Manfaat Ikut Kartu Prakerja

Tak terasa pandemi corona sudah 9 bulan menimpa negara kita dimana telah berdampak besar ke segala ranah kehidupan terutama perekonomian menjadi lesu tak bergairah sehingga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat menjadi menurun tajam karena penghasilan yang semakin berkurang bahkan hilang gara2 adanya PHK di perusahaan. Ini tentunya membuat perekonomian semakin terpuruk tak karuan dan berpikir keras bisa melanjutkan hidup kedepannya. 

Untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat agar bisa pulih di tengah pandemi begini pemerintah berinisiatif membuat program Kartu Prakerja yaitu program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang diperuntukkan bagi para pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program ini juga diprioritaskan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi sehingga setelah selesai mengikuti pelatihan Prakerja nanti bisa dipraktikkan oleh peserta agar mendapatkan penghasilan tambahan demi perekonomian keluarga. 

Akupun salah satu peserta yang mengikuti Program Prakerja secara gurupun merasakan dampak significan dari pandemi ini dimana jumlah murid yang bersekolah berkurang karena sebagian orangtua memilih menunda anaknya belajar di sekolah demi penghematan keuangan keluarga apalagi pembelajaran masih bersifat daring atau online. Sebenarnya aku ikut program ini lebih nothing to lose sih secara antusiasme masyarakat yang ikut luar biasa wow gitu dan gak yakin akan lolos menjadi peserta program Prakerja yah tapi balik lagi ke istilah kalo rezeki gak akan lari kemana, benar gak tuh guys?😂

Dari program yang diprakarsai oleh pemerintah ini banyak banget manfaat yang didapat dari para peserta Prakerja diantaranya sebagai berikut : 

1. Mendapat Bantuan Biaya Pelatihan

Setiap peserta berhak mendapatkan bantuan biaya pelatihan dari pemerintah sebesar Rp. 1.000.000,- digunakan untuk membeli pelatihan secara online yang tersedia di akun program Prakerja sesuai dengan minat atau bakat dari peserta sehingga setelah selesai pelatihan nanti bisa dipraktikkan agar mendapat penghasilan tambahan atau meningkatkan perekonomian keluarga.

2. Mendapat Insentif

Nah setelah peserta selesai mengikuti salah satu pelatihan yang ada di Prakerja kemudian berhak mendapat insentif yang ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau gopay sebesar Rp. 2.550.000 ,- dengan perincian sebagai berikut :
- Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp. 600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp. 2.400.000).
- Insentif pasca pengisian survei  evaluasi  sebesar Rp. 50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp. 150.000)

3. Mendapat Ketrampilan

Dengan mengikuti pelatihan atau pembekalan kompetensi kerja/wirausaha yang ada di Prakerja ke depannya para penerima program ini dengan berbekal ilmu ketrampilan atau keahlian bisa mempraktikkan di kehidupan nyata membuka peluang kerja atau usaha yang ada sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga di masa pandemi seperti sekarang. 

Alhamdulillah, program ini mendapat antusiasme luar biasa para peserta Prakerja dimana telah diadakan hingga gelombang 10 pada awal december lalu walaupun tidak semua para pencari kerja atau korban PHK merasakan keberadaan program ini dikarenakan faktor ketidakberuntungan dan keterbatasan sumber daya manusia (SDM) juga jaringan/sinyal yang terbatas di daerah pedalaman atau terpencil.

Ini tentunya akan menjadi perhatian pemerintah supaya kedepannya program ini bisa terselenggara secara offline sehingga menjangkau calon penerima prakerja yang terbentur soal kuota data internet maupun jaringan yang bagus tentunya tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang ada untuk menekan penyebaran covid-19. Selain itu dalam seleksi calon penerima prakerja diperuntukkan bagi yang benar-benar korban PHK atau pencari kerja yang membutuhkan pelatihan bukan sekadar mengharapkan insentif semata. 





Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.