Dirgahayu Indonesiaku Ke-76 Tahun

Alhamdulillah, tak terasa kemerdekaan negara kita telah menginjak angka 76 tahun dimana usianya yang sepuh banget guys. Sudah 2 tahun ini moment perayaan kemerdekaan Republik Indonesia euporia berbeda dengan sebelum pandemi namun tak mengurangi essensial kemerdekaan itu sendiri, untuk pengibaran bendera pusaka di istana negara masih rutin dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya yang dihadiri presiden dan wakil presiden beserta jajaran menteri dikabinetnya tentunya  mengikuti protokol kesehatan yang ada selain itu untuk menyemarakkan hari kemerdekaan beberapa pihak mengelar lomba khas 17 Agustus secara virtual tak kecuali sekolah tempat aku mengajar.

Antuasiasme anak muridku begitu senang saat kami mengadakan lomba secara virtual di rumah masing-masing seperti lomba makan kerupuk dengan adiknya, lomba menyanyikan lagu "Hari Merdeka" bersama kakaknya, lomba joget bola di dahi bersama saudara-saudaranya dan sebagainya. Walaupun kondisinya masih pandemi dan kegiatan belajar masih daring, kami berinisiatif membangkitkan semangat anak-anak untuk berpartisipasi dalam menyemarakkan dan merayakan hari kemerdekaan cukup dari rumah saja dengan mengadakan lomba secara virtual bersama keluarga tercinta. 

Anak murid yang sudah mengikuti lomba virtual akan mendapat apresiasi atau hadiah berupa piala sebagai kenang-kenangan yang akan selalu diingat hingga mereka dewasa nanti bahwa pernah berpartisipasi menyemarakkan dan merayakan kemerdekaan RI dengan lomba secara virtual di era pandemi. Selain itu pemberian piala sendiri untuk menumbuhkan semangat tiada henti anak-anak untuk belajar yang rajin dan tekun dengan kondisi apapun baik pembelajaran secara daring maupun tatap muka. Anak seusia mereka generasi emas yang perlu mendapatkan perhatian khusus agar kelak bisa menjadi anak kuat dan tangguh dengan kondisi apapun.

Peringatan kemerdekaan kali ini  mengandung makna tersendiri karena dalam suasana pandemi dengan tema " Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Untuk itu momen perayaan kemerdekaan RI ke-76 sebagai saat tepat bagi orangtua mengajarkan makna kemerdekaan ke anak bukan hanya rasa cinta tanah air. Perayaaan kemerdekaan lewat medium keluarga juga dapat mengembangkan diri dan membentuk sikap anak sedari dini ujar psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi. Beliau menambahkan pengenalan nilai nasionalisme yang ditanamkqn sedari kecil lewat momen-momen yang berhubungan dengan pembentukan bangsa Indonesia pun dipastikan bisa terbawa hingga anak beranjak dewasa. (sumber : suara.com)

Di akhir tulisan aku ingin mengucapkan " Dirgahayu Indonesiaku ke-76 semoga Indonesia semakin jaya, lekas pulih negeriku tercinta dan menjadi titik balik perjuangan melawan covid-19 agar sirna dari negeri ini... Aamiin YRA Jangan lupa pesan Ibu dan ingat 5M ya guys. Stay healthy and be happy!



Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.