5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan



Datangnya bulan suci ramadan merupakan salah satu moment special yang sangat ditunggu kedatangannya oleh umat muslim di seluruh dunia dimana memberikan cucuran rahmat dan limpahan pahala tak terhingga bagi yang menjalankan ibadah puasa dan menebarkan kebaikan sehingga kita harus menjamunya sebaik mungkin tamu special tersebut dengan meningkatkan ibadah lebih baik dari sebelumnya. Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh tentunya harus didukung dengan kondisi kesehatan yang optimal atau baik makanya kita harus menjaga kesehatan tubuh alasannya sederhana, agar bisa beraktivitas secara maksimal selama puasa dan puasanya berjalan dengan baik. 

Nah, siapapun yang menjalankan puasa pasti menginginkan tetap sehat dan fit selama puasa ramadan ini dan apa saja yang bisa dilakukan berikut ini 5 cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan diantaranya yaitu :

1. Penuhi Kebutuhan Cairan




Tips yang satu ini terkadang sering terabaikan dimana kebutuhan cairan harus terpenuhi dengan baik jangan sampai dehidrasi saat berpuasa yaitu dengan cara minum air yang cukup saat sahur dan berbuka. Jadi, dianjurkan untuk tetap minum 8 gelas air mineral setiap hari, sama seperti jumlah asupan air minum setiap hari. Pola minum yang dapat dilakukan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas lagi saat sahur. 

2. Jangan lewatkan sahur




Salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan agar tetap fit saat menjalankan puasa yaitu jangan pernah melewatkan sahur. Sama halnya seperti sarapan pagi, sahur merupakan bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian berpuasa hingga tiba waktu berbuka. 

Untuk menu sahur perlu diperhatikan sebaiknya makan dengan zat gizi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat, dan protein. Selain itu  mengonsumsi makanan seperti beras merah, gandum, dan oat yang membuat kenyang lebih lama. Adapun asupan makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari buah-buahan dan sayuran. Sedangkan asupan protein bisa didapatkan dari ayam, ikan, daging, telur, tempe, atau tahu yang membantu menambah energi sepanjang hari.

3. Makan secukupnya




Selama ini banyak orang yang berpikir dengan makan banyak saat sahur bisa membuat tubuh tidak lapar atau lemas. Padahal, makan berlebihan justru dapat membuat kekenyangan, tidak nyaman pada perut, hingga gangguan pencernaan. Selain itu, banyak orang yang kalap ketika menyantap hidangan berbuka langsung mengonsumsi banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan begah. Itu sebabnya makan secukupnya saat berbuka puasa dan dianjurkan sahur agar tubuh tetap fit dengan makan secara bertahap, saat berbuka awali dengan minum air putih dan kurma setelahnya dapat makan besar setelah solat tarawih dilanjutkan makan dengan porsi yang pas saat sahur.

4. Hindari makanan berminyak




Nah, tips yang ke-empat ini yaitu menghindari makanan berminyak. Secara kita ketahui bahwa menu gorengan untuk berbuka puasa memang begitu menggoda sekali dan menjadi takjil favorit tapi ada baiknya untuk menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak agar fit saat puasa. Pasalnya, makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh Anda. Selain itu, penumpukkan lemak bisa membuat berat badan naik saat puasa. Lebih baik memilih makanan yang direbus, dikukus, atau dipepes yang biasanya lebih rendah lemak walaupun realitanya sulit untuk menerapkannya. Alternatif lainnya bisa memilih minyak sehat untuk menggoreng, seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau biji bunga matahari. Hindari minyak kelapa dan minyak kelapa sawit yang tinggi lemak jenuh.

5. Mengurangi makanan dan minuman yang manis




Untuk tips ke-5 adalah dengan mengurangi makanan dan minuman manis dimana salah satu tips untuk menjaga kesehatan saat puasa. Minuman manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan kembali gula darah setelah berpuasa seharian. Biasanya, minuman manis dan dingin juga dikonsumsi untuk melepas dahaga setelah menahan haus seharian. Namun, harus tetap memperhatikan jumlah asupan gula harian yang dikonsumsi yaitu sebanyak 50 gram per hari daripada mengonsumsi minuman manis dari gula pasir, sebaiknya pilih juice buah tanpa tambahan gula yang mengandung serat yang baik untuk kesehatan.

Dari 5 tips diatas kira-kira manakah yang paling sulit untuk diterapkan saat berpuasa ini, kalau aku mah point nomor 4 dan 5 yang menurut aku sulit banget untuk dihindari dan dikurangi mengonsumsinya karena sudah jadi kebiasaan atau habits saat bulan puasa walaupun di luar bulan puasa aku bisa dibilang senang banget dengan gorengan dan minuman manis apalagi diminum saat dingin dengan kondisi haus sebagai pelepas dahaga banget itu. Seperti itulah 5 cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yang bisa kita terapkan atau aplikasikan agar senantiasa sehat atau fit. Yuk, bisa yuk mulai dengan mengubah mind set hidup sehat dengan menjaga kesehatan bukan hanya di bulan ramadan tapi selanjutnya sesuai dengan anjuran kesehatan. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di tulisan aku selanjutnya ❣️ 













✅️ Referensi : https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/8-cara-menjaga-tubuh-agar-tetap-fit-saat-puasa/
✅️ Images : Canva

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.