Yuk, Dengar Alam Bernyanyi Untuk Hutan Indonesia

Edited By Canva

Belakangan ini cuaca berasa panas banget sampai kipas angin nyala terus dari pagi hingga malam saking kegerahan atau kepanasan luar biasa tentunya berefek haus dahaga, setelahnya di luar prediksi hujan lebat yang sekali terjadi dan ini merupakan ciri dari cuaca ekstrem yang perlu kita antisipasi. Fenomena di atas sudah mengarah ke perubahan iklim sehingga harus kita tanggulangi secara serius agar tidak berdampak besar ke masalah lingkungan maupun kesehatan. 

Sebagai guru TK, akupun mengajarkan bagaimana menjaga lingkungan agar tetap terjaga dan lestari contoh sederhananya dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya agar terhindar dari banjir, bahaya datangnya berbagai penyakit dan pencemaran lingkungan. Selain itu menjelaskan tentang keberadaan hutan dengan aneka ragam tanaman atau pohon yang tumbuh memberikan fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia maupun hewan di sekitarnya.

Berbicara tentang hutan, pasti tahu dong bahwa Indonesia memiliki hutan yang luas dengan keanekaragaman hayatinya. Ini berdasarkan catatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahwa hutan Indonesia pada tahun 2021 luasnya sekitar 95,6 juta hektare yang terbagi dalam tiga kategori hutan pertama seluas 46,9 juta hektare merupakan hutan primer kemudian hutan sekunder seluas 43,1 juta hektare dan hutan ketiga atau hutan tanaman seluas 5,4 juta hektare. MasyaAllah, benar-benar luas hutan Indonesia jadi semakin bangga dan cinta Indonesia. 

Hadirnya hutan berfungsi banyak sekali mulai dari untuk menjaga tutupan awan, memantulkan sinar matahari kembali keluar dari atmosfer sampai fungsi hutan yang dapat mengatur iklim bumi dengan cara menyerap dan menyimpan karbon dioksida dari atmosfer sehingga karbondioksida bebas akan berkontribusi terhadap perubahan iklim. Sampai di sini sudah mengerti kan bahwa keberadaan hutan memiliki peran penting untuk perubahan iklim yang saat ini sedang kita alami.

Sebagai generasi milenials penting banget bagi kita harus tahu tentang fakta-fakta yang membanggakan dari hutan Indonesia supaya ke depannya lebih aware lagi dalam menjaga dan melestarikannya, adapun fakta-fakta hutan Indonesia yang membanggakan diantaranya :


1. Sebagai paru-paru dunia


Kita harus bangga dengan negara Indonesia yang menjadi salah satu negara memiliki kawasan hutan tropis terbesar di dunia dan negara Indonesia menempati posisi ketiga setelah Brazil dan Kongo. Karena itulah keberadaan hutan tropis Indonesia menjadi paru-paru dunia, tidak hanya itu hutan tropis mempunyai manfaat lainnya diantaranya untuk menyerap, membersihkan hingga mendaur ulang air dengan menangkap curah hujan.

2. Tempat menyimpan obat-obatan penting 


Hutan nyatanya bukan hanya tempat resapan air, tapi keberadaannya memberikan kontribusi begitu penting bagi kesehatan contoh kecilnya hanya berjalan-jalan di hutan itupun memberikan manfaat bagi kesehatan kita, faktanya 25 % obat-obatan berasal dari tanaman di hutan hujan dan sebagian besar belum dieksplorasi (baru 1 % dari tanaman di hutan hujan yang telah diteliti). Dengan banyaknya pengundulan hutan yang terjadi saat ini tentunya sangat berefek dengan penyelamatan banyak nyawa dalam penyembuhan penyakit.

3. Mengurangi risiko bencana alam


Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sering terjadi di wilayah Indonesia dimana mengakibatkan banyak kerusakan dan kerugian tak sedikit hingga menyebabkan kematian. Hadirnya hutan secara langsung memberikan manfaat mengurangi terjadinya risiko bencana alam yaitu membantu membatasi banjir sehingga menahan air di tempat dan sekaligus mengurangi tanah longsor. Jadi, fenomena alam seperti banjir dan tanah longsor terjadi bisa jadi akibat tangan manusia juga yang tak peduli dengan keadaan alam sekitarnya untuk menjaga atau melestarikannya.

