Pengenalan Jangan Takut Berzakat Bagi Anak Usia Dini

Pengenalan #JanganTakutBerzakat bagi usia dini

Assalamualaikum gaes🙏😍

Bagaimana puasanya nih masih tetap semangat dan kuat selalu kan?😍Oh, ya mau intermezo sedikit tentang rona bahagia ketika menjalani puasa ramadan kali ini yaitu dimana aku menyandang status baru sebagai seorang istri juga menjadi guru TK yang merupakan profesi impian aku selama ini. 

Pesantren Kilat belajar sholat
Makanya, berhubung dalam suasana ramadan di sekolah tempat aku mengajar diterapkan juga tema "Pesantren Kilat" jadi sistem pengajaran tentang religius atau keagamaan yang lebih intensif atau diperdalam seperti hapalan surat pendek, hapalan doa, sholat dan sebagainya. Tujuannya agar pondasi iman juga takwa anak-anak lebih baik sebagai bekal di masa depan.


Tak lupa juga aku bercerita kepada murid tercinta tentang salah satu rukun islam yang ke-4 (empat) yaitu membayar zakat. Aku hanya menjelaskan secara garis besarnya apa saja jenis zakat dan beserta manfaat zakat bagi orang yang tak mampu termasuk kemakmuran perekonomian negara. Yuk, ada baiknya kita meremind tentang jenis-jenis zakat yaitu :

1. Zakat Fitrah

Selama ini pasti kamu sudah familiar dengan namanya zakat fitrah yaitu zakat yang harus dikeluarkan saat beberapa hari sebelum perayaan Idul Fitri atau di hari-hari terakhir bulan Ramadan. Oh, ya sifat dari zakat fitrah ini adalah wajib dan zakat fitrah yang dikeluarka  bisa berupa bahan makanan pokok seperti beras atau uang disesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi sehari-hari.

2. Zakat Mal (Harta)

Untuk soal zakat yang satu ini tentu tak asing lagi dong, zakat mal yaitu zakat yang dikeluarkan berdasarkan hasil kegiatan niaga atau perdagangan. Oh, ya untuk zakat mal ini baru dikeluarkan atau dibayarkan jika benda atau barang sudah mencapai waktu nisab atau satu tahun. Dalam hal perhitungan zakat, zakat mal memiliki hukum tersendiri. Oleh karena itu, bagi pedagang perlu sekali mempelajari perhitungan zakat mal. 

Perihal zakat dijelaskan pula dalam surat Al-Baqarah ayat 43 seperti di bawah ini :

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya :

"Dan dirikanlah sholat, sholat, serta tunaikanlah zakat, dan ruku'lah bersama dengan orang-orang yang ruku'." (QS. Al-Baqarah ayat 43)

Dengan membayar zakat tentunya ada kebaikan-kebaikan yang akan kita rasakan bukan hanya dari segi ekonomi juga dari segi ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Di zaman milenial seperti sekarang ini kita telah dipermudah oleh kemajuan teknologi salah satunya dalam hal pembayaran zakat. Di tengah kesibukan yang mendera terutama menjelang lebaran begini, tentunya kita mau apapun serba praktis dan simple atau mudah.

Oh, ya kamupun bisa melakukan pembayaran zakat melalui online dari salah satu lembaga terpercaya yang lebih dari 25 tahun membentang kebaikan zakat ke-19 juta penerima manfaat. Yuk, mengenal sekilas profil tentang dompet dhuafa ini😍

Profil Dompet Dhuafa 


Source : zakat.or.id
Dompet dhuafa yaitu lembaga filantropi islam yang bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) dan dana halal lainnya. Bisa dibilang selama ini Dompet Dhuafa juga berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis dan wirausaha sosial profetik. Dimana memiliki tujuan begitu mulia untuk mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan😍

Kalkulator Zakat 


Contoh kalkulator zakat
Lebaran yang sebentar lagi membuat kita disibukkan dengan berbagai macam perintilan menyambut hari idul fitri bagi umat muslim mulai dari membeli baju baru, persiapan mudik, membuat kue lebaran hingga merenovasi rumah tapi kita jangan sampai membelakangi untuk urusan pembayaran zakat seperti zakat fitrah maupun zakat mal. 

Portal Donasi Dompet Dhuafa

Kabar gembiranya sekarang ini dari dompet dhuafa sudah ada namanya Kalkulator Zakat yang membantu masyarakat menghitung zakat kira2 berapa yang harus dikeluarkan atau dibayarkan selama satu nisab. Selain itu kamu juga berkonsultasi zakat, mengelola dan menyalurkan zakat secara profesional di kanal donasi dompet dhuafa donasi.dompetdhuafa.org/zakat dan dapatkan juga edukasi zakat di zakat.or.id

Jadi, Jangan Takut Berzakat dimana akan membentang banyak kebaikan yang membuat hidup semakin berkah dan harta yang dimiliki telah bersih atas zakat yang dikeluarkan. Seperti itulah #NikmatnyaBerzakat yang mencakup berbagai aspek perekonomian demi kemaslahatan bersama😍

Tak lupa aku mengucapkan Selamat Hari Idul Fitri 1440H, jangan lupa utamakan zakatnya ya sebelum belanja baju lebaran atau kue lebaran di mall tersayang🙏

6 komentar:

  1. Bener banget ya mba cara yg baik mengenalkan zakat pada anak yg usia dini agar kelak mereka jadi mengerti artinya berzakat

    BalasHapus
  2. lebaran sekarang tidak sendiri lagi ya kak, iya bener tunaikan zakat fitrahmu maka dengan berzakat harta kita akan bersih.

    BalasHapus
  3. Pas nih momennya kak Ries, kita wajib mengeluarkan zakat fitrah bisa lewat DD pula karena lengkap dengan kalkulator zakat

    BalasHapus
  4. Zakat perlu di perkenalkan sedari kecil . Ya minimal nganterin ibu nya membayar zakat ke Amil zakat

    BalasHapus
  5. Yes. Dari kecil, mamaku sudah mengenalkan aku dengan zakat biar aku gak bingung lagi.

    BalasHapus
  6. Sedari kecil sudah diajarkan berzakat, semoga besar nanti menjadi manusia yang dermawan yang selalu berbagi. Apalagi zakat sekarang udah ga sulit dihitung.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.