Tips Aman Dan Praktis Penggunaan Internet Banking Di Era Milenial


Selama ini kemudahan apa saja yang kamu rasakan di era milenial seperti sekarang? Pastinya bukan hanya soal mengakses dengan mudah dan praktis berbagai informasi penting dan bermanfaat di internet bahkan bisa melakukan transaksi pembayaran apapun seperti pembelian pulsa, pembelian barang online shop, pembayaran kartu kredit sampai listrik dan sebagainya. Bayangkan saja tak terbatas waktu dan tempat keberadaan internet banking bisa menyelesaikan berbagai transaksi pembayaran dalam hitungan menit saja lho. Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang internet banking, ada baiknya berkenalan dulu dengan salah satu kemajuan digital yang satu ini.

Apakah itu Internet Banking ?


Jadi, Internet Banking yang dalam bahasa inggrisnya juga dikenal dengan istilah E-Banking ini adalah suatu kegiatan yang melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanang atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 tentang 7722 Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum. (Sumber: Wikipedia)

Bisa dibilang saat ini semua bank sudah memfasilitasi konsumennya dengan internet banking dan tentunya dengan keamanan lebih terjamin apalagi yang menyangkut data pribadi sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi sang konsumen dari bank tersebut. 

Oh, yaa internet banking telah diperkenalkan pada konsumen perbankan sejak beberapa tahun ini. Dan Bank apa saja yang sudah memfasilitasi internet banking mulai dari bank besar baik BUMN atau swasta Indonesia diantaranya BCA, Bank Mandiri, BNI, Danamon, Permata Bank, BII, CIMB, BJB dan sebagainya.

Layanan Apa Saja Dari Internet Banking ?


Sebagai layanan keunggulan demi memanjakan konsumen perbankan dalam memudahkan berbagai transaksi pembayaran. Pihak bank memberikan layanan dari internet banking mulai dari :

1. Fasilitas Transfer Dana

Source Image By : www.fayfazz.com

Dimana nasabah bisa melakukan transfer dana baik antar rekening bank bersangkutan maupun antar bank bahkan dengan fitur transfer yang sebelumnya telah terjadwal. 

2. Informasi Rekening 

Source Image By : BLANJA.COM

Dalam hal ini nasabah bank bisa mengetahui posisi saldo, histori transaksi mapun daftar rekening seperti rekening giro, tabungan terencana, deposito dan sebagainya. 

3. Informasi Nilai Tukar

Kamupun bisa mengetahui naik atau turunnya nilai tukar mata uang rupiah secara up to date terhadap mata uang lainnya seperti dolar, foundsterling, real, yen dan sebagainya.

4.  Pembayaran Tagihan 

Layanan satu ini selalu dinanti dan mempermudah transaksi pembayaran seperti rekening telepon, rekening listrik, asuransi, tagihan kartu kredit dan sebagainya.

5.  Transaksi Pembelian

Kamupun bisa melakukan berbagai transaksi pembelian seperti pulsa ponsel, tiket pesawat, e-commerse, saham dan sebagainya.
Setelah melihat berbagai layanan atau fitur dari internet banking ini, konsumen perbankan atau nasabah tak perlu lagi harus repot-repot keluar rumah atau kantor saat ingin melakukan transaksi pembayaran dan pembelian yang diinginkan. 

Apa Saja Manfaat Dari Internet Banking :




Setelah kita membahas tentang layanan dari internet banking. Kamu tentunya pingin tahu secara detail dong manfaat apa saja yang diperoleh dari para konsumen perbankan ini yaitu berikut ini :

1. Tak perlu repot keluar rumah pergi ke bank atau atm untuk melakukan transaksi kecuali tarik tunai. 
2. Dapat melakukan transaksi dengan cepat dan mudah cukup menggunakan jaringan internet.
3. Dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja selama terhubung jaringan internet yang baik dan lancar.
4. Mengetahui berbagai jenis program baru yang ditawarkan oleh bank.
5. Bebas antrian selama nasabah mempunyai  sarana pendukung untuk melakukan internet banking tersebut. 

