Solusi Mata Kering Tanpa Bikin Drama Atasi Dengan Insto Dry Eyes!

#SolusiMataKering #InstoDryEyes

Di sela-sela kesibukan mengajar TK, akupun mengisi waktu menjadi blogger tentunya aktivitas ini tak terlepas dari namanya perangkat gadget dan laptop, bisa dibilang perangkat elektonik inilah yang membantu aktivitas aku selama ini. Tak dipungkiri, bisa sampai berjam-jam buat screen time atau mengerjakan tulisan di laptop saking keasyikannya hingga lupa waktu berkutat dengan laporan sekolah maupun content video atau tulisan di blog. Terkadang saking lelahnya mata menatap layar gadget dan laptop terlalu lama terjadinya gejala mata seperti mata tegang, sakit kepala sampai mata kering. Kalau sudah merasakan gejala seperti itu tentunya akan sangat mengganggu aktivitas aku sehari-hari secara mata merupakan salah satu organ terpenting tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya agar mata kita senantiasa sehat. Rasanya perlu banget kita mengenali tentang gejala mata kering apa saja agar lebih aware lagi soal kesehatan mata ini.

◇ Apa saja gejala mata kering ?


Source image by : Dokpri

Sumpah deh mengalami namanya mata kering itu tidak enak banget sampai bikin aku gagal focus membuat konten seketika inspirasi buyar atau hilang sekejap. Makanya kalau mata aku sudah mulai kasih sinyal buat istirahat, langsung saja aku ambil obat ampuhnya yaitu teteskan INSTO DRY EYES yang ampuh untuk mengatasi mata kering. Selama ini umumnya gejala mata kering diantaranya mata sepet, mata perih, mata gatal, berpasir, nyeri, silau, dengan atau tanpa penglihatan yang kabur. Selain itu mata umumnya mudah merah dan sering mengeluarkan kotoran. Gejala lainnya pada mata juga didapatkan sekresi mukus yang berlebihan, kesulitan menggerakkan kelopak mata, dan adanya erosi kornea. Dan gejala lain mata kering seperti mata merah dan terasa panas, mata terasa cepat lelah, adanya lendir di dalam atau sekitar mata, hingga penglihatan yang semakin buram. Nah, ini perlu kamu banget harus diketahui mengenai gejala mata kering agar segera ditindaklanjuti saat kamu mengalaminya sebagai langkah penyembuhan.

○ Apa saja penyebab mata kering ?


Source image by : Canva

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mata tidak mendapatkan pelumasan yang baik dari air mata. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab mata kering yaitu :

πŸ”΅ Kurangnya produksi air mata


Source image by : Canva

Nyatanya faktor yang satu ini merupakan penyebab utama terjadinya mata kering. Ketika kelenjar air mata di mata tidak memproduksi air mata yang cukup, mata akan kekurangan kelembapan. Dan hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor penuaan, perubahan hormonal, atau kondisi medis tertentu seperti diabetes, rheumatoid arthritis, sindrom SjΓΆgren, lupus, atau gangguan tiroid.

πŸ”΅ Kualitas air mata yang buruk


Source image by : Canva

Air mata terdiri dari tiga lapisan: lapisan air, lapisan minyak dan lapisan lendir. Ketika salah satu lapisan ini tidak berfungsi dengan baik, seperti lapisan minyak yang diproduksi oleh kelenjar Meibomian di kelopak mata yang tidak mencukupi, maka air mata tidak dapat melapisi mata secara efektif. Seringkali hal ini terjadi pada kondisi seperti blepharitis, meibomian gland dysfunction (MGD), atau rosacea.

πŸ”΅ Lingkungan yang kering


Source image by : Canva

Faktor lingkungan ini perlu diperhatikan juga karena dapat memengaruhi kesehatan mata. Ini terjadi efek paparan jangka panjang terhadap lingkungan yang berdebu, berangin, atau ber-AC yang mana menyebabkan penguapan air mata yang lebih cepat, meningkatkan risiko mata kering. Apalagi untuk pekerjaan atau lingkungan yang membutuhkan fokus penglihatan yang intens, seperti penggunaan komputer, laptop, gadget atau perangkat elektronik lainnya dalam waktu yang lama, juga dapat mengurangi frekuensi kedipan sehingga menyebabkan mata kering.

