5 Pilihan Menu Sahur Praktis, Cukup Sat Set Saja!



Tahun ini merupakan bulan ramadan ke-5 aku menjalaninya bersama suami, dan sejak menikah mind set aku yang biasa mager untuk sahur harus dihempaskan jauh-jauh karena sudah ada pasangan yang harus dilayani kebutuhan makannya. Nyatanya bulan puasa bisa mengubah kehidupan seseorang yang sebelumnya malas menjadi lebih rajin untuk menghidangkan menu yang bergizi dan enak buat keluarga tercinta. Biasanya sebelum menikah, aku tinggal lahap saja menu yang sudah disajikan oleh mama kalau beberapa tahun ini semua itu sudah berubah 180 derajat gantian aku memasak menu sahur ataupun berbuka puasa untuk suami. Di awal-awal culture shock lumayan bikin malas secara biasanya tinggal makan saja sekarang harus mikir keras buat masak menu sesuai selera suami tercinta. Tetap saja semua itu aku bawa enjoy saja, lagipula menyiapkan menu sahur dan buka puasa untuk orang yang berpuasa itu dapat pahalanya berlipat ganda.

Pernah suatu ketika aku dan suami sampai kesiangan bangun sahur sekitar 20 menit sebelum waktu imsak pada saat itu seperti kebakaran jenggot karena waktunya sudah mepet gitu, ya sudah kita sahur saja dengan makanan saat berbuka puasa yang aku simpan di lemari es dimana gak basi dan tetap enak. Dari situlah aku belajar untuk ke depannya menyiapkan menu sahur praktis anti ribet cukup sat set saja cocok banget buat kamu yang suka kesiangan seperti aku but jangan ditiru yaa😂. Apa saja kira-kira 5 pilihan menu sahur praktis, cukup sat set saja diantaranya berikut ini : 

1. Sayur Sup




Salah satu menu sahur yang bisa menjadi pilihan praktis cukup sat set saja yaitu Sayur sup dimana selain mengandung gizi, menu sahur andalan ini juga buatnya praktis. Kamu bisa memotong-motong bahan sup seperti ayam dan sayur-sayuran, lalu memasaknya sebentar saja saat akan sahur selain itu bisa menambahkan wortel dan kentang sesuai selera ya. Rasanya yang hangat juga sangat cocok dipadukan dengan nasi putih hangat. Menu sayur sup ini pas banget disantap waktu sahur supaya badan menjadi lebih segar.

2. Telur Orak-Arik




Menu yang praktis dan diminati banyak orang adalah telur orak-arik. Bagi kamu yang gak mau ribet saat sahur, masak telur dadar bisa dicampur dengan kaldu jamur dan iris-iris bawang putih, lalu ditambah daun bawang boleh banget dicoba di rumah. Menunggu adonan telur orak-arik ini sampai matang biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama lho. Pokoknya ini menu sahur praktis anti ribet deh cukup sat set saja!

3. Ayam Katsu




Nah, untuk ide menu sahur praktis selanjutnya yaitu ayam katsu. Tak jauh berbeda dengan menu telur dadar, untuk ayam katsu cara membuatnya cukup mudah. Jadi, hanya memerlukan beberapa potongan dada ayam filet, bawang putih, tepung terigu dan telur. Sebelum dimasak, ayam dipukul ayam sampai menipis, lalu sisihkan.Kemudian taburi bawang putih bubuk, garam, dan penyedap rasa pada ayam. Diamkan beberapa menit, lalu celupkan ayam ke dalam kocokan telur dan tepung mangkuk secara bergantian. Dan terakhir, goreng sampai berwarna kecokelatan, dan ayam katsu siap disajikan sebagai menu sahur praktis buat keluarga tercinta.

4. Omelet




Untuk menu sahur praktis yang ke-4 terbilang lebih sederhana dan praktis banget adalah omelet atau telur dadar.  Untuk sahur yang anti ribet menu ini bisa jadi pilihan kamu. Modalnya cukup telur, daun bawang dan garam. Kemudian campurkan irisan daun bawang dan telur, lalu siapkan wajan yang telah diberi minyak, panaskan. Goreng omelet atau telur dadar sampai matang dan sajikan sebagai menu sahur praktis. Mudah banget deh membuat omelet atau telur dadar gak butuh waktu lama. 

5. Oatmeal




Bagi yang tidak mau memasak alias mager, tapi ingin menyantap sahur dengan asupan gizi yang cukup bisa mencoba oatmeal. Membuatnya juga cukup mudah hanya beberapa menit saja. Saat ini Oatmeal mudah ditemukan dengan varian sesuai selera. Cara penyajiannya sangat mudah yaitu cukup disiram dengan air panas dan tambahkan buah sebagai pelengkap rasanya lalu siap disajikan buat menu sahur praktismu.

Nah, seperti itulah 5 menu sahur praktis cukup sat set saja yang bisa menjadi rekomendasi saat kamu bingung mau masak apa tanpa memakan waktu lama, satu hal lagi jangan pernah melewatkan makan sahur ya karena merupakan bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian berpuasa hingga tiba waktu berbuka. Semoga bermanfaat dan tetap semangat menjalankan ibadah puasa hingga akhir nanti ❣️






● Referensi : https://sumut.idntimes.com/food/recipe/arifin-alamudi/gak-pake-ribet-ini-5-ide-menu-sahur-praktis-dan-enak-untuk-keluarga

● Images : Canva

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.