Tips Bijak Memilih Asuransi Yang Tepat Dan Aman

Source : TMLI

Assalamualaikum guys, 

Mengulik tentang asuransi bisa dibilang hal yang tak pernah ada habisnya dan selalu menarik untuk dibahas, apalagi kondisi pandemi begini keberadaan asuransi atau investasi lainnya nyatanya begitu penting sebagai langkah preventif dalam mencover finansial kita yang mungkin goyah efek pandemi yang entah belum tahu kapan akan berakhirnya. Hiks hiks

Alhamdulillahnya, di rabu sore ini berasa happy plus berfaedah banget deh di sela-sela menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit berkesempatan mengikuti webinar dengan tema menarik yaitu Bijak Memilih Asuransi yang Tepat dan Aman dimana akan membahas secara detail tentang asuransi dengan menghadirkan beberapa pembicara inspiratif diantaranya :

1. Adrian Maulana - Senior Vice President Schroders Indonesia
2. Tri Djoko Santoso, Ketua Financial Planning Standards Board Indonesia
3. Muhammad Irsan, Head of Agency Training & Manpower Development Tokio Marine Life Insurance Indonesia

Yuk, sebelum kita mengulik lebih jauh tentang asuransi dan manfaatnya seperti apa. Ada baiknya kita berkenalan lebih dekat dengan Tokio Marine Life Insurance Indonesia yang berdiri sejak tahun 1879 sebagai kelompok perusahaan asuransi asuransi tertua di Jepang, Tokio Marine Group terus mengembangkan bisnisnya secara global dari bisnis asuransi jiwa dan asuransi internasional hingga bertumbuh dan tersebar di 38 negara. 

Oh, ya pada tahun 2012 lalu Tokio Marine Group hadir di Indonesia sebagai hasil kombinasi keahlian grup dan kebutuhan akan produk serta layanan asuransi jiwa melalui PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia dimana menyediakan beragam produk asuransi jiwa mulai dari unit-linked, tradisional dan syariah termasuk di dalamnya produk-produk asuransi kesehatan, perencanaan keuangan, jaminan pensiun hingga perencanaan pendidikan yang dipasarkan melalui jalur agensi dan distributif alternatif. Perlu diketahui nih guys bahwa sampai dengan maret 2021, TMLI telah memiliki 9 kantor pemasaran di 9 kota yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan berekspansi ke kota-kota lainnya di Indonesia. Wah, semoga langkah ekspansinya berjalan lancar jaya ya. Aamiin



Selama ini kita tahu bahwa tingkat literasi  asuransi di masyarakat masih belum memadai sehingga munculnya berbagai keluhan atau masalah tentang produk asuransi terkait dengan investasi sehingga perlu banget Tokio Marine Life Insurance Indonesia mensosialisasikan melalui seminar virtual atau webinar yang tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih memahami produk dan perusahaan asuransi yang kredibel dan bereputasi demi menghindari berbagai permasalahan terkait asuransi di kemudian hari. 

Dalam kesempatan tersebut, pak Muhammad Irsan memaparkan bahwa berbagai keluhan pemegang polis yang muncul di media sosial dan terjadi di tengah situasi pandemi covid-19 dengan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia yang rendah menunjukkan perlunya semua pihak di industri ini untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memahami fungsi asuransi jiwa sebagai sarana perlindungan dan perencanaan keuangan keluarga masa depan.

Kata beliau "Perusahaan asuransi sudah seharusnya memastikan bahwa para tenaga pemasarnya telah tersertifikasi dan memiliki pengetahuan produk yang baik sehingga mampu memasarkan seluruh produk yang dijual sesuai aturan yang berlaku, di TMLI mempunyai progran pelatihan berkala untuk para tenaga pemasar bahkan secara khusus mengundang trainer profesional untuk memberikan program pelatihan yang komprehensif sebagai bekal para tenaga pemasar kami agar mereka dapat menjual produk dengan cara yang benar."



