5 Tips Dan Trik Dompet Aman Bikin Keluarga Nyaman Saat Pandemi


" Yank, menurut kamu di masa pandemi begini usaha apa ya yang prospeknya bagus juga menguntungkan gitu?" tanyaku pada suami. "Akupun lagi mikirin nih soalnya beberapa teman kerja pada jualan sejak pandemi ini. " Seperti itulah obrolan santai sepasang suami istri sambil menonton TV tentang update perkembangan si covid saat ini dimana belum kondusif juga. Hiks hiks
Pandemi yang menimpa kita selama 6 bulan terakhir ini ternyata berasa banget dampaknya terutama dalam hal financial keluarga menjadi kencangin ikat pinggang alias hemat untuk prioritaskan kebutuhan yang lebih penting macam kebutuhan hidup walaupun godaan promo-promo e-commerce begitu menggiurkan dan bawaannya jari auto gatal pingin check out, ayo siapa yang seperti ini juga?Toss deh sama aku πŸ˜‚πŸ˜‚

Dalam kondisi yang belum normal seperti ini mengajarkan kita untuk lebih berhemat tapi bukan berarti kita harus pelit ya terutama takut bersedekah bisa juga dengan membeli atau meluruskan produk UKM teman-teman kita karena secara tak langsung telah membantu perekonomian mereka tentunya InsyaAllah akan diganti oleh Allah dengan pahala berlipat2 ganda plus hiduppun semakin berkah.. Aamiin YRA ini hanya self reminder untuk selalu berbagi juga tolong menclong bagi yang membutuhkan. 





Bahagianya lagi di saat aku lagi butuh pencerahan bagaimana cara mengatur keuangan keluarga yang tepat di masa pandemi begini akhirnya terjawab sudah saat menyaksikan instagram live yang difasilitasi oleh Home Credit bertajuk Fun Talk dengan topik yang diangkat begitu menarik yaitu Dompet Aman, Keluarga Nyaman yang menghadirkan sosok inspiratif seorang financial planner muda dan kece Dipa Andika






Sharing session dipandu oleh Bernard yang pembawaannya ramai  ditambah mas dipa yang humble membuat suasana lebih seru. Mas Dipa memberikan beberapa tips dan trick bagaimana pengaturan uang dan mempersiapkan keuangan yang tepat di masa pandemi diantaranya :

1. Mempunyai Catatan Pengeluaran

Saat pandemi begini sudah seharusnya kita meminimalisir pengeluaran jangan sampai melebihi pendapatan alias besar pasak daripada tiang. Prioritaskan untuk kebutuhan yang lebih penting dan mendesak bagi keluarga, hilangkan kebiasaan boros atau belanja yang gak penting. 

2. Utang Sudah Dinolkan

Salah satu hal krusial di masa pandemi begini jangan ditambahin utangnya tapi kalau masih ada lebih baik ditahan dulu deh sampai lunas sehingga keuangan keluarga gak terbebani oleh utang yang menumpuk bikin hidup semakin sulit.

3. Menyiapkan Dana Darurat

Jauh sebelum pandemi terjadi kita telah prepare dana darurat dalam anggaran keuangan dan banyak orang sudah tahu dana darurat itu apa tapi gak pernah tahu kapan dana tersebut akan terpakai. Nah, moment seperti sekarang dana darurat sangat berguna untuk mencover kebutuhan hidup kita. 

4. Harus Tahu Neraca Keuangan

Ini point yang harus diketahui bagaimana neraca keuangan sebelum atau sesudah pandemi apakah ada perubahan atau gak?seandainya mengalami perubahan yang significan seperti pengeluaran malah menjadi dua kali lipat beda sebelum pandemi berarti harus ada menyusun anggaran baru yang lebih hemat. 

5. Menahan Diri Dan Merefleksikan Diri

Itu juga penting banget kalo kita banyakin menahan diri juga merefleksikan diri di masa pandemi begini kira-kira apa sih pengeluaran yang gak perlu dan lebih baik dialihkan untuk Investasi saja atau apapun yang lebih menguntungkan juga menjanjikan.



Antuasiasme penonton instagram live begitu besar saat menyimak pemaparan dari mas Dipa bahkan banyak juga yang menyodorkan pertanyaan seputar investasi saat pandemi, menurut mas Dipa sebelum ikut investasi kita harus mempunyai dana darurat sebagai langkah preventif jika terjadi sesuatu dan tentunya investasi menggunakan strategi sesuai dengan penghasilan kita. 

Event Fun Talk #AyoMajuBersama tak hanya sekedar sharing session maupun tanya jawab namun ditaburi kuis tebak harga berupa bagi-bagi voucher yang banyak banget, di sesi ini aku zonk soalnya tebakannya salah alias tidak mendekati. Huhu It's okay yang penting aku sudah dapat insight baru supaya dompet aman bikin keluarga nyaman dari mas Dipa. Jadi, tak sabar minggu depan untuk menyaksikan tema lainnya dari fun talk ini😍. Tetap semangat selalu ya, stay safe and healthyπŸ’ͺ











12 komentar:

  1. Setuju poin2nya kak, emang kita harus memenej keuangan keluarga untuk bisa selamat dari pandemi ini ya.

    BalasHapus
  2. 5 poin yang perlu diingat dalam hal keuangan. salah satunya poin 2 yaitu semua hutang harus di nolkan dulu ya ..., biar finance terlihat aman.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sih untuk utang ga ada, jadi saat pandemi gini ga mikirin lagi bayar utang, cuma fokus untuk keperluan keluarga aja.

    BalasHapus
  4. Bagus juga pelajaran onlinenya mbk apalgi di masa pandemi ini hrs bs atur keuangan. kl punya utang bingung bayarnya. Kalau mau investasi jg bingung modalnya.

    BalasHapus
  5. Tips terakhir nih yang sering kebobolan. Harus belajar skala prioritas lagi

    BalasHapus
  6. Tos dong kita, masa pandemi ini waktunya kita aware, terutama masalah finacial, yg perlu bangeut kita kontrol ya ka

    BalasHapus
  7. Hal simple kaya pencatatan pengeluaran tuh sering dilupakan. Padahal tanpa dicatat, resiko untuk boros tuh besar banget. Bagus nih tips-nya, kak :)

    BalasHapus
  8. Bagus ni tip-nya kak,hal yang simple memang sering di abaikan,cocok ni untuk saya yg masih suka boros πŸ˜‚

    BalasHapus
  9. Pengaturan finansial memang penting banget ya, Apalagi saat seperti ini jika kita sudah pandai mengatur keuangan insaallah bisa mengalokasikan dana dengan tepat.

    BalasHapus
  10. Huhu Dana darurat belum terpenuhi ni mba.. semoga secepatnya bisa Deb ternyata emang prioritas yaa

    BalasHapus
  11. Setuju banget sama poin mencatat pengeluaran, karena harus dijaga ya pengeluaran jangan sampai melebihi penghasilan alias harus hemat.

    BalasHapus
  12. Bagus banget ini tips tipsnya cuman bisa ga ya aku konsisten biar dompet aman terus hahah

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.