Mengenal Lebih Dekat Dari LPPOM MUI Bersama Blogger Halal

Global Halal Centre, Bogor (Dokpri)
Apa yang biasanya menjadi pertimbangan utama saat kamu membeli dan mengkonsumsi makanan yang disukai? kalau versi saya selain harganya yang terjangkau , cita rasanya enak pastinya dijamin HALAL supaya hidup terasa lebih barokah dunia akhirat.

Dan pastinya semua itu telah dijelaskan dalam ayat Al-Qur'an dibawah ini :

وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُونَ

Artinya :

"Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya." (QS. Al-Maidah Ayat 88)

Maksudnya dari ayat diatas bahwa Allah SWT perintahkan hamba-Nya untuk senantiasa makan dari makanan yang halal dan baik sebagai tanda takwa dan beriman kepada-Nya. Jadi, ini suatu kewajiban yang harus ditaati dan dijalankan sebagai muslim yang baik, jangan sampai nantinya kita termasuk dalam golongan yang merugi. Naudzubillahimindzalik.

Alhamdulillahnya, belum lama ini saya mendapat suatu pencerahan yang luar biasa mengenai pentingnya sertifikasi halal dan proses sertifikasi halal seperti apa dari LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia). Jadi, saya bersama teman-teman dari komunitas #TauDariBlogger memenuhi undangan silahturahmi yang bertema : "Pemaparan Acara INDHEX Dan Sosialisasi Cara Sertifikasi Halal" yang bertempat pada Global Halal Centre di Tanah Sereal, Jl. Pemuda No.5, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16162

Ibu Nadia Saat Sharing Session (Dokpri)
Saat pertama kalinya menginjakkan kaki di Global Halal Centre rasa penasaran saya kian menjadi ditambah dengan bentuk gedung yang begitu unik dan menarik kemudian sambutan dari salah satu staff LPPOM MUI yaitu Ibu Nadia begitu ramah juga welcome sekali kepada para blogger yang hadir.
Mbak Nadia sebagai Kasubid Sosialisasi dan Edukasi LPPOM MUI memaparkan tentang betapa pentingnya suatu produk yang dikonsumsi atau digunakan harus halal selain perintah Allah SWT juga demi kemaslahatan bersama.

Proses Sertfikasi Halal (Dokpri)
Beliau menjelaskan bagaimana prosedur sertifikasi halal dimana pemohon awalnya harus memenuhi 11 kriteria penting menuju tahapan selanjutnya kemudian menyerahkan dokumen-dokumen sertifikasi halal yang dibutuhkan atau diperlukan seperti produknya seperti apa dan lain sebagainya, setelah dokumennya lengkap barulah untuk proses audit sedangkan proses sertifikasi halal hanya memakan waktu sekitar 60 hari masa kerja.

Fitur Aplikasi Halal MUI (Dokpri)
Kabar gembiranya, saat ini pemohon bisa juga mendaftar proses sertifikasi halal melalui online di www.halalmui.org infonya untuk pendaftaran online ternyata sudah berjalan selama 6 tahun. Kamu juga bisa mendapatkan segala macam informasi terupdate mengenai produk seperti makanan, minuman, obat, kosmetik dan sebagainya yang halal saat dikonsumsi atau digunakan melalui aplikasi Halal MUI. Nah, aplikasi Halal MUI sekarang bisa diunduh pada app store dalam smartphone kesayangan anda.


Ibu Nadia juga menambahkan bahwa pada tanggal 1 sampai 3 november nanti LPPOM MUI akan mengadakan event berskala besar di SMESCO Exhibition Hall bernama INDHEX 2018 yaitu Indonesia Halal Expo 2018  yang telah berjalan selama 7 tahun mulai dari 2011 lalu yang mengadakan berbagai pameran tentang makanan, minuman sampai teknologi yang bersertifikasi halal juga pemberian Halal Award bagi perusahaan bersertifikasi halal bahkan ada juga beberapa lombanya yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dan anak sekolah.

Ibu Lya Amalia memberikan pemaparan (dokpri)
Sosialisasi dilanjutkan pemaparan dari Ibu Lya Amalia selaku Ketua Divisi Sosialisasi dan Edukasi Halal LPPOM MUI bahwa tujuan kegiatan sosialisasi bersama blogger sebagai langkah awal tentang sistem kerja proses sertifikasi halal untuk diviralkan kepada masyarakat luas, beliau sempat sharing juga pengalamannya saat travelling ke luar negeri bagaimana mendapatkan kesulitan dalam memperoleh makanan yang benar-benar halal seperti restaurant fried chicken dimana cara penyembelihannya apakah menyebut basmalah atau tidak. Inilah satu catatan penting yang harus kita perhatikan ketika travelling ke luar negeri sebaiknya lebih selektif lagi.

Ibu Hj. Osmena Gunawan Saat Sharing Session (Dokpri)
Nah sesi terakhir sharing session dilanjutkan oleh Ibu Hj. Osmena Gunawan selaku Wakil Direktur I LPPOM MUI bahwa peran blogger dalam hal ini sangat diharapkan untuk mensosialisasikan dan memviralkan halal toyyiban melalui tulisan atau video kepada masyarakat luas karena secara tidak langsung blogger telah berjihad di jalan Allah SWT sambil beliau mencetuskan nama "Blogger Halal" sebagai langkah awal blogger memviralkan "Halal Is My Life".

Mas Nashih Ulwan Saat Paparan Singkat (Dokpri)
Tak kenal maka tak sayang, kurang lengkap rasanya jika sudah mendengarkan pemaparan dari para narasumber ahli dan setelah sholat dzuhur dan makan siang, kamipun diajak visit office sebentar melihat ruangan para staff LPPOM MUI dan berjumpa salah satu staff laboratorium yaitu Mas Nashih Ulwan yang menceritakan job desknya selama ini yang menguji atau meneliti produk sampai ratusan produk setiap bulannya bersama rekan satu timnya.

Di kesempatan tersebut beberapa blogger melontarkan pertanyaan termasuk saya menanyakan tentang suka duka selama menjadi staff laboratorium di LPPOM MUI ini, sukanya menjadi orang yang pertama mengetahui suatu produk itu halal atau tidak sebelum disebarluaskan kepada masyarakat sedangkan dukanya kerja keras bersama tim untuk lebih teliti saat menguji produk itu benar-benar halal atau tidak.

Selain itu riskan banget bila pakaiannya sampai kena produk yang mengandung sesuatu yang haram otomatis harus membersihkannya secara ekstra atau berulang-ulang menurut syariah islam. Namun dibalik semua itu ada kebahagiaan tak terhingga juga barokah dari Allah SWT karena berprofesi untuk kemaslahatan umat. Aamiin YRA

Blogger Halal In Action (Dokpri : LPPOM MUI)
Tanpa terasa waktu memaksa kita untuk mengakhiri pertemuan siang itu. Rasanya bahagia sekali bisa bersilahturahmi ke Global Halal Centre dan mengenal lebih dekat dari LPPOM MUI dengan slogan "Halal Is My Life" kepada para blogger untuk giat mensosialisasikan atau memviralkan lewat sosial media ke masyarakat luas.






ADVERTISEMENT


Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.