Selamat Hari Batik Nasional

Assalamualaikum guys, gimana kabarnya nih? Semoga baik-baik saja dan sehat selalu walaupun kondisinya masih pandemi. Oh, ya ada yang tahukah hari ini tanggal 2 Oktober itu sebagai peringatan nasional apa coba? Yups, benar banget, jadi hari ini peringatan hari batik nasional seperti kita ketahui bahwa batik itu bagian dari ciri khas kebudayaan nasional yang senantiasa harus kita jaga dan lestarikan. 

Dan lebih lucunya lagi yang mengingatkan kalau hari ini peringatan batik nasional itu suami aku, saat obrolan santai di malam harinya suami minta dipersiapkan baju batik buat kerja besok dalam rangka menyemarakkan hari batik nasional di tempat kerja padahal suami di bagian cook bukan front liner atau kasir namun tetap memakai dress code batik ini. Yah, bagus juga sih secara tidak langsung untuk melestarikan salah satu ciri khas bangsa kita.

Batik saat ini sudah memiliki banyak ragam tak hanya dalam corak pakaian seperti kemeja, dress, rok, tunik, daster saja tapi juga sudah melebar ke berbagai aksesoris mulai dari dasi, tas, topi, sepatu dan sebagainya. Ini artinya bahwa batik keberadaannya telah mendapat tempat istimewa di hati masyarakat kita. Dan tentunya ada kebanggaan tersendiri saat kita memakai apapun yang bercorak batik bisa turut serta melestarikan kebudayaan indonesia dengan cara sederhana yaitu menggunakan produk tersebut.

Jadi, Batik adalah kain indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. (wikipedia). Oh, ya UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya pada tanggal 2 Oktober 2009 selanjutnya setiap tahun pada tanggal 2 Oktober kita merayakannya sebagai Hari Batik Nasional. Melalui peringatan hari batik nasional setiap 2 Oktober ini harapannya semoga batik akan terus terjaga dan lestari keberadaannya sampai kapanpun menjadi bagian dari hasil karya indonesia tercinta. Selamat hari batik nasional, lestari dan bangga selalu memakai batik!


Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.