Fenomena Super Blue Blood Moon, Salah Satu Tanda Kebesaran Allah SWT!

Sumber image : tribunnews.com

Assalamualaikum, wr, wb

Tahu gak sih akhir-akhir ini sejak pemutaran filmnya fenomena dilan milea 1990 dengan kata-kata yang menurut saya super duper lebay sedang melanda masyarakat Indonesia dalam dunia sosial media maupun dunia nyata.

Oh, ya kali ini risma pastinya tidak akan bercerita soal dilan dan milea yang lagi exist habis itu ya melainkan membahas tentang fenomena bernama keren yaitu super blue blood moon yang mana terjadi 150 tahun sekali. Subhanallah, berarti kita hanya mengalami fenomena tersebut sekali seumur hidup lho.

Jadi, hari ini tepatnya tanggal 31 Januari 2018 fenomena super blue blood moon yang ditunggu-tunggu jutaan manusia di belahan dunia manapun termasuk indonesia akan menghiasi langit cakrawala.

Fenomena Super Blue Blood Moon itu apa sih???
fenomena super blue blood moon itu merupakan gabungan dari tiga fenomena bulan sekaligus dimana kejadian sangat langka ini terjadinya dalam kurun waktu 150 tahun.

Seperti apa proses super blue blood moon??
Proses terjadinya super blue blood moon dimana bulan akan ditutupi bayangan bumi sehingga tampak kemerahan seperti darah makanya disebut blood moon. Hal ini karena sinar matahari menembus sinar matahari menembus atmosfer bumi sebelum sampai ke bulan. Gas-gas di atmosfer menyebarkan cahaya biru, dan meloloskan cahaya merah. (Sumber : bcc.com)

Saya tidak menyia-nyiakan untuk mengabadikan moment tersebut dari balkon rumah lewat kamera handphone walaupun hasil jepretan yang didapat hanya berupa bulatan kecil berbentuk titik berwarna kuning. Mungkin juga karena faktor spesifikasi handphone Risma yang jadul. Hihihi

Di beberapa tempat di Indonesia termasuk di jakarta mengadakan moment bareng menyaksikan fenomena super blue blood moon pastinya dengan alat teleskop supaya bisa melihat tanda kekuasaan atau kebesaran Allah SWT yang terjadi hanya dalam kurun waktu 150 tahun.

Bagi umat islam fenomena alam seperti super blue blood moon sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan atau kebesaran Allah SWT. Untuk mengagungkan atas fenomena tersebut disunahkan melaksanakan shalat gerhana bulan sebagai hamba Allah SWT yang bertakwa atas segala kuasaNya.

Shalat gerhana bulan hukumnya sunah dan bisa dilaksanakan secara sendiri maupun berjamaah. Menyambut datang gerhana bulan dan matahari biasanya di mushala atau masjid-masjid mengadakan shalat gerhana.

Seperti diriwayatkan oleh hadist berikut ini : "Matahari dan bulan adalah dua tanda kebesaran Allah, Allah ingin menjadikan hamba-hambaNya untuk takut kepada-Nya dengan terjadinya gerhana itu" (HR. Bukhari.1048)

Sahabat, saya sempat berpikir juga lho apakah cuaca yang belakangan ini kurang mendukung atau kurang bagus efek dan pengaruh akan hadirnya fenomena super blue blood moon pada malam ini. Wallahua'lam bishawab.

Hasil jepretan kamera Risma

Menurut saya makna yang bisa dipetik dari fenomena super blue blood moon malam ini yaitu segala apapun yang tak mungkin bisa saja terjadi atas kehendak Allah SWT sebagai tanda-tanda kebesaran maupun kekuasaanNya supaya kita bisa menjadi hamba yang lebih bertakwa. Aamiin Allahumma Aamiin

Makna apa yang kamu petik atau kesan pesan setelah menyaksikan fenomena super blue blood moon malam ini???


Terima kasih telah mampir ke blog saya, semoga bermanfaat dan maafkan apabila ada yang salah. See you again in my next story. Bye, bye...

Wassalamualaikum, wr, wb

4 komentar:

  1. Aih, nunggu-nunggu saya malah ketiduran. Hiks..

    BalasHapus
  2. Yah, mbak sayang banget yaa padahal itu fenomena langka yang terjadi 150 tahun sekali.
    Hiks hiks

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah gerhana semalam bisa shalat bareng keluarga.. dan juga melihat kuasa Allah mba klo buatku.... Indah banget Masya Allah

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, moment berharga sambil berdoa bareng keluarga ya mbak... :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.