4. Tempat menyimpan makanan bergizi


Point 3 yang kadang terlupakan bahwa fungsi hutan sebagai tempat menyimpan makanan bergizi dimulai dari pepohonan dan semak menghasilkan kacang-kacangan, beri hingga jamur yang dapat dimakan. Dan apa yang kita tidak makan menjadi makanan bagi hewan liar sehingga keberadaan hutan memberi makan seluruh ekosistem bagi hewan yang tinggal di hutan dari hewan serangga hingga menjadi rantai makanan.

5. Sumber Penghidupan Manusia


Faktanya dari hutan memberikan manfaat lainnya yaitu sumber penghidupan bagi manusia mulai dari hasil kayu sampai hasil tambang sehingga memberikan pemanfaatan ekonomi maupun sosial bagi masyarakat untuk kehidupan yang lebih sejahtera namun tidak mengabaikan fungsi utama dari hutan yang ada sehingga kelestariannya tetap terjaga sampai kapanpun.
Sedihnya tuh di balik hutan Indonesia yang luas sebagai paru-paru dunia nyatanya masih ada ancaman yang perlu kita waspadai sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam supaya nantinya jangan sampai rusak atau binasa. Salah satu ancaman yang masih terjadi yaitu Deforestasi atau penggundulan hutan adalah kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon dimana lahannya dialihgunakan untuk pertanian, perkebunan hingga permukiman penduduk. Selain itu pemanfaatan area hutan untuk pertambangan dan pengeboran minyak.
Nah, sebagai anak muda #TeamUpForImpact yang peduli dengan kondisi bumi sudah saatnya ambil tindakan dalam menjaga hutan Indonesia dengan melakukan hal-hal berikut ini :

1. Menggalakkan Reboisasi


Source Image : RimbaKita.com

Pasti tahu dong apa itu Reboisasi yaitu suatu usaha penanaman hutan kembali, contoh sederhananya kita sering temui gerakan seribu pohon yang dilakukan oleh komunitas peduli lingkungan dengan menanam bibit pohon pada wilayah hutan. Dari gerakan menanam 1 bibit pohon ini bisa menggantikan pohon yang sudah ditebang secara ilegal atau kena pembakaran hutan untuk membuka lahan baru pertanian dan perkebunan.

2. Tidak Buang Sampah Sembarangan


Source Image : Hello sehat

Bentuk sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga atau melestarikan hutan #UntukmuBumiku yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan di hutan. Merasa miris dan prihatin banget mendengarnya kondisi hutan sering dijumpai banyak sampah seperti sampah plastik dan puntung rokok padahal apa susahnya ya jika sampah kita tinggal kumpulin dalam 1 wadah kemudian buang pada saat menjumpai tempat sampah yang tersedia.


3. Dengar Alam Bernyanyi


Image Spotify


Wah, point yang ke-3 kamu pasti bingung ini maksudnya apa sih? Jadi begini guys, sebagai anak muda yang ingin kontribusi dalam kelestarian hutan Indonesia bisa dengan cara lain yaitu cukup dengan kamu mendengarkan lagu "Dengar Alam Bernyanyi" di platform musik seperti Spotify dan Apple Music. Nah, dari mendengarkan judul musik diatas royaltinya bisa digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia sehingga #HutanKitaSultan tetap lestari. Makanya kamu ajak orang #IndonesiaBikinBangga dengan mendengarkan judul lagu #DengarAlamBernyanyi yang menurut gue easy listening dan lyricnya juga bagus berasa lagi berjalan-jalan di hutan

Hmm, penasaran bagaimana musik dari judul #DengarAlamBernyanyi yang mengajak anak muda Indonesia agar lebih aware lagi terhadap kelestarian alam yaitu hutan Indonesia yuk lihat di link youtube berikut ya guys :


Yuk, bisa yuk kita berkontribusi untuk eksistensi hutan Indonesia agar tetap lestari dengan hal-hal yang bermanfaat dan kreatif yaitu hal sederhana dengan mendengarkan lagu #DengarAlamBernyanyi jangan lupa  diresapi liriknya dan makna yang ada di lagu tersebut.  Selamat mendengarkan guys  ❤

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.