Apresiasi Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun : Mensubmitkan Data Budaya Indonesia




Seperti kita ketahui bahwa setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Nah, tak terasa pada tahun ini sumpah pemuda sudah menginjak usia 89 tahun lho. Wah, jumlah angka yang sesepuh sekali ya guys. Hehehe



Di peringatan sumpah pemuda di hari sabtu kemarin saya mengapresiasinya dengan menghadiri acara sumpah pemuda masa kini dengan tema : "Ajak Presiden Dataton 1K Budaya Tradisi Nusantara" yang dipelopori oleh sobat budaya yaitu komunitas yang membawahi berbagai jenis budaya yang tersebar di indonesia.



Sobat budaya di peringatan sumpah pemuda kali ini mengajak muda mudi indonesia agar berpartisipasi dalam melestarikan budaya yang tersebar di indonesia yaitu cukup mensubmitkan data budaya di perpustakaan literasi digital.



Berdasarkan data yang tercatat di perpustakaan literasi digital ternyata ada sekitar 17000 pulau tersebar di indonesia dengan 1200 suku bangsa indonesia. Selain itu ada 60 jenis kuliner untuk makanan sate, itu baru jenis sate saja belum termasuk kuliner yang lainnya seperti sambal, soto, kue dan lain-lain



Oh, ya ternyata dari tujuan submit data budaya di perpustakaan literasi digital yaitu :

1. Sebagai sumber informasi bagi masyarakat luas
2. Sebagai perlindungan untuk menghindari claim dari negara lain dan melestarikan budaya agar tidak punah
3. Sebagai bahan penelitian dan
4. Inovasi yang sebanyak-banyaknya dan tak terbatas.

Acara juga diisi dengan testimoni dari berbagai komunitas seperti putra-putri batik, sobat budaya perwakilan banten juga acrobatik, budaya sastra, beasiswa seni 



Menariknya lagi ada testimoni beasiswa seni budaya dari para alumninya yaitu Pratama budi nugraha, fadli dan setyaka dari perwakilan dari negara rusia yang 
bekerja di makassar.

Beasiswa seni budaya setiap setahun sekali memberikan beasiswa kepada 50 orang dari beberapa negara salah satunya indonesia tercinta dan untuk lebih lengkapnya bisa dicek pada website kemenlu. Adapun yang berhak menerima beasiswa ini mulai dari usia 21-30 tahun.

Beasiswa seni budaya sudah dimulai sekitar tahun 2003 lalu telah diikuti hampir 78 negara dari berbagai belahan dunia dan baru-baru ini dari negara mexico. Jadi disini, para pelajar mempelajari berbagai jenis tarian, budaya, musik bahkan cara membatik selama kurun waktu 3-4 bulan. 

Di acara ini panitia sengaja menyediakan banyak laptop untuk mempersilakan para sobat budaya maupun undangan yang hadir dari berbagai komunitas untuk mensubmit data budaya hingga mencapai angka 1k pada jam 19.00 malam nanti.



Alhamdulillah, akhirnya tepat pukul 19.00 Wib Dataton budaya menginjak angka 1k dengan melalui suatu perjuangan yang tak sia-sia para sobat budaya karena dimulai dari pukul 00.00 Wib tgl 28 Oktober 2017 sampai pukul 19.00 Wib di hari yang sama juga.

Setelah itu pemberian hadiah atas apresiasi kepada sobat budaya yang telah berpartisipasi paling aktif dalam submit data budaya di peringatan sumpah pemuda 2017. Selanjutnya acara diakhiri dengan pembacaan ikrar sumpah pemuda sobat budaya.



Rencananya sobat budaya menargetkan ingin mensubmitkan data budaya hingga angka 1 juta dari berbagai kebudayaan indonesia. Makanya peran serta semua pihak dibutuhkan untuk mencapai angka tersebut, selama ada kemauan juga semangat yang kuat pasti bisa deh.



Jika kamu ingin ingin lebih tahu informasi tentang berbagai budaya di indonesia dan sekalian submit data budaya yang kamu ketahui selama ini silakan kunjungi di www.budaya-indonesia.org.

Itulah cerita saya dibalik peringatan sumpah pemuda masa kini dengan mengapresiasinya dengan sesuatu yang berbeda namun demi kemajuan bangsa dan negara. Terima kasih telah singgah ke blog saya. Sampai jumpa di coretan cerita saya selanjutnya. Bye... Bye...

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.