Selain mempunyai manfaat yang banyak bagi keseharian konsumen perbankan ternyata internet banking mempunyai beberapa kelemahan yang setiap waktu harus diantisipasi untuk menghindari hal-hal tak diinginkan yakni : 

1. Rawan  Pembobolan

Source Image By : merdeka.com
Inilah yang sering menjadi perhatian banyak pihak yaitu saat dana nasabah sering dibobol orang tak dikenal. Dana yang hilang sering tidak dapat dikembalikan kemudian nasabah menderita kerugian. Pihak bank sering beranggapan lalai dan tidak menyimpan PIN akses ke e-bankingnya dengan baik.

2. Kurang Privacy

Source Image By : pusatgrafis.com

Karyawan bank bisa mengetahui tentang data nasabah dan dana yang tersimpan karena banyak dari mereka memiliki akses tersebut.

3. Tergantung Internet

Source Image By : broketel.ca

Tidak mungkin melakukan suatu transaksi internet banking di kawasan yang jaringan internetnya belum ada. Jaringan internet yang diharapkan  juga lebih kencang kecepatannya, kalau tidak internet banking akan mengalami gagal transaksi.

4. Target Dari Cybercrime

Source Image By : joneshacker.com

Layanan internet banking salah satu target kejahatan cyber yang sulit dibuktikan, terutama di Indonesia. Kejahatan cyber ini banyak mengambil korban tetapi masih belum menjadi prioritas dari pemerintah, termasuk bentuk payung hukum yang melindungi nasabah.

Beberapa dari kelemahan internet banking membuat kita semakin hati-hati atau waspada terutama menghadapi namanya target dari cybercrime. Sedih rasanya tiba-tiba saldo rekening berkurang atau hilang akibat perbuatan oknum tak bertanggung jawab, sehingga kamu perlu banget memperhatikan tips aman dan praktis menggunakan internet banking di era milenial seperti berikut ini :

1.  Ancaman Phising

Phising adalah usaha untuk mendapatkan suatu informasi penting dan rahasia secara tidak sah seperti user ID, password, PIN, informasi rekening tabungan bank, informasi kredit, atau informasi rahasia lainnya untuk tujuan mendapatkan keuntungan pribadi secara tidak sah. Cara paling gampang mengantisipasi phising adalah dengan tidak mengklik link pada pesan email yang tidak dikenal, hanya mengetik data rahasia pada website yang aman dan secara berkala mengecek akun bank kamu dan segera melaporkan apapun mencurigakan kepada bank kamu.

2. Pastikan Semua Data Perbankan Tidak Diketahui Oleh Orang Lain Termasuk Petugas Kasir.

Jika ada link yang terlihat mencurigakan dan berhubungan dengan data keuangan masuk ke mail box kamu, lebih baik abaikan saja walau seolah-olah tampak benar-benar otentik. Dianjurkan untuk cek email tersebut ke cabang bank di mana kamu memiliki rekening. Pastikan bahwa kamu tahu semua aturan dan peraturan yang ada di bank terkait keamanan data nasabah.

3. Ubah Password Kamu Secara Berkala

Mengubah password rekening secara berkala penting untuk dilakukan, misalnya 3-6 bulan sekali jika transaksi kamu sering dilakukan. Kombinasi password dalam bentuk karakter campuran lebih aman kamu lakukan dan biasanya password terdiri dari 6 karakter. Cobalah juga menghindari transaksi perbankan melalui jaringan Wi-Fi umum tanpa proteksi keamanan. Sangat dianjurkan menggunakan komputer pribadi lebih jelas dan aman. Pengaturan komputer yang baik dapat menghindarkan kamu dari bahaya hacker dan pelaku kejahatan cyber lain.