πŸ”΅ Penggunaan obat-obatan tertentu


Source image by : Canva

Adapun beberapa obat-obatan perlu diperhatikan  sebagai penyebab mata kering seperti antihistamin, antidepresan, kontrasepsi oral, obat tekanan darah, dan obat-obatan tertentu untuk penyakit autoimun yang dapat mengurangi produksi air mata dan memicu mata kering.

πŸ”΅ Penggunaan lensa kontak


Source image by : Canva

Pemakaian lensa kontak dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu produksi air mata alami dan menyebabkan mata kering. Kontak lensa yang tidak sesuai atau tidak dirawat dengan baik juga dapat meningkatkan risiko iritasi dan ketidaknyamanan pada mata. Hal seperti ini penting banget untuk diketahui bahwa beberapa faktor penyebab mata kering dapat saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Jika mengalami gejala mata kering yang berkelanjutan atau mengganggu, segera berkonsultasi dengan dokter mata agar terdiagnosis secara dini penyebab yang mendasarinya dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

○ Apa saja bahaya mata kering ?


Source image by : Dokpri

Dalam hal ini kita tak hanya harus tahu gejala mata kering dan penyebabnya apa saja tapi harus tahu juga tentang kondisi mata yang apabipa dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan munculnya bahaya mata kering dan beberapa komplikasi, diantaranya berikut ini :

1. Infeksi mata 


Source image by : Canva

Allah SWT menciptakan manusia sesempurna mungkin lengkap dengan organ tubuhnya, contoh sederhana saja adanya air mata dimana memiliki manfaat luar biasa yaitu untuk melindungi permukaan mata dari infeksi, jika kandungan air mata yang dimiliki tidak cukup maka akan sangat mungkin memiliki peningkatan risiko infeksi mata.

2. Kerusakan pada permukaan mata


Source image by : Canva

Akibatnya begini jika terlalu menggampangkan mata kering hingga membiarkannya menjadi parah apabila tidak segera diobati nantinya akan menimbulkan peradangan, abrasi permukaan kornea, luka pada kornea, hingga kebutaan. 

3. Kualitas hidup menurun


Source image by : Lovepik

Hal semacam ini sering diabaikan begitu saja, namun kondisi mata sehat tidak akan membuat seseorang sulit dalam melihat dan sebaliknya bahaya mata kering adalah membuat orang sulit melakukan aktivitas harian, seperti membaca. Jadi, lama kelamaan dibiarkan bahaya mata kering ini akan membuat kualitas hidup menjadi menurun atau kurang produktif. 

🟒 Cara Mengatasi Mata Kering 


Source image by : Dokpri

Selama ini efek yang aku rasakan kelamaan menatap layar handphone dan laptop yaitu mata kering, tak terbayangkan bagaimana kurang nyamannya mata ini saat dalam kondisi tersebut seketika aktivitas diistirahatkan sejenak untuk menormalkan mata kembali. Oh, ya adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata kering agar cepat sembuh, dilansir dari berbagai sumber berikut : 

✅️ Meneteskan obat tetes mata


Source image by : Canva & Dokpri

Meneteskan obat tetes mata merupakan langkah awal yang dilakukan ketika mengalami gejala mata kering. Saat ini cairan tetes mata pun banyak dijual bebas di apotek tanpa perlu menggunakan resep dokter. Melansir Healthline, pilihlah obat tetes mata tanpa pengawet yang biasanya dikemas untuk penggunaan sekali pakai. Terlebih bagi kamu yang memiliki reaksi alergi terhadap bahan berpengawet jangan meneteskan obat mata lebih dari 4 kali sehari. Dan #SolusiMataKering bisa menggunakan Insto Dry Eyes dimana produk ini bermanfaat untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata, seperti saat berada di tempat yang dingin atau saat menatap layar terlalu lama.

✅️ Tingkatkan Asupan Vitamin A


Source image by : Jovee.id & Dokpri

Mata kering merupakan salah satu sinyal bahwa tubuh kekurangan vitamin A. Bahkan dalam kasus ekstrem, orang yang tidak tercukupi kebutuhan vitamin A-nya rentan mengalami kebutaan atau kerusakan kornea xerophthalmia. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, seperti telur, wortel, ikan tuna, ubi jalar, bayam, brokoli, kubis, dan paprika untuk meningkatkan kesehatan mata. Satu lagi, hindari diet terlalu ketat karena berisiko memicu mata kering dan mengurangi kemampuan penglihatan. 

