128 Tahun BRI, Tumbuh Hebat Dan Kuat Melayani Masyarakat Indonesia

Source Image : Edited by Canva
                 
Sebagai manusia biasa yang kadang tak pernah ada cukupnya, selain berprofesi guru TK dan content creator akupun ingin menjadi wirausaha apalagi makin ke sini kebutuhan hidup makin bertambah diikuti harga barang-barang yang meroket tentunya kita harus mencari peluang yang ada agar penghasilan bertambah sehingga dompetpun aman jaya. Sempat ngobrol santai sama suami tentang planning usaha yang prospeknya bagus dan cerah tentunya dengan kerugian yang minim. Sampai aku terbersit pingin usaha seperti pom bensin dan minimarket kok kelihatannya enak ya walaupun banyak resiko yang harus dipikirkan jika kita menjalani usaha sejenis itu. Oh, ya modal yang harus dikeluarkan pastinya besar banget dong diatas ratusan juta bahkan milyaran rupiah wah nunggu aku kejatuhan uang  dari langit dulu kali kalau mau menjalani tersebut. Hehe 

128 Tahun BRI, Tumbuh Hebat Dan Kuat


Source Image : BRI

Di era digitalisasi sekarang ini para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tak usah khawatir lagi dengan kendala-kendala yang dihadapi saat menjalani usaha karena ada banyak kemudahan yang bisa dapatkan seperti selama ini yang diberikan oleh bank plat merah kita yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang telah berkomitmen berkomitmen dalam membantu dan mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia, untuk terus tumbuh dan maju. Oh, ya BRI ini diketahui menjadi salah satu perbankan plat merah terbesar di Indonesia, apalagi BRI akan memasuki usia ke-128 tahun pada 16 Desember mendatang. Wah, jumlah usia yang sudah sepuh sekali dan tentunya berpengalaman dalam dunia perbankan kita nih. 

Dan di perayaan HUT ke-128 kali ini,  BRI mengusung tema lebih berbeda dan inovatif yaitu Kuat dan Hebat, dimana artinya tak bisa terlepas dari perjalanan panjang BRI yang terus fokus pada pertumbuhan berkelanjutan untuk membuat BRI semakin kuat dan hebat dalam memberi makna Indonesia. Tema kuat dan hebat di sini maksudnya bahwa seluruh Insan BRILian (pekerja BRI) senantiasa memberikan yang terbaik dengan mental tangguh kontribusi terbaik untuk Indonesia tentunya hal ini didukung dengan inovasi, teknologi dan budaya berbasis kinerja dengan harapan Insan BRILian selalu siap membawa semangat perubahan untuk BRI.

BRI memasuki usia ke-128 tahun pada 16 desember nanti, selama ini tidak hanya menjadi bank, tetapi juga sebagai sahabat setia bagi jutaan orang yang senantias mengiringi mereka dalam setiap langkah kehidupan. BRI dengan visinya yaitu keberlangsungan hidup bukan sekadar pencapaian usia tua, melainkan konsekuensi dari dedikasi yang tak tergoyahkan terhadap pelayanan dan inovasi. Selain itu, BRI tetap berfokus pada keberlanjutan dan berhasil dalam menciptakan fondasi yang kuat untuk generasi mendatang. Suatu keberhasilan yang diraih BRI hingga menginjak usia 128 tahun bukanlah hal yang kebetulan, semua itu adalah hasil dari integritas dan kebijakan yang bijak. 

BRI Pahlawan UMKM


Source Image : Edited By Canva

Selama ini BRI dikenal bukan hanya sekadar Bank namun sebagai sebuah institusi yang mengubah mimpi menjadi kenyataan, memberdayakan bisnis kecil hingga menggerakkan perekonomian nasional melalui program-programnya. Bisa dibilang BRI sebagai pahlawan UMKM yang membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia. Eksistensi BRI telah menjadi tulang punggung ekonomi pelaku usaha mikro dan menengah. Berkat berbagai program pemberdayaan ekonomi, BRI telah banyak membantu para petani, pedagang kecil, dan pelaku usaha mikro untuk mengembangkan potensinya.

Digitalisasi BRI


Source Image : BRI Tech

Seiring digitalisasi saat ini untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Melalui digitalisasi BRI dimana terus berinovasi dengan teknologi keuangan dengan memperkenalkan layanan perbankan digital yang memudahkan akses keuangan bagi masyarakat, bahkan di daerah terpencil sekalipun sehingga masyarakat bisa melek teknologi dan memanfaatkannya dari pelayanan digital yang ada. Dalam hal ini, perseroan terus berupaya membawa efisiensi dalam operasional BRI dengan strategi digitalisasi. Salah satu bentuk nyata Digitalisasi BRI saat ini yaitu dengan menerapkan konsep hybrid bank, memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi bisa tetap terlayani. Konsep hybrid ini yaitu kemampuan BRI untuk menyediakan layanan melalui digital dikombinasikan dari digital dan manual.  

