Liburan Impian Penuh Pesona Ke Papua


Source Image By : batasnegeri.com


Assalamualaikum Sahabat Risma♥


Kembali lagi saya menyapa sahabat dimanapun berada semoga senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT... Aamiin YRA Walaupun saat ini kondisi negara kita dalam kondisi prihatin menghadapi penyebaran wabah covid 19 atau corona namun kita gak boleh panik yang terpenting selalu waspada dan menjaga kesehatan diri agar terhindar dari si virus corona yang telah mewabahi semua negara di dunia. Hiks hiks

Oh, ya sahabat membahas covid 19 ini memang gak ada habisnya dan boleh kan kita lupakan sejenak si covid 19 tapi bukan bermaksud meremehkannya tujuannya supaya kita jangan terlalu stres. Dan kali ini aku mau cerita tentang destinasi liburan penuh impian bersama suami alias bulan madu yang tertunda. Hihi Ayok, kira-kira ya apa destinasi liburan impian yang aku maksud? Jawabannya yaitu Papua.

Acung tangannya siapa yang pernah menjelajah ke bumi cendrawasih? Dimana Papua ini mempunyai destinasi wisata alamnya penuh keindahan dan keeksotisme bikin ketagihan para turis ingin kembali ke sini. Itulah kenapa disebut Papua Destinasi Wisata Hijau. Bumi cendrawasih selain memiliki adat istiadat yang beraneka ragam juga memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah bagi kesejahteraan masyarakatnya yang lebih baik.

Raja Ampat (Source by : Idn Times) 

Raja Ampat salah satunya destinasi impian di Papua dimana menawarkan keindahan dari empat pulau besar diantaranya Waigeo, Misool, Salawati, Batanta beserta pulau-pulau kecil di sekitarnya selain memiliki biota laut yang beragam. Rasanya sayang sekali jika ke sini tak menyelam untuk menikmati bawah laut yang begitu indah dengan airnya yang jernih didukung cuacanya yang bagus. 

Sahabat, di balik keindahan panorama Raja Ampat tentunya diimbangi keberadaan hutan papua begitu luas yang memiliki banyak manfaat seperti  penghidupan bagi orang banyak terutama sumber penghasilan untuk kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Apalagi Papua ini memiliki salah satu hutan dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia dengan 20.000 spesies tanaman, 602 jenis burung, 125 mamalia dan 223 reptil. Masya Allah betapa kayanya indonesia ini terutama bumi cendrawasih πŸ’œ.

Pemanfaatan Hutan Mangrove (Source by : EcoNusa) 

Jika impianku tercapai sampai ke Papua ingin rasanya aku mengeksplore lebih detail mulai dari destinasi wisata, kebudayaan, adat istiadat, kuliner dan suku asli sana. Oh, ya sekalian juga mau jalan-jalan ke hutannya agar melihat lebih dekat bagaimana kondisinya seperti hutan mangrove yang terletak di Papua Barat yang memberikan pemanfaatan sangat besar selain mencegah abrasi air laut juga ekosistem perikanan bagi masyarakat dengan memelihara kepiting bakau, kegunaan dari batang pohon mangrove dapat menjadi kayu bakar hingga tiang untuk pembangunan rumah. Bayangkan saja dari hutan mangrove saja sudah memberikan kesejahteraan hidup lebih baik bagi masyarakat setempat.

Hutan Mangrove Papua (Source by : EcoNusa) 

Demi terjaganya hutan kita dari kepentingan tak bertanggung jawab yang akhirnya merusak ekosistem hutan untuk itu EcoNusa ikut andil dalam pengelolaan hutan dan sekitarnya terutama di Papua dan Maluku dimana mempunyai visi penting yaitu pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan. EcoNusa selama ini melihat bahwa potensi besar hutan di Tanah Papua dan Maluku sebagai garda terakhir hutan yang ada di Indonesia bahkan dunia kemudian Papua maupun Maluku merupakan pusat masyarakat adat terbesar di Indonesia.

Suku Asli Papua (Source by : Teras.id)

Apa aku gak sekalian saja ya untuk join menjadi bagian dari foundation keren ini selain aku bisa auto liburan gratis keliling papua juga mendapatkan sebuah insight baru tentang dunia perhutanan dan sekitarnya itu seperti apa(Maafkan, kehaluan hakiki aku iniπŸ˜‚). Maklum saja secara aku typical orang yang rasa keingin tahunya sangat tinggi tapi yang bersifat ilmu pengetahuan atau wawasan baru. Hihi abaikan kecurcolan aku yang tadi ya kembali lagi ke bahasan Papua yuk!

Honai, rumah adat Papua (Source by : Detiktravel) 

Nyatanya benar banget bahas tentang si Papua gak ada habisnya karena ada saja hal yang bisa angkat mulai dari destinasi wisata hijau, kebudayaan, kuliner, suku asli dan sebagainya. Ya Allah, gak kebayang bagaimana serunya dengan pengalaman yang di dapat oleh salah satu temanku saat diutus menjadi Guru perintis selama setahun lalu di Papua. Tuhkan jadi pingin lagi hal seperti ini, hiks hiks

Sahabat, Papua itu bagian pulau Indonesia yang paling ujung nyatanya memberikan pemanfaatan luar biasa baik perekonomian masyarakat sekitar hingga pendapatan negara. Dan sudah sepatutnya sebagai warga negara indonesia yang baik untuk senantiasa memelihara dan menjaga kekayaan alam yang ada dengan tak merusak ekosistemnya demi kepentingan pribadi semata agar nantinya alam semesta ini tetap indah dan terjaga hingga anak cucu kita. Aamiin



Salam, 



Rismayani





























1 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.