Family Gathering IGTKI Ke Pantai Pandan Carita

Source Image Edited By Canva
Tanggal 23 September lalu bisa dibilang hari yang menyenangkan secara bisa menikmati piknik tipis bareng guru-guru TK dalam rangka Family Gathering bersama IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) Kramat Jati. Bisa dibilang ini jalan-jalan pertama yang aku ikuti dengan para rekan guru sejak bergabung di sekolah TK di wilayah Kramat Jati sebelumnya pernah ada juga jalan-jalan serupa tapi akunya belum bergabung menjadi guru TK. Mumpung bayarnya sangat terjangkau ya sudah ikut saja sekalian refreshing di pinggir pantai sekalian kumpul bareng dengan rekan guru se-kramat jati pastinya bakal seru banget deh.

Meeting Point (Source Image By : Bu Dewi)
Penentuan meeting point yang awalnya di pom bensin kampung dukuh, tiba-tiba ganti tempat di polsek ciracas mungkin di sini tempatnya lebih strategis, nyaman dan menghindari macet juga apalagi bisa menitip kendaraan sekiranya ada guru yang bawa motor. Tersedia 4 bus yang membawa peserta gathering ke pantai pandan selain guru ada juga beberapanpengawas TK dan para guru pensiun yang diundang dalam family gathering tersebut.

Jam 05.30 aku sudah sampai di meeting point diantarin suami tercinta, sudah banyak para guru yang datang ke tempat tersebut. Aku kemudian menuju bus yang telah ditentukan oleh panitia acara, dan bangku sudah ditag'in pula walaupun sebelumnya aku yang disuruh datang jam 5 pagi buat tag'in bangku nyatanya tak sesuai ekspetasi pas mau berangkat si suami manasin motor dulu jadinya molor aku datang. Untungnya ada bu Ijah yang telah datang lebih dahulu sehingga kebagian deh duduk di belakang. Hehe

Seperti biasa jam keberangkatan ngaret dari rundown yang ada harusnya jam 06 pagi berangkat nyatanya masih menunggu dulu dan akhirnya bus jalan di jam 07an sedangkan rombongan bus ketua IGTKI dan pengawas sudah berangkat lebih dulu, dan tak berapa lama bus ke-2, 3 dan 4 menyusul dibelakangnya. Tak lupa kita berdoa dulu agar diberikan keselamatan dan keamanan dari mulai berangkat hingga sampai kembali di rumah tentunya kita dikasih juga sarapan pagi berupa sebungkus roti dan air mineral, lumayanlah buat mengganjal perut yang masih kosong di pagi hari. Hehe Selama di perjalanan sambil berkaraoke ria dan menambah keseruan diadakan pengocokan doorprize yang nomornya sudah dikasih sebelumnya dan sayangnya nomor aku gak keluar alias zonk padahal gak berharap dapat juga sih. Yah, anggap saja belum rezeki aku.

Sesekali aku melihat gmaps di handphone buat memeriksa sudah sampai mana bus yang kita tumpangi dan ternyata pantai pandan jauh juga yaa guys jaraknya. Enaknya aku dapat posisi bangku di pojok dekat jendela jadi menikmati perjalanan sembari melihat pemandangan alam yang indah menambah adem suasana hati ini. Tak berapa lama bus berhenti di rest area cilegon sekitar 30 menit buat istirahat sejenak kemudian melanjutkan kembali ke destinasi wisata pantai pandan. Dari keluar tol cilegon menuju pantai pandan jauh juga ya sekitar 1 jam lebih, akhirnya melihat pemandangan laut dengan debur ombak  serasa menyapa kedatangan kita disitulah kita melewati beberapa pantai salah satunya karang bolong. Jadi, ingat beberapa puluh tahun silam pernah berwisata ke pantai karang bolong nyatanya tak seramai dulu suasana di pantai karang bolong.

View of Cafe Pandan Beach (Source Image By : Dokpri)
Yang dinantikan tiba, alhamdulillah kami akhirnya sampai di Pantai Pandan, Carita. Memasuki Cafe Pantai Pandan kami disambut oleh karyawan yang menginformasikan bahwa dilarang membawa makanan atau minuman di area Cafe Pantai Pandan jika ada tas yang berisi makanan dan minuman harus dititipkan ke bagian informasi yang berada di depan cafe. Setelahnya kami diarahkan menuju aula cafe yang di tengahnya terdapat kolam renang tapi sayangnya gak bisa dipakai untuk berenang cuma properti cafe saja. Cafenya menghadap ke arah pantai pandan dimana banyak tanaman pandan tumbuh makanya disebut pantai pandan.

