Yuk, Mengenal Penghijauan Nak!

With My Students (Dokpri)

Assalamualaikum sahabat, 

Senang rasanya kalau sudah berjumpa hari senin setelah 2 hari libur sekolah itu artinya aku akan kembali bertemu dengan mereka yaitu anak murid tercinta apalagi ada yang berbeda di senin pagi yang cerah ini bila biasanya selesai pelaksanaan upacara bendera kami lanjutkan dengan belajar di dalam kelas namun kali ini suasana belajarnya berbeda yaitu di outdoor (luar ruangan) dalam rangka penghijauan untuk mengenal beraneka ragam tanaman atau pohon yang ada di sekitar sekolah.

After Keliling Komplek (Dokpri)

Antusiasme murid-murid pastinya begitu gembira bisa jalan santai mengelilingi komplek perumahan yang dekat dengan sekolah. Di sana mereka bisa melihat mulai dari pohon jambu air, mangga, nangka, rambutan, asem, dan sebagainya. 

Kegiatan belajar di luar kelas ini dapat menghilangkan kebosanan atau kejenuhan bagi mereka agar menjadi anak yang lebih aktif juga produktif. Karena belajar itu tak harus membaca maupun menulis bisa dengan metode alam bebas seperti mengenal beraneka ragam tanaman atau pohon yang ada di lingkungan sekitar๐Ÿ’•

Menyiram Tanaman (Dokpri)

Manfaat belajar di outdoor selain mengenalkan tanaman yang ada dekat sekolah sekaligus menumbuhkan rasa aware mereka (anak didik) terhadap lingkungan sekitar mulai dari cara berjalan yang baik dan tertib saat di jalan raya, saling menjaga teman lainnya dengan bergandengan tangan, bersikap ramah dan sopan santun saat bertemu orang di jalan, dan lain sebagainya.


Oh, ya di hari senin itu mereka juga membawa pot tanaman atau kembang (bunga) ke sekolah agar lebih mencintai penghijauan jadi nantinya setiap hari mereka menyiram tanaman yang sudah dibawa sehingga sekolah menjadi lebih segar dan hijau. Itu sebagai salah satu pelajaran berharga buat anak didik bagaimana cara mencintai atau menyayangi tanaman itu seperti apa.

Masya Allah, bahagia rasanya hari itu bersinergi dengan lingkungan dengan anak-anak murid tercinta sehingga kelak mereka dewasa bisa lebih menghargai arti kehidupan yang sebenarnya melalui belajar dari alam sekitar yang penuh makna๐Ÿ’•. Jika mereka saja mau lebih aware (peduli) terhadap alam atau lingkungan sekitar kenapa kita gak?Salam sehat selalu dan tetap semangat. Semoga Bermanfaat ๐Ÿ™



Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. ๐Ÿ™๐Ÿ™

Diberdayakan oleh Blogger.