Tips Sehat Berpuasa Di Bulan Ramadan


Menjalani ibadah puasa Ramadan bukan menjadi halangan untuk kita tetap beraktivitas atau produktif seperti biasa tanpa mengeluh karena lemas atau lapar mendera namun ini semua menjadi tantangan tersendiri memacu kita supaya semangat melakukannya, bisa dibilang awal-awal puasa bawaannya mager banget apalagi selesai sahur lanjut sholat subuh enaknya tidur mungkin efek perut sudah kenyang jadi bawaannya mengantuk deh. Menjalankan rukun islam yang keempat merupakan kewajiban seorang muslim yang sudah memenuhi syariat sesuai agama islam dengan menahan diri dari makan, minum dan aktivitas lainnya selama bulan suci Ramadan.

Banyak faedah yang didapatkan saat menjalankan puasa ramadan salah satunya untuk kesehatan kita, tentunya kita harus memperhatikan hal-hal berikut agar tubuh tetap sehat juga bugar saat menjalankan puasa. Apa saja tips berpuasa di bulan ramadan yang bisa kita lakukan diantaranya :

1. Konsumsi makanan bernutrisi saat sahur




Hal penting yang harus diperhatikan sebelum menjalankan ibadah puasa di esok hari yaitu jangan lupa untuk sahur, karena sahur merupakan bekal untuk tubuh selama kita berpuasa dan dari sahur kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar puasa berjalan lancar tentunya makan sahur yang cukup dan tidak berlebihan juga. 

Pastikan untuk tidak melewatkan sahur karena jika sampai melewatkannya akan membuat kita jadi cepat lapar, dehidrasi, bau mulut, mudah lelah, hingga masalah pencernaan. Jadi, betapa pentingnya sahur bagi kesehatan tubuh kita juga kelancaran ibadah puasa ramadan.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh




Salah satu hal yang sering dirasakan saat berpuasa yaitu dehidrasi, ini terjadi karena kurangnya asupan cairan saat berpuasa makanya perlu banget menerapkan aturan 2-4-2. Aturan ini maksudnya yaitu minum dua gelas air putih saat berbuka puasa, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Dengan selalu menerapkan aturan 2-4-2 saat berpuasa, maka kebutuhan cairanpun terpenuhi secara baik.

3. Istirahat saat merasa lelah




Hal yang satu ini sering dialami saat menjalani puasa ramadan yaitu mudah mengantuk dan lelah ketika kita menahan rasa lapar dan haus. Bisa dihilangkan dengan beristirahat sejenak dari aktivitas yang sedang dilakukan. Luangkan waktu setidaknya selama 5 hingga 10 menit untuk beristirahat sejenak misalnya di waktu kosong atau istirahat kerja untuk mengembalikan stamina kamu agar tetap fit saat berpuasa. 

4. Tetap aktif berolahraga saat puasa




Menjalankan ibadah puasa jangan dijadikan sebuah alasan untuk tidak berolahraga karena dengan berolahraga dapat bermanfaat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat puasa. Berolahraga selama puasa cukup selama 60 menit saja bisa dilakukan sebelum berbuka atau setelah sholat tarawih karena di waktu tersebut bisa segera menggantikan kekurangan cairan tubuh membuat tubuh menjadi lebih bugar.

5. Mengatur pola makan




Dalam menjalankan ibadah puasa perlu banget mengatur pola makan agar puasa berjalan lancar, adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sahur dan berbuka puasa sebagai berikut :

 ● Berbukalah secara perlahan, dengan makan berlebihan saat berbuka bisa mengganggu metabolisme tubuh dan membuat kita cepat mengantuk. Tentunya kondisi ini akan mengganggu aktivitas harian.


● Awali waktu berbuka dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti buah kurma, sup, kolak, atau makanan pembuka lainnya. Setelah itu, bisa mengonsumsi makanan utama.


● Prioritaskan pilihan makanan sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka. Sebisa mungkin batasi asupan gula, garam, kafein, gorengan, makanan berlemak, dan makanan yang bisa mengganggu kelancaran puasa.


● Kita juga perlu membagi pola makan. Saat malam hari, dianjurkan untuk membagi pola makan menjadi tiga waktu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, yaitu saat berbuka, setelah salat tarawih, dan sahur. 


6. Pilih makanan yang sehat




Timbulnya rasa lapar dan haus dapat memicu kita untuk memanjakan perut dengan makanan apapun sehingga sering kali tidak memerhatikan lagi makanan dan minuman yang dikonsumsi sehat atau tidak untuk tubuh kita. Padahal dari makanan  yang tidak sehat seperti makanan olahan, tinggi garam, gula, dan lemak tidak sehat membuat kita menjadi cepat lapar dan cepat haus. Nah, berikut ini beberapa pilihan makanan sehat yang  direkomendasikan selama puasa diantaranya 

✅️ Cobalah mengonsumsi segenggam kacang panggang.
✅️ Pilih makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh.
✅️ Rutin mengonsumsi sayuran dan buah segar setiap waktu makan. 
✅️ Konsumsi makanan yang dipanggang atau dikukus daripada yang digoreng. 
✅️ Konsumsi makanan penutup berbuka puasa dalam porsi kecil. Jika menyukai rasa manis, sebaiknya pilih buah atau kurma.


7. Kualitas tidur yang cukup




Tips terakhir yang bisa dilakukan yaitu memperhatikan pola tidur dimana saat berpuasa pola tidur ikut berubah sehingga kita perlu mengatur waktu tidur agar kebutuhan tidur tetap tercukupi. Misalnya, dengan tidur dan bangun pada jam yang sama untuk mengatur siklus sirkadian tubuh secara alami sehingga tubuh kita tetap fit dalam kondisi berpuasa.

Seperti di awal kalimat aku bilang bahwa puasa itu jangan dijadikan sebuah halangan atau alasan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa yang penting kamu memperhatikan beberapa hal agar ibadah puasa kita berjalan lancar hingga akhir ramadan nanti. Aamiin YRA 🤲

Nah, seperti itulah tips berpuasa di bulan ramadan yang bisa kamu praktikkan Insya Allah bermanfaat bagi kesehatan kita. Dan tidak ada salahnya juga untuk tetap mendengarkan bagaimana kondisi tubuh kita seperti apa karena setiap orang atau individu  mungkin memiliki cara makan yang berbeda yang terbaik untuk kondisi tubuhnya. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa 💕









● Source article by : https://www.halodoc.com/artikel/ini-tips-yang-bisa-dilakukan-agar-tetap-fit-selama-puasa

● All images edited by : Canva

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.