5 Takjil Ramadan Yang Tak Lekang Oleh Waktu



Keberkahan bulan ramadan tak hanya memberikan rahmat bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa tapi juga kehadiran para pedagang takjil yang memberikan warna tersendiri romansa ramadan apalagi untuk tahun ini vibesnya lebih berbeda takjil ramadan tidak hanya ditunggu oleh para kaum muslim tapi juga non muslim ikut berburu takjil ramadan ini secara tak langsung membawa keuntungan bagi para pedagang takjil Ramadan dimanapun berada.

Bulan suci ramadan selalu ditunggu kedatangannya yang memberikan limpahan berkah dan rahmat dengan ganjaran pahala berlipat ganda bagi yang menjalankan ibadah puasa juga menebarkan kebaikan, hadirnya takjil ramadan sebagai sajian pelengkap saat berbuka puasa. Takjil, selama ini sangat populer di bulan ramadan diartikan sebagai hidangan untuk berbuka puasa, terutama makanan dan minuman manis yang disantap sebelum berlanjut ke menu utama. 

Lebih Dekat Dengan Takjil Ramadan


Istilah takjil merujuk pada sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang bunyinya "Manusia masih terhitung dalam kebaikan selama ia menyegerakan (Ajjalu) berbuka". Sedangkan dalam bahasa Arab, 'ajjalu' yang berarti 'menyegerakan' setara dengan kata 'ajjala-yu'ajjilu-ta'jilan' yang artinya 'momentum', 'tergesa-gesa', 'menyegerakan', atau 'mempercepat'. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takjil berarti 'mempercepat' untuk segera berbuka puasa, makanan dan minuman untuk berbuka puasa. 

Seiring berjalannya waktu, masyarakat selalu mengadakan tradisi takjil ini setiap bulan Ramadan datang dan perkembangan zaman olahan takjil berupa makanan/kuliner semakin banyak juga beragam, sehingga makna takjil memiliki arti yang lebih luas yaitu sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa. Untuk menunya juga bervariasi mulai dari yang digoreng, direbus, gurih, manis, hingga segala jenis makanan ringan akhirnya masuk ke dalam menu takjil yang siap dilahap saat berbuka hingga saat ini masyarakat mengenal istilah takjil sebagai menu untuk berbuka puasa yang sering ditemukan pada pasar ramadan atau penjual yang menjajakan dagangan berupa takjil di saat ngabuburit atau menjelang waktu berbuka puasa. 

Apa saja 5 takjil ramadan yang tak lekang oleh waktu bisa menjadi rekomendasi pilihan bagi kamu yang berburu takjil dan keberadaannya senantiasa di tunggu saat moment ramadan diantaranya :

1. Kurma




Kurma merupakan makanan sunah dan salah satu buah yang kerap dijadikan menu takjil favorit untuk berbuka puasa saat bulan Ramadan, kurma selain manis juga mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Saat berbuka puasa dianjurkan untuk makan kurma dengan jumlah yang ganjil misalnya, tiga, lima, atau, tujuh butir kurma.
 

2. Kolak




Kudapan ramadan yang satu ini setiap bulan ramadan menghiasi jejeran para pedagang takjil ramadan dengan rasanya manis terbuat dari bahan dasar pisang, ubi jalar dan sejenisnya yang direbus dengan kuah gula merah kemudian ditambahkan campuran santan sehingga menambah kenikmatan tersendiri saat disajikan berbuka puasa. 

3. Lontong Isi




Nah yang satu ini merupakan menu takjil yang banyak diminati yaitu lontong isi. Dengan berbahan dasar dari beras dan sayuran, kudapan ramadan ini menjadi favorit karena mengatasi rasa lapar setelah berpuasa seharian. Dalam lontong isi umumnya terdapat beberapa jenis isian mulai dari sayur, oncom, daging ayam, dan sebagainya. Akan lebih enak lagi pada saat makan dengan menambahkan kuah sambal kacang yang disiram di atas lontong.

4. Gorengan




Takjil ramadan yang satu ini setiap bulan ramadan selalu eksist yaitu gorengan seperti bakwan, tahu isi, tempe goreng, pisang goreng dan masih banyak lagi merupakan takjil yang praktis dan disukai semua orang. Dan kamupun bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya di para pedagang takjil yang berada di daerahmu. 

5. Es Buah




Berasa ada yang kurang kalau takjil ramadan tidak menambahkan es buah dalam list takjil ramadan yang tak lekang oleh waktu. Es buah merupakan takjil ramadan yang paling diidolakan saat berbuka puasa Ramadan beserta teman-temannya seperti es podeng, es doger dan es campur. Bisa dibilang es buah hampir sama dengan kolak yang mampu melepas haus dengan baik, juga mengenyangkan. 

Jadi, itulah 5 takjil ramadan yang tak lekang oleh waktu dan menjadi favorit untuk menemani berbuka puasa. Oh, ya diantara 5 takjil ramadan di atas manakah yang paling favorit dan kamu punya rekomendasi takjil lainnya selain di atas bisa share di kolom comment ya. Jangan lupa berbagi kebaikan di bulan ramadan ini dengan sesama kita dan tetap semangat berpuasa. Semoga bermanfaat 🥰



Source Image : By Canva

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.