Mengabadikan Euforia Asian Games 2018 Dengan Kamera Smartphone

Suasana Euforia Asian Games 2018 
Ada suatu kebanggaan tersendiri saat Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018 untuk ke dua kalinya. Bisa dibilang suatu momen yang sangat special dan belum tentu akan mengalaminya dalam kurun waktu yang sangat lama. Oh, ya sekilas info saja bahwa Indonesia pertama kalinya menjadi tuan rumah Asian Games ke-empat pada tahun 1962, hitungannya berarti sudah 56 tahun yang lalu, rentang waktu yang lumayan lama sekali kan?

Sebagai seorang blogger pasti ada keinginan untuk bisa menyaksikan secara langsung pertandingan dalam moment Asian Games 2018 kemudian menuliskan dalam blog kesayangan. Tentunya tak hanya didukung oleh keahlian menulis semata juga kepintaran dalam mengabadikan suatu moment berharga dengan sebuah smartphone atau kamera DLSR supaya menghasilkan photo yang bagus dan menarik.

Detik-detik atlet menginjakkan garis finish
Dan belum lama ini, untuk memberikan dukungan penuh dan semangat empat lima kepada para atlet nasional yang berjuang dalam Asian Games 2018 viva.co.id kolaborasi dengan Samsung mengadakan event menarik bertema  blogger gathering yaitu mini workshop photography dengan smartphone dan nonton bareng untuk cabang olahraga atletik di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Acara mini workshop photografi yang diadakan sekitaran senayan dibawakan oleh salah satu Tim kreatif dari Viva Media #1Newstainment yaitu Mas Rino (Syahrino Putama) yang memberikan pencerahan dimana teknik dasar yang baik dan bagus dalam menggunakan smartphone atau kamera DLSR ternyata tak jauh berbeda seperti bagaimana cara mengatur ISO, shutterspeed, diafragma dan beserta fitur-fitur pelengkap lainnya dalam kamera smartphone.

Salah satu hal penting dalam mengambil gambar lewat kamera smartphone yaitu fungsinya ISO dimana meningkatkan sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya, sehingga diperlukan pengaturan ISO yang baik diantaranya :
1. Settinglah kamera kamu dalam posisi yang high (tinggi)
2. Gunakan low ISO untuk hasil yang lebih jernih juga tajam
3. Hindari shake atau guncangan agar gambar tak terlihat samar
4. Atur jarak saat pengambilan photo
5. Atur juga sudut (angle) pengambilan gambar.

Selain itu harus memperhatikan hal-hal penting sebelum pengambilan photo untuk hasil yang lebih baik yaitu :
1. Shotlist
2. Airplane Mode
3. Shoot Horizontal
4. Composition
5. Lighting
6. Accesorize
7. Improve with Application photo

Setelah hampir 45 menit workshop dimentorin sama mas Rino saatnya 30 blogger turun ke lapangan untuk mempraktikkan ilmu photografi yang sebelumnya dibagi menjadi 15 team dimana setiap team berjumlah 2 orang. Dan aku menjadi team 07 dengan Giovanni dengan dibekali smartphone samsung Galaxy J-Prime 6.

Jadi, 15 team blogger diberikan tantangan mengambil photo dalam lima kategori yaitu  Selfie, Atlet, Euphoria, Merah Putih, dan Landscape Gelora Bung Karno dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Ada perasaan takjub dan senang saat memasuki Gelora Bung Karno yang begitu megah dan bagus karena ini kali pertama aku mengunjungi stadion kebanggaan rakyat indonesia itu.

Obor Asian Games 2018
Suasana menjelang senja di area Gelora Bung Karno terutama di cabang olahraga atletik mulai ramai dengan para penonton yang ingin memberikan suntikan semangat untuk atlet kesayangan mereka yang berjuang demi keharuman indonesia.

Merah putih mendominasi kursi penonton
Moment tersebut tak kami sia-siakan untuk mengabadikannya melalui Samsung Galaxy J-Prime 6 yang mempunyai fitur kamera sepert ini :
* Kamera belakang dengan resolusi 13 megapixel dan juga aperture f/1.9
* Kamera depan dengan resoluso 8 megapixel dan aperture f/1.9
* Dilengkapi juga dengan Led Flash
* Fitur mode pro yang mengatur white balance, ISO dan shutter speed kamera.

Suasana euforia penonton Asian Games 2018
Dan ternyata hasil jepretan melalui kamera Samsung Galaxy J-Prime hasilnya hampir sama kamera DLSR begitu jernih dan bagus warna gambarnya yang terpenting kita mengerti tentang teknik dasar pengambilan photo. Dan akhirnya acara nonton bareng blogger selesai selain bisa melihat pertandingan Asian Games secara langsung juga mendapatkan suatu pencerahan bermanfaat mengenai photografi dengan smartphone.


2 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.