Hadiah Doorprize (Source Image By : Dokpri)
Setelah semua berkumpul dimulai dengan sambutan dari Ketua IGTKI, Pengawas Tk dan kesan pesan dari Pengawas dan Guru yang sudah pensiun selanjutnya bagi-bagi hadiah doorprize lagi dari Ketua IGTKI berupa parfum ukuran 10 ml, kali ini lumayanlah aku kebagian doorprize. Berhubung memasuki ishoma (istirahat, sholat dan makan), acara dilanjut makan siang dengan santapan menu yang menggoda selera yaitu ayam bakar, capcay, tempe tahu goreng, ikan asin, lalapan mentimun, dan sambal. Selesai makan siang, lebih ke acara santai sejenak seperti biasa photo-photo dengan background debur ombak  indah menuju bibir pantai serasa menyapa.

Menu makan siang (Source Image By : Dokpri)
Suasana di pantai tersebut bukan hanya ramai oleh pengunjung dari IGTKI saja juga ada pengunjung umum ditambah lalu lalang penjual mengais rezeki menawarkan barang dagangannya seperti opak, emping, ikan asing, otak-otak sampai pete ke kami yang sedang santai duduk di tepi pantai beralaskan tikar yang telah disewa. Tak berapa lama lombapun dimulai yaitu estafet sarung dengan jumlah 10 orang/kelompok. Jadi tiap binaan mengirimkan 1 kandidat kelompok untuk lomba tersebut, aku disuruh ikut lomba tapi enggan soalnya takutnya nanti kalah. Mental pengecut banget ya aku, haha. Alhamdulillah binaan 2 dapat juara 2.

Binaan 2 dalam Lomba Estafet Tepung

Selanjutnya pas lomba oper bola aku ikut nih secara gampang juga sih lomba. Jumlahnya 10 orang/kelompok sama dengan lomba estafet sarung, dan alhamduillah dapat juara 1 guys. Jadi ketagihan, ikut lagi di lomba oper karet dengan sedotan jumlah tetap 10 orang/kelompok. Eh, dapat lagi juara 2 nih guys. Sayangnya pas ikut lomba estafet tepung dengan jumlah 10 orang/kelompok juga binaan 2 gak menang lagi alias zonk tapi gak apa-apalah yang penting hari itu binaan 2 mendominasi jadi juara. Hehe Lomba usai lanjut pembagian hadiah, jreng-jreng pas dibuka hadiahnya dikirain berbentuk bahan sembako seperti minyak goreng, gula putih, mie instant dan lain-lain ternyata isinya makanan ringan guys seperti kuaci, beng-beng, kalpa, french fries snack, dan sebagainya dibagi sama rata ke guru yang ikut lomba. Berasa jadi bocil lagi makan cemilan snack ini. Hihi

Debur Ombak Pantai Pandan (Source Image By : Dokpri)
Pembagian lomba selesai dilanjutkan acara bebas sampai jam 16.00, kemudian kita bersenandung ria diiringi gendang juga kecrekan yang dibawakan oleh pengamen yang berada di pantai tersebut ada beberapa yang berbagi rezeki untuk pengamen tersebut apalagi nyanyi lagunya banyak juga menambah suasana pantai menjadi lebih ramai. Aku padahal bawa baju ganti tapi mubazir saja gak terpakai soalnya gak bermain air di pantai malah duduk santai di tikar. Oh, ya di sini aku hanya membeli oleh-oleh sekadarnya seperti ikan asin, emping dan opak buat keluarga tercinta sebenarnya pingin belanja yang banyak banget tapi apa daya lagi tanggal tua jadi seadanya saja belanjanya. Hiks, hiks

Harganya juga lumayan murah selama kita bisa pintar menawarnya. Pingin banget tungguin sampai matahari terbenam atau sunset tapi tidak bisa karena waktunya sudah kesorean, jam 16.30 sudah diwanti-wanti kumpul di bis masing-masing menuju perjalanan pulang ke Jakarta. Tepat  jam 5 sore bus berangkat menuju ke Jakarta, sebenarnya masih kurang sih healingnya mungkin next time bisa dilanjutkan kembali jalan-jalan ke sini lagi. Aamiin YRA

Di perjalanan bus singgah dulu di tempat oleh-oleh sekalian yang ingin sholat maghrib, aku turun juga sekalian merelakskan badan agar gak pegal soalnya perjalanan kita sekitar 3 jam menuju Jakarta. Barulah lanjut lagi perjalanan kita, pingin tidur sejenak seperti teman-teman yang lain tapi mata enggan buat dimeremkan mungkin sudah menjadi kebiasaan saat jalan-jalan sulit namanya tidur.

Selama di perjalanan aku chat'an dengan suami untuk menjemput di tempat awal waktu drop antar aku sekalian share lock supaya bisa memperkirakan tepat waktu dan tidak terlalu lama menunggu akunya. Alhamdulillah, akhirnya sampai Jakarta di tempat yang awal dijemput dan suami sudah di sana juga. MasyaAllah Tarabarakallah, terima kasih teman-teman guru IGTKI se-Kramat Jati untuk kebersamaan di hari itu, semoga sehat dan sukses selalu untuk kita 💙