7 Jajanan Khas Ramadan Dari Betawi Yang Enak Dan Segar



Bulan puasa Ramadan tak hanya memberikan keberkahan dan rahmat bagi yang menjalankan ibadah puasa juga para pedagang jajanan khas ramadan yang banyak ditemui di pinggir jalan menawarkan beraneka ragam makanan dan minuman untuk berbuka puasa dimana menggugah selera bagi yang melihatnya bawaannya jadi kalap pingin beli saja tanpa mikir lagi kira-kira si perut bakal kuat tidak menampungnya jangan sampai nanti malah berujung kekenyangan banget mengikuti lapar mata belanja jajanan khas ramadan.

Nah, untuk kali ini sebagai perempuan dari betawi aku pingin memperkenalkan ragam jajanan khas ramadan dari Betawi barangkali dari kamu ada yang belum familiar dengan jajanan khas kota Jakarta tersebut yang biasanya muncul pada moment bulan ramadan seperti sekarang ini dan beberapa di antaranya masih bisa kamu temukan di pasar-pasar jajanan tradisional khas Betawi di Jakarta tetapi ada juga yang keberadaannya sudah langka dan susah dijumpai lagi. Berikut ini beberapa macam jajanan khas Ramadan dari Betawi yang perlu banget kamu ketahui yaitu : 

1. Bubur Pacar Cina 




Bubur pacar cina sudah lama menjadi makanan yang harus ada buat buka puasa. Makanan ini adalah sajian khas Betawi yang terbuat dari tepung sagu yang dikeringkan lalu dipotong-potong kecil-kecil. Itu adalah keunikan masyarakat Betawi dalam membuat sendiri biji pacar cinanya. 
Dalam membuat bubur pacar cina, maka tinggal mengambil biji pacar cina yang sudah kering tersebut lalu direbus dan dicampur dengan kuah santan. 

2. Stup Tape 




Jajanan ramadan yang satu ini sangat khas Betawi yaitu Stup Tape. Biasanya, di daerah lain sajian yang mirip stup tape adalah kolak tape. Hampir mirip kolak tape warna cokelat karena pakai gula jawa. Untuk Stup tape warnanya putih, pakai gula pasir, kayu manis, daun jeruk, dan pandan. Kudapan stup tape ini kadang dikasih cengkeh sehingga baunya khas masakan Timur Tengah paduan rasanya enak gurih manis karena pakai santan.

4. Kolak Pisang





Siapa sih yang tak familiar dengan kudapan manis yang satu ini yaitu kolak pisang di Betawi bahannya terbuat dari pisang kepok atau pisang tanduk dengan gula merah atau gula jawa. Selain hanya menggunakan pisang, beberapa orang ada juga yang suka mencampurnya dengan sagu ambon. Kaum wanita di Betawi ketika membuat kolak pisang, santannya dipisah dan santannya pun dibuat sedikit kental agar gurihnya terasa ketika kolak akan disajikan barulah dicampurkan santan tadi.
 

5. Kue Talam 




Makanan favorit aku banget nih yaitu kue talam yang bahannya terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, atau tepung tapioca juga gula merah, santan, garam, dan daun pandan. Kue talam punya dua lapisan dengan warna yang berbeda, membuat tampilannya unik dan rasanya enak manis. Kue talam biasanya dibuat di loyang ukuran 18 x 18 sentimeter. Kue talam ini banyak macamnya yakni talam ubi, talam singkong, dan talam udang yang rasanya lebih ke gurih.

6. Es Selendang Mayang




Jajanan khas ramadan untuk minuman dari Betawi ini bernama Es Selendang Mayang yang bahan dasarnya adalah tepung beras dan sagu aren dan tambahan gula merah, garam, dan daun pandan suji. Kuliner yang satu ini mirip atau serupa dengan puding atau kue lapis dengan warna-warni cantik. Jadi, pedagangnya akan memotong kue selendang mayang menjadi bentuk persegi saat menyajikannya. Setelah itu, mereka akan menambahkan santan, gula merah, dan potongan es yang membuatnya terasa menyegarkan, apalagi jika diminum pada saat berbuka puasa. Es selendang mayang ini kerap menjadi sajian saat pesta, menu takjil untuk berbuka, serta acara hajatan bernuansa Betawi.

7. Es Doger




Siapa yang tak familiar dengan Es Doger. Jadi, Es Doger adalah minuman khas Betawi yang dijajakan dengan gerobak. Itu asal mula namanya: doger singkatan dari dorong gerobak. Minuman ini menyegarkan dan cocok untuk sajian berbuka puasa. Es doger terbuat dari campuran es serut, santan kental manis, gula merah cair, ketan hitam, dan potongan alpukat serta kelapa muda. Rasa manis dari santan dan gula merah yang dicampur dengan tekstur kenyal dari ketan hitam menciptakan kombinasi rasa yang unik dan nikmat. Es Doger sering dihidangkan dalam mangkuk atau gelas besar dan biasanya diberi tambahan sirup merah untuk memberikan rasa manis yang ekstra. Sama dengan Es Selendang Mayang, Es doger ini kerap menjadi sajian saat pesta serta hajatan bernuansa Betawi. 

Jajanan khas ramadan dari Betawi ini memberikan warna dalam meramaikan dunia perkulineran selama bulan puasa berlangsung dan harapan ke depannya masyarakat semakin familiar dengan jajanan tradisional dari betawi ini. Barangkali kamu mempunyai rekomendasi jajanan khas ramadan betawi selain yang di atas atau jajanan tradisional dari daerah lainnya silakan share di comment ya. Selamat berpuasa dan tetap semangat ya guys. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya ❣️










● Referensi : https://palpres.bacakoran.co/amp/10169/jajanan-khas-jakarta-pada-bulan-puasa-apa-saja-ya-cari-saja-di-perkampungan-betawi/64

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.