Pentingnya Guru Harus Melek Teknologi


Assalamualaikum, guys? Bagaimana kabarnya setelah setahun lebih kita melewati pandemi corona ini. Semoga senantiasa sehat dan tetap semangat full ya. Aamiin YRA Di masa pandemi begini menjadi tantangan tersendiri bagi aku yang berprofesi seorang guru harus memiliki kemumpuni dalam hal teknologi secara pembelajaran yang masih harus daring (dalam jaringan) atau online. 

Bisa dibilang dalam hal teknologi aku belum mumpuni banget alias di batas standar deh, apalagi sejak pandemi report belajar ke dinas pendidikan harus rutin selama weekday, aku notabenenya guru merangkap operator sekolah mau tak mau harus turun tangan mengurusi soal yang satu itu. Alhamdulillah semua bisa kukerjakan dengan baik, karena report yang dikerjakan standarnya seperti isian goggle form, format file excel, dan seputaran WPS. 

Selama 2 tahun lebih menjalani profesi pendidik di lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) aku selalu memotivasi diri untuk harus melek teknologi jadi bisa mengimbangi dengan pembelajaran di masa pandemi dimana selain inovatif juga kreatif guru harus paham dalam menggunakan aplikasi belajar sesuai dengan tingkatan sekolahnya. Walaupun pembelajaran TK lebih bersifat stimulasi anak supaya berkembang dengan baik seperti motorik halus maupun kasar tapi seorang guru TK harus memiliki basic teknologi yang baik sebagai nilai plus tersendiri. 

Sampai saat ini masih ada guru yang belum mengerti letaknya email di smartphone dimana padahal itu sesuatu yang simple banget, terus mengisi data di format file excel bagaimana dan menggunakan aplikasi pembelajaran yang ada.  Jangan sampai kita harus ketinggalan update dengan generasi millenial yang lihai ketika mengoperasikan aplikasi yang ada. Dalam hal ini aku bukan merasa paling pintar sehingga berbangga diri dan merendahkan guru yang masih gagap teknologi. Akupun saat ini masih perlu banyak belajar lagi mengenai teknologi contoh kecil pembuatan video pembelajaran kreatif selama PJJ ini yang bagus juga menarik seperti apa. 

Jadi, bisa kebayang dong betapa pentingnya saat ini guru harus melek teknologi apalagi kondisinya masih pandemi begini. Kehadiran teknologi digital sangat membantu dan mendukung proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. Dalam hal ini guru dituntut harus paham atau mengerti bagaimana menggunakan aplikasi belajar daring (dalam jaringan) atau online walaupun mungkin ada saja yang dihadapi beda dengan saat memberikan pembelajaran secara tatap muka namun semua itu bukanlah halangan maupun hambatan agar anak didik tetap belajar tentunya dengan mendapat pengawasan dari orang tua tercinta. 

Dari pandemi ini sebenarnya banyak hikmah yang kita petik salah satunya ya ini membuat kita jadi lebih mengerti kehadiran teknologi dari beberapa aplikasi belajar daring yang begitu bermanfaat dan membantu bagi dunia pendidikan kita, guru dan murid bisa bersinergi untuk belajar bersama walaupun secara virtual ini semua dilakukan demi kebaikan bersama  agar terhindar dari virus corona yang masih menghantui negara kita. Apapun pembelajaran yang dilakukan saat pandemi begini, semoga bisa berjalan dengan baik dan lancar sampai pembelajaran tatap muka kembali seperti biasa. Aamiin YRA tetap semangat belajar dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku ya. See you, bye.. bye๐Ÿ‘‹ 



1 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. ๐Ÿ™๐Ÿ™

Diberdayakan oleh Blogger.