Selamat Hari Batik Nasional

Assalamualaikum Guys😍

Setiap tanggal 2 Oktober kita peringati sebagai hari apa ayok? Yup, benar sekali bahwa tanggal 2 Oktober itu peringatan Hari Batik Nasional. Tahu sendiri kan kalo Indonesia selain mempunyai kekayaan alam yang melimpah juga memiliki adat istiadat dengan budaya yang beranekaragam salah satunya kehadiran batik sebagai warisan leluhur kita dimana kelestariannya senantiasa harus dijaga sampai kapanpun. 

Batik menurut Wikipedia adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Nah, makanya sejak saat itu setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional dan itu biasanya ditandai dengan mewajibkan memakai batik bagi instansi pemerintahan atau swasta bahkan di luar hari batik nasionalpun memakai baju batik sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita itu artinya bukti rasa cinta atau bangga terhadap batik ini begitu tinggi sebagai apresiasi menghargai karya dari warisan indonesia ini. 

Dalam kondisi pandemi yang belum kondusif dimana ruang gerak kita begitu terbatas yang mengharuskan di rumah saja kecuali untuk hal yang sangat urgent namun hal ini tak menyurutkan masyarakat kita untuk memperingati Hari Batik Nasional ini dengan suasana yang lebih kreatif dan inovatif yaitu meramaikannya di media sosial yang dimiliki dengan memposting tentang batik bersama ciri khas dan keanekaragamannya.

Satu pintaku yaitu Selamat Hari Batik Nasional 2020 semoga batik tetap selalu tumbuh di hati masyarakat kita dan senantiasa terjaga kelestariannya sampai kapanpun, tetaplah bangga memakai batik itu artinya kamu telah menghargai dan melindungi salah satu dari kesibukan Indonesia tercinta ini. Stay safe and healthy, salam sehat selalu untuk kita semua♥









Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.