Lakukan 5 Kegiatan Produktif Ini Saat Ngabuburit Ramadan


Tak terasa bulan ramadan sudah mendekati akhir saja, saat ini kita berpuasa sudah 20 hari jadi kurang lebih 10 hari lagi ramadan bersama kita. Rasanya terlalu sayang jika kita menyia-nyiakan datangnya bulan mulia ini dengan hanya menahan lapar dan haus saja ada baiknya mengisi dengan kegiatan produktif nan pahala. Tidurnya orang berpuasa juga berpahala tapi bukan membenarkan tidur selama seharian penuh mulai dari adzan subuh hingga menjelang adzan maghrib bisa dibilang itu berlebihan tidurnya padahal berpuasa itu bukan menjadi halangan bagi kita tetap produktif. 

Dalam puasa ramadan ada istilah tradisi ngabuburit, dimana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya menunggu adzan maghrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Dan untuk waktunya sendiri mulai dari usai salat asar hingga sebelum matahari terbenam atau adzan maghrib berkumandang. Sampai saat ini tradisi ngabuburit Ramadan masih dilakukan oleh masyarakat kita dengan berbagai macam kegiatan atau aktivitas sambil menunggu adzan maghib tiba agar waktu tidak terasa lama dimana seringkali rasa haus dan lapar akan datang jika kita tak berdiam diri saja atau tidur. 

Nah, ngabuburit ramadan akan lebih berproduktif dan berpahala jika melakukan beberapa kegiatan berikut ini yang bikin lebih bermanfaat dan berpahala ibadah puasamu diantaranya :

1. Tadarus Al-Quran




Kegiatan produktif dan berpahala yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit Ramadan yaitu tadarus Al-Quran. Membaca Al-Quran di bulan biasa saja mendapat pahala apalagi saat bulan Ramadan seperti sekarang dimana sangat dianjurkan, selain mendapatkan pahalanya berlipat ganda melalui bertadarus Al-Quran akan membuat hubungan kita semakin dekat dengan Allah SWT. Lakukanlah tadarus Al-Quran selama 30 menit sebelum adzan magrib berkumandang biasanya waktu akan terasa lebih cepat. Tentunya hal ini juga dapat mempercepat target bacaan Al-Quran kamu agar bisa khatam dengan segera.

2. Menghadiri Kajian Online ataupun Offline




Untuk kegiatan yang satu ini juga tak kalah produktif juga bermanfaat yaitu menghadiri kajian keagamaan secara online maupun offline. Dengan hadir ke kajian keagamaan ini selain kamu akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dari kegiatan positif ini juga dapat menjadi jalan untuk senantiasa menyambung tali silaturahmi sesama muslim. 

3. Menyiapkan Berbuka Puasa 




Menyiapkan hidangan berbuka puasa bisa menjadi alternatif mengisi waktu ngabuburit, dengan memasak bisa menjadi salah satu ide menghabiskan waktu ngabuburit mulai dari menyiapkan berbagai menu hidangan untuk berbuka, tentu waktu menunggu adzan magrib akan terasa cepat dengan membantu ibu atau bahkan memasak sendiri untuk menyiapkan takjil dan makanan untuk berbuka puasa. 

4. Berbagi Takjil




Nah, kegiatan ngabuburit ramadan selanjutnya yaitu berbagi takjil dimana tidak kalah seru dan produktif karena memiliki nilai pahala yang tinggi. Hal ini terdapat dari hadits Rasulullah SAW: "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi)

5. Berolahraga




Untuk ngabuburit ramadan yang terakhir yaitu kegiatan olahraga menjadi salah satu kegiatan ngabuburit yang seru banget dan bermanfaat bikin badan kamu jadi lebih segar dan sehat. Untuk ngabuburit versi ini kamu bisa memilih jenis olahraga ringan saja seperti jogging, yoga, senam, dan bermain bulu tangkis agar kondisi kesehatan tubuh kamu tetap terjaga sambil menunggu adzan maghrib berkumandang. Yang penting kamu berolahraga sewajarnya saja jangan sampai kelelahan. 

Pokoknya segala bentuk kebaikan yang kamu lakukan di bulan ramadan ini tentu saja akan diganjar pahala berlipat ganda oleh Allah SWT tentunya kita harus berlomba-lomba untuk mendapatkannya dari keistimewaan sang tamu mulia karena bulan ramadan sekarang belum tentu sama dengan yang akan datang. Bergembiralah dengan kedatangan bulan suci ramadan karena belum belum tentu tahun besok kita berjumpa kembali dengan sang bulan istimew. Dan anggap saja ini ramadan terakhirmu sehingga beribadah dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat 🥰

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.