik gabung untuk mendapatkan kemudahan mempromosikan produk atau layanan wisata yang kamu inginkan

3. Launching Desa Adat dari Bank Indonesia

Ada lagi aplikasi yang sangat menarik persembahan Bank Indonesia berkomitmen dan mendukung penuh untuk membina desa wisata yang akan memajukan pariwisata lokal khususnya di Nusa Tenggara Timur yaitu Pikampung. Aplikasi Pikampung dibuat dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Berwisata Indonesia sehingga bisa jelajahi kampung adat di NTT. Kampung adat ialah jati diri serta indentitas masyarakat NTT di atas pulau-pulau yang sama hidup berdampingan secara harmonis penduduk dengan ragam suku, etnis, dan ritual adat yang dimilikinya. 


Cara masuk ke aplikasi Pikampung yaitu berikut ini :
1. Icon dari PiKampung
2. Kunjungi website atau laman PiKampung di www.pikampung.com
3. Pilih menu yang tersedia di website Pikampung mulai dari akomodasi hingga wisata di destinasi NTT
4. Jangan lupa bagikan hasil pengalaman setelah menjelajahi wisata NTT pada akun media sosial kamu

4. Launching Aplikasi Pemanfaatan Toko Online Bumdesmart dan UMKM lokal NTT

Toko Online Bumdes merupakan inovasi akses pemasaran dan penjualan secara online produk Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes dan UMKM pasar lokal. Sejak 2020 telah mengimplementasikan Toko Online bagi Bumdes dan UMKM yang telah tersebar di seluruh pelosok indonesia. Dan ditargetkan di tahun 2021 ini 30 Bumdes dan UMKM dapat memanfaatkan Toko Online ini. Untuk program pendampingan, pelatihan dan fasilitasi toko online untuk Bumdes dan UMKM Desa ini terselenggara atas kerjasama Kemendes PDTT dan Kemenkominfo didukung oleh BAKTI Kominfo.


Berikut login ke Toko Online Bumdesmart yaitu :
1. Kunjungi ke laman website Bumdesmart di www.bumdesmart.id
2. Klik menu option di pojok kanan atas
3. Klik daftar jika ingin mendaftar Bumdes atau UMKM Desa
4. Masuk data pribadi di kolom yang tersedia

5. Launching Aplikasi Bank NTT (GO NTT)

Jadi, Gerbang Online NTT atau GO NTT mempunyai tujuan mulia diantaranya menciptakan ilirisasi bagi UMKM, mendorong perkembangan dan kemajuan industri UMKM di Nusa Tenggara Timur (NTT), membuka lapangan kerja baru dan lain sebagainya. GO NTT merupakan aplikasi penunjang penjualan produk dan jasa UMKM sekaligus layanan belanja dan transportasi online untuk UMKM di lingkup Nusa Tenggara Timur.


Cara menggunakan aplikasi GO NTT ini yaitu :
1. Unduh aplikasi GO NTT di appstore pada smartphone
2. Kemudian masuk di home aplikasi dengan berbagai fitur lengkap
3. Jangan lupa sign up atau daftar akun untuk menikmati layanan fitur di aplikasi 
4. Kamu bisa melihat penjual terdekat melalui aplikasi ini.

Selesai launching ceremonial beberapa aplikasi kemudian acara diisi dengan kegiatan Virtual Expo menampilkan berbagai produk UMKM secara virtual yang telah dikurasi oleh beberapa mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia serta marketplace. Oh ya, Virtual Expo hari itu membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat di Indonesia membeli produk-produk UMKM dari NTT yang dijamin kualitasnya tak kalah bagus dengan produk luar. Di acara tersebut para VVIP juga berbincang mengenai kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya di NTT.

Ada juga sesi talkshow bersama marketplace yang akan menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA, CEO Ladara, dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis. Lebih menarik lagi ada fashion show dari keindahan tenun khas Flobamora NTT ditampilkan dalam acara fashion show yangg dipimpin oleh Julie Laiskodat (Ketua Dekranasda Provinsi NTT). Selain itu akan ada hiburan musik dari penyanyi muda Chelsea dengan suaranya bikin merinding sampai menghipnotis yang menonton jadi pingin ikutan nyanyi juga dan tentunya ada Bazaar Expo produk-produk khas NTT dari UMKM. Yuk, gunakan selalu produk-produk lokal UMKM kita sebagai wujud rasa Bangga Buatan Indonesia untuk menumbuhkan perekonomian nasional.




Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.