Pentingnya Edukasi Bahaya Isi Galon Palsu



Menjalankan pola hidup sehat banyak sekali cara yang bisa dilakukan selain dengan rajin berolahraga secara teratur juga rutin, mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat, selain itu tentunya harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup dan aman, selama ini kita kebutuhan air minum kita bukan hanya berasal dari air yang sudah masak tapi juga berasal dari Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) karena selain praktis juga lebih hemat. Jadi, Air Minum Dalam Kemasan yaitu air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu, kemudian dikemas dalam beberapa bentuk antara lain : Botol 330ml, Botol 600ml, Botol 1500ml, Gelas 240ml, Galon 19liter maupun ukuran kemasan lainnya. Saat ini yang paling sering digunakan oleh masyarakat kita untuk memenuhi kebutuhan air minum atau kebutuhan sehari-hari yaitu galon 19 liter .

Alasan yang mendasari pemakaian air galon lebih praktis dan hemat karena jika airnya habis bisa diisi ulang kembali di depot air minum yang tersedia di lingkungan sekitar. Hal inilah yang membuat masyarakat kita lebih memilih air isi ulang dari galon dibandingkan harus repot memasak air untuk pemenuhan air minum atau kebutuhan sehari-hari. Contoh sederhananya saja saat kita ingin minum kopi atau teh hangat cukup dengan memanaskan air galon di dispenser selama beberapa menit saja kemudian jadilah kopi atau teh panas yang diinginkan. 

Oh ya sudah tahu belum bahwa belakangan ini beredar tentang pemalsuan air isi ulang galon yang ternyata terjadi sejak tahun 2016 yang lalu dan kasus galon palsu ini terjadi pada galon dengan merk yang sudah lama di Indonesia dan banyak digunakan masyarakat Indonesia tentunya hal ini menjadi perhatian penting bagi masyarakat ke depannya bahwa pada saat membeli air isi ulang lebih memperhatikan secara seksama terutama di bagian tutup galonnya yang sering dipalsukan oleh para pengoplos. Jadi, mulai saat ini ketika kita membeli air isi ulang galon jangan hanya melihat harga yang murah saja dimana belum tentu soal keamanan dan kualitasnya terjamin untuk kesehatan kita.




Untuk itu pentingnya edukasi bahaya isi galon diinformasikan ke masyarakat agar jangan terkecoh antara tutup galon yang asli dan palsu. Jadi, selama ini modus yang dilakukan oleh para pengoplos mulai dari :

1. Tutup galon asli, badan galon asli, isi air yang dioplos, kemudian

2. Sulit kita membedakannya karena secara kasar mata semua asli dan dalam keadaan baik atau tidak rusak.

Nah, hal inilah yang kemudian membuat konsumen terkecoh atau tergiur dengan harga yang lebih murah tapi nyatanya itu air isi ulang palsu. Yuk, bisa yuk mulai sekarang lebih teliti dalam membeli air isi ulang galon yang asli dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Perhatikan segel yang tertutup rapat


Pada umumnya produk air isi ulang tertentu dikemas dengan baik agar mutu terjaga hingga dikonsumsi, makanya perlu diperhatikan dengan pilih yang tutup tersegel, kemasan yang bisa terlihat isi dalamnya.

2. Perhatikan QR kode di badan galon


Hal lain yang harus diperhatikan dan cara bedainnya yaitu kode di galon dan tutup pastikan sama tapi kadang agak sulit karena kode kecil dan samar jadi kita harus lebih teliti saat membelinya.

3. Warna dan rasa air


Hal lainnya yang diperhatikan yaitu dengan melihat ciri-ciri air isi galon yang asli adalah tidak beraroma, tampak bening dan tidak berbusa, jika diminum terasa segar, tidak ada rasa kesat atau apapun sedangkan air isi ulang oplosan rasanya berubah-ubah pokoknya berbeda dengan air isi ulang asli.

4. Informasi kedaluwarsa produk


Pada produk air isi ulang galon asli akan tertera informasi mengenai kadaluarsa produk berupa print tinta hitam yang terdiri dari tanggal, bulan dan tahun kemudian memuat tulisan Best Before (BB) terdapat di badan galon yang menginformasikan kapan produk tersebut dibuat.

5. Perbedaan harga


Untuk air isi ulang asli harganya lebih mahal dibandingkan air isi ulang oplosan kisaran harga 6 ribu sampai 7 ribu rupiah tentunya kualitasnya kurang terjamin dan tidak aman bagi kesehatan kita. Sedangkan air isi ulang galon asli tentukan sudah bersertifikat dari SNI maupun Halal MUI, dan kita akan aman-aman saja jika meminum tanpa harus worry.

Bagaimana guys sampai di sini sudah dapat belum insight soal air isi ulang galon antara yang asli dan oplosan yang menurut aku memang penting banget harus kita ketahui? Semoga paham atau mengerti apa yang aku uraikan di atas. Jadi, seperti itu penjelasan bagaimana mengenali secara detail tentang air isi ulang galon antara asli dan palsu agar kita (konsumen) jangan sampai salah membelinya. Pokoknya kita harus lebih teliti dan hati-hati dalam membeli air isi ulang galon semua ini demi kebaikan bersama juga. Semoga ulasan ini bermanfaat ya, thank you!

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.