Kiprah 25 Tahun Dompet Dhuafa - Mengembangkan 5 Pilar Program Kesejahteraan Masyarakat



Assalamualaikum, wr, wb

Alhamdulillah, bisa bersua kembali dengan risma dalam goresan pena sederhana ini. Untuk kali ini risma ingin bercerita ringan mengenai  kontribusi lembaga nirlaba dari dompet dhuafa dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya kaum dhuafa.

Sahabat, dalam perjalanan hidup yang hanya sekali ini pastinya selain dibekali dengan ilmu bermanfaat harus juga diimbangi dengan amal kebajikan seperti zakat, infak, sedekah dan wakaf. Manfaatnya insya allah  menjadi berkah dan akan terus mengalir ketika kita telah meninggal dunia.

Barakallah, hari selasa tanggal 30 januari 2018 saya bersama rekan-rekan blogger dan media mendapat undangan special dari dompet dhuafa yang membahas tentang laporan  kinerja selama tahun 2017. Dan ini kali kedua risma mendapatkan kesempatan menghadiri acara dari dompet dhuafa.

Jadi, begini lho sahabat bahwa dompet dhuafa ini adalah organisasi nirlaba milik masyarakat global yang berusaha untuk pemberdayaan sosial global. Sebagai lembaga ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) yang berdiri sejak tahun 1993 lalu telah berkiprah kontribusi besar dalam pemberdayaan masyarakat khususnya kaum dhuafa.

Menginjak usia 25 tahun ini,  dimana angka yang cukup dewasa tentunya dompet dhuafa berusaha melakukan terobosan inovasi dengan berkolaborasi membawa budaya masyarakat indonesia demi memajukan bangsa.

Paparan singkat dari Bapak drg. Imam Rulyawan MARS selaku Dirut DD Filantrofi
Satu dari 4 narasumber yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa : "Dompet dhuafa semakin menguatkan potensi lokal dengan menjalankan konsep social enterprise seperti green horti dan kebun indonesia berdaya" tutur bapak  drg. Imam Rulyawan Mars, selaku Dirut Dompet Dhuafa Filantrofi.

5 Pilar Program DD
Sahabat, selama 25 tahun berkiprah dompet dhuafa ternyata telah memberikan banyak kontribusi di berbagai pilar program di antaranya :

1. Pendidikan
     Untuk di bidang pendidikan dompet dhuafa bersinergi dalam mengembangkan sekolah SMART, Beastudi Indonesia, Makmal Pendidikan, Sekolah Guru Indonesia, Pusat Belajar Anti Korupsi, Komunitas Filantrofi Pendidikan, School of Refugees, Institut Manajemen Zakat.

2. Kesehatan
    Pada bidang kesehatan Dompet Dhuafa Social Enterprise bersinergi dalam mengembangkan rumah sakit berbasis wakaf untuk melayani kaum dhuafa dengan fasilitas kesehatan tingkat 1 dan Tingkat 2. Adapun 5 rumah sakit yang dimaksud yaitu
      1. Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu
      2. Rumah Sakit Aka Medika Sri Bawono Lampung Timur
      3.  Rumah Sakit Ibu dan Anak Sayidah Jakarta Timur
      4. Rumah Sakit Mata Ahmad Wardi Serang dan
      5. Rumah Sakit Lancang Kuning Riau
Nantinya ke-5 rumah sakit afiliasi Dompet Dhuafa tersebut  bekerjasama dengan BPJS sehingga semakin banyak membantu kaum dhuafa.

3. Ekonomi (Agro industri dan Retail Bisnis)
    Dompet dhuafa bersinergi mengembangkan agro industri melalui PT. Karya Masyarakat Mandiri (KMM) dengan program Indonesia Berdaya dengan mengolah lahan seluas 8,5 ha ditanami aneka tanaman buah salah satunya buah naga secara  tumpang sari. Kemudian akan dibangun juga pabrik ekstrak buah dan makanan olahan dari hasil budidaya tanaman tadi. Sedangkan retail bisnis dompet dhuafa selama tahun 2017 telah mengembangkan unit usaha  berbasis pemberdayaan bernama Daya Mart yang dikembangkan di daerah Sumatera Barat dan  De Fresh yang dikembangkan di daerah Jakarta.

4. Sosial
     Untuk bidang sosial  dompet dhuafa lebih mengembangkan pemberdayaan dalam Lembaga Pelayan Masyarakat, Disaster Management Center, Semesta Hijau, Pusat Bantuan Hukum, dan sebagainya.

5. Dakwah

    Dakwah salah satu point yang penting untuk melengkapi  point- point sebelumnya dalam 5 pilar program dompet dhuafa. Dengan mendirikan Corps Da' i Dompet Dhuafa diharapkan dapat menebar manfaat sampai pelosok pedalaman.
 

Paparan dari Bapak Iwan Ridwan Dirut DDSE
Dalam acara tersebut Bapak Iwan Ridwan selaku Dirut Dompet Dhuafa Sosial Enterprise menuturkan : " Dompet Dhuafa Social Enterprise melakukan pengembangan dan penguatan usaha- usaha dengan berbasis Social Enterprise profesional menuju kemandirian usaha dan menciptakan nilai-nilai sosial dalam rangka meningkatkan pemerataan sosial, meningkatkan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat".

Target Dompet Dhuafa
Dalam soal target, dompet dhuafa telah menargetkan dana yang masih dibutuhkan  mencapai angka 90 triliyun dan dengan asumsi minimum kebutuhan dana atas satu aspek kebutuhan dasar pangan saja belum termasuk kebutuhan lainnya. Saya yakin, Insya Allah dengan niat yang kuat dan semangat tiada henti semua itu akan tercapai. Aamiin Allahumma Aamiin

Photo bareng blogger

25 tahun dompet dhuafa membentang kebaikan berkomitmen dan berkonsisten untuk menguatkan ekosistem pemberdayaan dhuafa. Semoga Dompet Dhuafa semakin berkah bersama dalam memajukan bangsa. Aamiin YRA

Sahabat, jika masih penasaran tentang kiprah dari dompet dhuafa bisa visit di :
www.dompetdhuafa.org
Instagram :
http://instagram.com/dompet_dhuafa
Twitter :
http://twitter.com/Dompet_Dhuafa














2 komentar:

  1. Asyik ya mba kita bisa ikut membantu sesama bgini. Melalui Dompet Dhuafa, semua jadi tersalurkan dengan cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, say benar banget. Jadi, beramal sambil membantu sesama juga... :)

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.