Tips Praktis Dalam Memilih Apartemen


Sebelum menikah beberapa tahun lalu, aku kepikiran banget bisa mempunyai suami yang memiliki rumah sendiri jadinya kita tak harus numpang sama orang tua atau mertua supaya rumah tangga lebih mandiri. Alhamdulillahnya aku menikah dengan pria yang ternyata sudah punya rumah sendiri walaupun masih kredit tetap harus disyukuri secara harga rumah dari tahun ke tahun semakin naik. Saat ini rumah milik suami itu belum kami tempati karena lokasinya yang jauh dari tempat aktivitas kerja aku dan suami di jakarta sedangkan rumah tersebut di Bojong Gede. Setidaknya seminggu atau sebulan sekali kami luangkan untuk menengok rumah tersebut sekalian refreshing otak deh tapi sejak pandemi ini kami belum sempatkan pergi ke sana karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Saat ini rumah di Bojong tidak ditempati namun kami menganggap untuk investasi, palingan sekitar 5 tahun lagi angsurannya selesai nanti kami pikirkan kembali enaknya gimana ya apakah rumah tersebut ditempati atau dijual saja? Apalagi harga angsuran rumahnya sangat terjangkau banget sekitaran di 800 ribu rupiah dan sifatnya flat (tetap) jadi gak berpengaruh dengan Suku Bunga Indonesia (SBI) yang ada. Di masa pandemi kita harus lebih pintar dan bijaksana untuk mengelola keuangan jangan sampai bikin boncos kantong. Tak ada salahnya juga kita menyisihkan penghasilan untuk investasi masa depan yang banyak jenisnya seperti asuransi, emas LM (Logam Mulia), rumah, bahkan apartemen. Ini sebagai preventif kalau keuangan kita tiba-tiba goyah sedangkan hidup harus terus berlanjut.

Oh, ya bicara soal apartemen sempat juga kepikiran untuk bisa memilikinya sebagai tempat persinggahan sejenak sekaligus  investasi apalagi adik iparku kebetulan tinggalnya di apartemen sejak menikah terus punya anak 1 hingga sekarang masih betah dan enjoy saja. Semua tergantung kita beradaptasinya gimana apalagi tinggal di apartemen privasinya kita lebih terjaga dibandingkan tinggal di perkampungan atau perumahan walaupun ada segelintir orang yang berpersepsi negatif tentang kehidupan di apartemen tapi semua itu balik ke pribadi masing-masing ya menyikapinya seperti apa. Dalam memilih apartemen harus lebih teliti dan bijak, berikut ini tips membeli apartemen :

1. Perhatikan Lokasi

Saat membeli properti seperti rumah dan apartemen penting banget kita memperhatikan lokasinya yang strategis mudah diakses fasilitas umum atau fasilitas sosial seperti jalan tol, rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Selain itu lokasinya harus aman dari kejahatan, bebas banjir tentunya yang sehat dan asri sehingga dapat menciptakan kenyamanan juga keamanan bagi penghuninya.

2. Tentukan Model Apartemen

Salah satu hal penting dalam memilih apartemen agar sesuai dengan keinginan kita dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini yaitu jenis bangunannya, desain apartemen, fasilitas internal yang disediakan, ukuran dan luas unit apartemen sehingga kita merasa puas dengan pilihan unit apartemen.

3. Perbandingan Harga

Ada baiknya sebelum memutuskan membeli apartemen, sesuaikan dengan budget dan harga apartemen yang akan kita beli. Cari dahulu perbandingan harga dengan apartemen lainnya melalui situs online atau review/ulasan online yang ada, kalau perlu datangi langsung supaya melihat dan mendapat gambaran sendiri dari apartemen satu dengan apartemen lainnya seperti lokasi dan fasilitas yang disediakan. 


Dari penjelasan diatas sudah dapat gambaran dong kira-kira apartemen apa yang akan disewa ataupun dibeli nanti. Seandainya kamu masih bingung dan galau mau menyewa atau membeli apartemen di mana, nah kebetulan banget aku punya rekomendasi jual sewa apartemen dengan budget yang sesuai dengan kantong bisa banget kamu kepoin di Apartemen123 yang menyediakan unit apartemen lengkap dengan fasilitas internalnya maupun lokasi strategis dekat dengan berbagai fasilitas sosial maupun fasilitas umum tentunya dalam hal keamanan dan kenyamanannya terjamin lho.


Jadi tak sabar pingin punya apartemen juga kan lumayan banget selain bisa ditempati sekalian buat investasi, buat persiapan masa depan bersama keluarga jadi punya persiapan cadangan keuangan kalau-kalau ada kebutuhan yang sangat urgent atau darurat. Ayok semangat kerja keras guys supaya kebeli 1 unit apartemen, selalu percaya dan optimis bahwa berawal dari mimpi akan jadi realiti selama mau berusaha juga berdoa. Sampai jumpa lagi, stay safe and healthy!





1 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.