Sedangkan dari kacamata pak Tri Djoko Santoso menuturkan bahwa polis asuransi jiwa fungsi utamanya adalah proteksi keuangan secara menyeluruh yaitu melindungi keuangan keluarga karena hilang atau berkurangnya penghasilan (income protection) dan kekayaan (wealth protection) seorang pencari nafkah atau pemilik kekayaan karena sebab meninggal, kecelakaan, sakit dan cacat." Dalam perencanaan keuangan, polis asuransj  jiwa memiliki peran sangat penting bagi keluarga dari sejak mulai bekerja, menikah, memiliki anak sampai meninggal (warisan)." ujarnya. Karena itu, polis asuransi jiwa dikemas dalam bentuk premi proteksi saja dan proteksi + nilai tunai (tabungan atau investasi) untuk tujuan dan manfaat keuangan berbeda.


Dan yang terakhir pemaparan dari mas Adrian Maulana yang begitu menarik soal berinvestasi yang aman dan nyaman itu bagaimana, di sini calon investor atau pemegang polis harus lebih dahulu mengenal produk investasi juga profil risiko dari nasabah seperti apa. Menurut beliau "sebabnya, tingkat risiko dari setiap jenis instrumen investasi itu berbeda-beda dan disesuaikan dengan profil nasabah. Di sisi lain, peran perusahaan asuransi juga perlu memberikan edukasi kepada calon investor atau pemegang polis, karena mereka mempunyai hak untuk berinvestasi sesuai dengan profil risikonya. Jadi, kedua unsur ini sangat penting agar tidak muncul dispute di kemudian hari." ungkap mas Adrian. Beliau menambahkan juga saat pembelian produk asuransi yang terhubung investasi, nasabah berhak menentukan pilihan investasi dan sebaiknya memilih instrumen investasi dengan hati-hati sesuai dengan profil risiko nasabah. Wah, note banget nih tips dari mas Adrian. 

Oh, ya pak Irsan memberikan beberapa tips atau panduan  untuk calon nasabah dalam memilih produk dan perusahaan asuransi diantaranya sebagai berikut :

1. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki proses pemantauan kepatuhan terhadap peraturan ketat, memiliki tata kelola perusahaan yang baik dan dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan asuransi yang terpercaya mampu memberikan informasi yang transparan dan mudah diakses.

2. Pastikan tenaga pemasar terdaftar dan memiliki sertifikasi keagenan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pastikan juga telah mendapatkan penjelasan dengan lengkap dari tenaga pemasar dan nasabah telah memahami produk asuransi jiwa yang akan dibeli. 

3. Tak lupa nasabah untuk memanfaatkan waktu untuk mempelajari polis asuransi jiwa dengan baik pada masa mempelajari polis asuransi (free look period).

Kondisi pandemi begini, perusahaan asuransi jiwa hadir merealisasikan janji perlindungan terhadap beragam risiko kehidupan bahkan jumlah klaim yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi jiwa totalnya mencapai 151, 1 triliun sepanjang tahun 2020. Dan di sisi positif pandemi mendoring perusahaan asuransi untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan kemajuan digital seperti penjualan polis yang sudah bisa dilakukan secara online sehingga lebih mudah juga praktis. 

Untuk itu Tokio Marine Life Insurance Indonesia berinovasi melakukan pengembangan aplikasi Activity Management System (AMS) untuk penjualan Non Face to Face (NF2F) tujuannya tak lain untuk menjadikan para tenaga pemasar sebagai perantara Tokio Marine Life Insurance Indonesia dalam membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan asuransi secara online tanpa risiko tertular covid-19.

Harapannya dengan aplikasi AMS NF2F para tenaga pemasar tetap semangat untuk mencapai target dan tentunya para calon nasabah tetap merasa lebih aman juga nyaman berinteraksi dengan agennya walaupun kondisinya masih pandemi. Dan Tokio Marine Life Insurance Indonesia secara rutin memberikan literasi finansial kepada masyarakat seperti dalam bentuk webinar ini dengan mengundang rekan media dan blogger tujuannya agar mensosialisasikan juga mengedukasi tentang pemahaman asuransi atau investasi lainnya yang bijak juga aman ke masyarakat luas. Kira-kira dari sharing aku tadi sudah dapat insight baru juga bagaimana cara memilih asuransi yang tepat? Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu ♥



Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.