BRI Untuk Indonesia


Source Image : Vecteezy

Sebagai Bank plat merah yang berkomitmen untuk memberikan kemudahan dalam layanan jasa keuangan bagi nasabah hingga ke seluruh pelosok negeri dengan terus bertransformasi, khususnya secara digital. Nilai plus lainnya BRI berhasil memberikan makna kepada stakeholders melalui penciptaan economic value dan social value, dengan menjaga fundamental kinerja sehingga dapat terus bertumbuh secara sehat, kuat, dan berkelanjutan. Dalam kurun waktu 128 tahun ini, BRI telah memberikan capaian dan kontribusinya terhadap negeri dan masyarakat Indonesia ( BRI Untuk Indonesia)

Adapun lima capaian dan kontribusi BRI Untuk Indonesia diantaranya :

1. Kontribusi BRI terhadap penerimaan negara melalui dividen dan pajak yang mencapai Rp140,5 triliun dalam lima tahun terakhir

Capaian dan kontribusi BRI dalam lima tahun terakhir salah satunya terhadap penerimaan negara dengan setoran dividen dan pajak mencapai Rp. 140,5 triliun. Selama periode (tahun 2018-2022) BRI mencatatkan setoran dividen dan pajak hingga Rp140,5 triliun. Secara rinci, jumlah dividen dan pajak yang disetorkan kepada negara terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan jumlah angka penerimaan negara yang begitu besar memberikan dampak positif bagi pertumbuhan nasional.

2. Pembentukan Holding Ultra Mikro yang memberi akses keuangan terhadap 36 juta nasabah.

Kontribusi BRI Untuk Indonesia lainnya dengan pembentukan Holding Ultra Mikro (UMi) resmi berdiri pada september 2021 yang terdiri dari atas  tiga entitas perusahaan, yakni BRI sebagai induk, serta PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), UMi ini terus mengintegrasikan dan menumbuhkembangkan ekosistem usaha ultra mikro nasional melalui penyediaan akses layanan keuangan seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia.


3. AgenBRILink capai 666 ribu, menjangkau 59 ribu desa.

Selama ini BRI berkomitmen mengembangkan dan mengoptimalkan pengerahan agen-agen BRILink yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga titik terjauh untuk meningkatkan inklusi keuangan dan komitmen tersebut telah diwujudkan melalui peningkatan jumlah AgenBRILink yang melampaui target. Saat ini jumlah AgenBRILink pada kuartal II/2023 mencapai lebih dari 666 ribu agen yang menjangkau lebih dari 59.705 desa di seluruh Indonesia. 

4. Kredit keberlanjutan BRI mencapai Rp710,9 triliun.

Dalam hal kredit berkelanjutan BRI tercatat mengucurkan sustainable loan atau kredit keberlanjutan mencapai Rp710,9 triliun pada kuartal I-2023 atau tumbuh 11,1 persen secara tahunan (YoY) di atas periode yang sama pada 2022. Dengan perincian pada 2019 BRI menerbitkan sustainability bond sebesar US$500 juta. Kemudian di tahun 2022 BRI menerbitkan green bond sebesar Rp5 triliun, selanjutnya di tahun yang sama, BRI menerbitkan sustainability-linked loans senilai US$1 miliar dimana tujuannya untuk fokus bisnis meningkatkan penyaluran kredit kepada UMKM baik di usaha mikro maupun ultra mikro.

5. Aplikasi BRImo digunakan oleh 27,8 juta masyarakat Indonesia.

Capaian dan kontribusi BRI Untuk Indonesia yang ke-5 yaitu melalui bentuk kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap aplikasi super BRImo dengan dari jumlah pengguna yang kini telah mencapai 27,8 juta users atau tumbuh 50,5 persen secara tahunan. BRI tentunya terus berupaya memperkuat BRImo dengan menambah fitur baru yang menambah kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Jumlah transaksi di BRImo 2023 hingga bulan Juni 2023 atau dalam kurun waktu 6 bulan mencapai 1,3 miliar transaksi atau tumbuh 89,6 persen YoY, dengan volume transaksi menyentuh Rp1.895 triliun, bertumbuh 76,2 persen YoY.

Eksistensi BRI hingga usia 128 tahun pada bulan desember nanti tak bisa dipandang sebelah mata apalagi menjadi salah satu perbankan plat merah terbesar di Indonesia dengan usianya lebih dari satu abad ini. BRI tetap berkomitmen dalam membantu dan mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia, agar terus tumbuh dan maju untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Jadi, mulai sekarang jika ingin memulai sebuah usaha tak usah khawatir lagi karena sudah pendampingan bagi pelaku UMKM dari BRI baik berupa penyaluran kredit, pelayanan dengan aplikasi digital BRI dan program-program yang inovatif juga kreatif. Selamat Ulang Tahun BRI, semoga tumbuh kuat dan hebat!

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.