✅️ Mengonsumsi Omega-3


Source image by : Lifepal & Dokpri

Berdasarkan penelitian yang ada bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak omega-3 dapat meringankan gejala mata kering. Lemak tersebut mampu mengurangi inflamasi dalam tubuh sehingga dapat mengatasi mata kering dengan mengurangi inflamasi pada mata dengan meningkatkan produksi dan kualitas air mata. Selain mengonsumsi suplemen, untuk mendapatkan manfaat omega-3 secara alami bisa dengan makan ikan salmon, tuna, sardin, makarel, walnuts, telur omega-3, minyak biji rami, minyak kelapa sawit, minyak kedelai, dan biji chia.

✅️ Minum yang cukup


Source image by : Canva & Dokpri

Point ini terkadang kita melupakan minum air putih saking keasyikan mengerjakan sesuatu padahal air merupakan elemen penting yang dibutuhkan organ tubuh untuk menjalankan fungsinya. Jika tubuh tak terhidrasi dengan baik, maka organ tubuh termasuk mata akan 'tersiksa'. Salah satunya mata kering yang terjadi diakibatkan tidak  tercukupinya air mata untuk melembapkan. Inilah alasannya mata kering kadang disertai pandangan yang kabur. Dengan minum air putih yang cukup akan membantu menghilangkan garam dalam tubuh serta melembapkan mata dengan baik untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan tegang pada mata. Cara lainnya untuk mencegah dehidrasi yakni mengurangi asupan garam, makanan berprotein tinggi, minuman berkafein dan alkohol.

✅️ Istirahatkan mata


Source image by : Canva & Freepik

Dan di point yang terakhir penting banget dilakukan yaitu dengan istirahatkan mata untuk sementara waktu mulai dari jauhi aktivitas yang melelahkan mata seperti membaca buku, membatasi penggunaan lensa kontak sampai menatap layar perangkat elektronik seperti gadget, televisi, laptop atau komputer. Dengan istirahatkan mata sejenak untuk mengembalikan kelembapannya. Faktanya beberapa orang yang bekerja di depan komputer mengalami keluhan seperti sakit kepala serta mata tegang. Selain itu, menatap komputer atau gadget terlalu lama seringkali mengurangi produksi air mata sehingga menyebabkan mata kering.

πŸ”·️ Mengapa harus Insto Dry Eyes?


Source image by : Canva & Dokpri

🟒 Insto Dry Eyes solusi mata kering mengandung bahan aktif yang bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering.
🟒 Insto Dry Eyes solusi mata kering mengandung bahan aktif yang dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.
🟒 Insto Dry Eyes solusi mata kering kemasannya tersedia dalam ukuran 7,5ml sehingga menjadi lebih simple dan praktis saat dibawa.

Dari dulu hingga sekarang untuk urusan mata kering, aku percayakan memakai Insto Dry Eyes sebagai solusi mata kering dimana #InstoDryEyes produk tetes mata ini bermanfaat untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata, seperti saat berada di tempat yang dingin atau saat menatap layar perangkat elektronik seperti gadget, komputer, laptop, televisi dan lainnya terlalu lama. Selain itu kemasan Insto Dry Eyes sebagai obat mata kering dengan ukuran mungil menjadi lebih simple dan praktis dibawa saat beraktivitas baik di dalam rumah maupun di luar rumah sehingga solusi mata kering terselesaikan tanpa drama. Pokoknya solusi mata kering mendera pakai Insto Dry Eyes saja, selamat mencoba!










Referensi :
● https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190906144530-255-428218/cara-mengatasi-mata-kering-agar-cepat-sembuh
● https://www.halodoc.com/kesehatan/mata-kering
● https://health.grid.id/amp/353558129/bahaya-yang-ditimbulkan-jika-mengalami-mata-kering-bisa-buta?page=all
● https://www.klinikmatanusantara.com/id/ketahui-lebih-lanjut/info-kesehatan-mata-dari-kmn-eyecare/artikel/mata-kering-gejala-penyebab-dan-pengobatan/

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.