4. Pastikan Transaksi Dengan Web Terkunci Dengan Aman

Pertama-tama, pastikan bahwa kamu menggunakan situa otentik sebelum memasukkan informasi pribadi pada website internet banking. Cara ceknya mudah, yaitu dengan melihat tampilan web tersebut harus ada logo ikon kunci gembok tertutup. Hal ini akan menjaga informasi pribadi dan password aman dari gangguan cyber crime. Saat ini banyak mode duplikasi website untuk mencuri data nasabah bank sehingga dari ketidaktahuan sederhana ini dapat membuat anda tertipu dan memasukkan data ke web palsu tersebut.

5. Menginformasikan Bank kamu segera Jika Terjadi Kondisi Darurat

Banyak cara yang digunakan hacker dalam upaya mencuri dana nasabah bank selain teknik mencuri data melalui email mereka biasa bermain dengan ATM, mengingat mesin ATM stand by selama 24 jam. Jika kamu mengalami kondisi darurat saat menggunakan mesin ATM, misalnya ATM tertelan mesin, atau kamu salah beberapa kali memasukkan kode pin atau mungkin juga pin kamu salah walau sudah yakin pin tersebut benar, maka segera hubungi call center bank tersebut.

6. Kontak Bank Jika Merasa Ada Unsur Penipuan Transaksi Melalui Internet Banking

Jika merasa telah memberikan detil data pribadi kamu melalui internet banking, dan ternyata merasa transaksi tersebut ada unsur penipuan dengan cara apapun, segera informasikan hal tersebut ke bank jangan lupa untuk mengubah password kamu.

7. Pastikan Keluar Dari Browser Internet Banking Melalui Cara Yang Benar

Jika sudah log in ke rekening bank, jangan pernah keluar tanpa melalui proses klik log out. Seringkali pengguna keluar dengan cara klik silang langsung di pojok kanan atas. Hal tersebut sangat salah, sebab sistem browser bisa saja masih membaca kamu masih posisi log on sehingga rekap transaksi masih terekam dalam cache dan history browser, dan ini membuat data kamu mudah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

8.  Pastikan Transaksi Internet Banking Dari Smartphone Yang Benar

Jika kamu adalah orang yang selalu bepergian dan tidak punya waktu untuk mengunjungi bank, smartphone adalah perangkat ideal untuk membantu transaksi anda. Ponsel pintar juga dianggap solusi aman jika sulit bertransaksi di ATM pusat-pusat perbelanjaan atau di tempat-tempat umum, jangan sekali-sekali menunjukkan data pribadi kamu di smartphone kepada orang lain.

9. Manfaatkan Fitur Pengaman Smartphone

Kebanyakan aplikasi mobile banking saat ini sudah dilengkapi dan bekerja sama dengan perbankan untuk mengamankan data dan transaksi nasabahnya. Tanyakan fitur pengaman tersebut kepada vendor resmi smartphone dan juga pastikan ke bank tempat kamu menyimpan dana, bahwa smartphone kamu sudah terintegrasi dengan software pendukung sistem keamanan transaksi internet banking. Jika kamu kehilangan ponsel  pintar atau jika seseorang telah mencurinya, segeralah menginformasikan ke vendor smartphone untuk memblokir nomor kamu.

10. Perbarui Perlindungan Anti Virus Secara Benar

Pastikan kamu memperbarui perlindungan antivirus secara teratur baik pada komputer maupun smartphone kemudian hubungkan komputer atau smartphone dan antivirus, atau penyedia layanan internet untuk memastikan kamu memiliki updatr sistem keamanan terbaru. Hal ini akan membantu kamu tetap aman dan nyaman dalam internet banking. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir  untuk mengakses rekening bank melalui jaringan internet.

Nah dari beberapa tips di atas setidaknya kita dapat gambaran maupun manfaat besar mengenai tips yang praktis juga aman ketika menggunakan internet banking.  Semoga bisa menjadi konsumen perbankan yang lebih bijak dan baik dalam penggunaan internet banking dan pastinya artikel ini bisa bermanfaat. 


Referensi : http://www.halomoney.co.id
                    http://www.cermati.com
                    Wikipedia

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.