Ramadhan Special Berbagi Kebaikan Bersama Dompet Dhuafa

Para Narasumber Acara Dompet Dhuafa
Alhamdulillah wa syukurillah, tak terasa kita telah di penghujung bulan syaban yang artinya dalam hitungan hari para muslimin di penjuru dunia akan melaksanakan ibadah suci ramadhan. Pastinya kita sudah mempersiapkan diri dalam menyambut datang bulan penuh berkah tersebut.

Sama halnya dengan kita, Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantrofi yang hampir 25 tahun tak mau ketinggalan untuk turut mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci ramadhan dengan memberikan suatu gebrakan berbeda dengan tema  #25TahunMembentangKebaikanBersamaAnda 

Jadi, Dompet Dhuafa hari selasa lalu mengundang rekan media dan blogger di acara bertema "Blogger & Media Gathering 25 Tahun Membentang Kebaikan" yang berlokasi di Graha Bima Sakti, Komplek TNI AU Triloka Blok A No.10 Jln. Pasar Minggu Pancoran Jakarta Selatan. Rasanya senang sekali karena ini kali ketiganya aku bisa hadir dalam acara berbagi kebaikan bersama Dompet Dhuafa.

Pembacaan Doa
Acara yang dimulai setelah makan siang itu kemudian diiringi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an semoga acara nantinya bisa berjalan lancar dan sukses. Sang Mc hari itu mas Ahmad Faqih mengajak para blogger dan media untuk keliling indonesia nih maksudnya mengelilingi stand dari dayamart dan de'fresh yang menyediakan berbagai produk hasil dari pemberdayaan Dompet Dhuafa.

Adapun hasil produk pemberdayaan Dompet Dhuafa diantaranya :

Tomat ceri yang imut tapi manis.
● Hasil pemberdayaan perkebunan di wilayah subang seperti tomat ceri walaupun bentuk kecil seperti ceri namun ternyata rasanya manis jadi bisa langsung dimakan atau dibikin juice, pepaya kalina yang ternyata buah hasil persilangan dari pepaya california dan lokal (wow, kolaborasi yang keren dan bagus), buah lemon, buah naga, buah nanas dan sebagainya.

Biji  kopi Kahaya dari Bulukumba

Kopi Gayo & Temanggung ( Credit by : Siti Mudrikah)
● Selain itu, tersedia juga hasil pemberdayaan Dompet Dhuafa dari berbagai jenis kopi yang aromanya bikin mata segar dan melek yaitu kopi gayo, kopi kemloko yang berasal dari temanggung sampai kopi yang berasal di ujung sulawesi sana yaitu kopi bulukumba. Kebetulan aku cobain biji kopi kahaya serasa makan kacang yang garing lumayan bisa buat cemilan malah ada hand grinder yaitu alat untuk menghaluskan biji kopi.

Cemilan Murah Dan Sehat DD

Cemilan Murah Dan Sehat DD
● Ada juga cemilan kering yang lumayan banget nih buat menemani minum kopi, menonton tv, mengerjakan dateline artikel, waktu santai lainnya. Diantara cemilan hasil pemberdayaan Dompet Dhuafa diantaranya yaitu cemilan kripik buah, kuaci

Setelah para blogger dan media puas berkeliling melihat serta ramah tamah dengan karyawan bazaar tersebut, kamipun diajak kembali ke posisi semula untuk menyimak talkshow siang ini.
Talkshow kali ini dimoderasi oleh mbak Diani Pratiwi dan menghadirkan 5 orang narasumber inspiratif dari berbagai bidang masing-masing dalam naungan Dompet Dhuafa diantaranya :

1. Bapak M. Syafii El-Banatanie
    Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan


Menyambut bulan suci ramadhan ini beliau memberikan saran sebaiknya diisi dengan memperbanyak tadarusan atau membaca Al-Qur'an dan memahami maknanya sehingga setelah puasa tetap istiqomah dan konsisten melakukannya. Karena lebih baik jika kita paham satu surat Al-Qur'an daripada hanya sekedar menghapal 30 juz tanpa tahu maknanya.

2. Bapak Bambang Suherman
    Direktur Mobilisasi ZIS


    Menurut beliau, menginjak usia yang ke-25 tahun pada ramadhan kali ini Dompet Dhuafa ingin memberikan informasi yang lebih luas pada masyarakat di segala dinamika, situasi dan pekerjaan lembaga yang telah bergulir untuk masyarakat luas. Jadi, bertepatan dengan bertambahnya usia, Dompet Dhuafa mengusung tema 25 Tahun Membentang Kebaikan, mengandung pesan terkait banyak hal yang menjadi pekerjaan sehari-hari Dompet Dhuafa.

3. Bapak Urip Budiarto
    GM Resources Mobilitation Dompet Dhuafa/               Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1439 H

 
    Di moment ini beliau memaparkan bahwa Dompet Dhuafa saat ini telah menyediakan sebanyak 75 counter edukasi yang tersebar di seluruh indonesia salah satunya terdapat di pusat perbelanjaan yang tujuannya untuk memudahkan dan mendekatkan para muzzaki. Dalam kesempatan ini diperkenalkan juga sebuah inovasi terbaru dari Dompet Dhuafa yang meluncurkan situs bawaberkah.org dimana website ini dibuat untuk memudahkan lembaga sosial, komunitas, maupun personal terverifikasi dalam menggalang dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) secara online dengan transparan serta terpercaya.

Bagaimana cara registrasi akun bawaberkah.org ikuti langkah berikut ini :

1.  Masuk ke browser lalu ketik www.bawaberkah.org
                

 2. Pilih menu daftar/masuk


3. Bagi pengguna baru tersedia 3 pilihan log in melalui Facebook, Gmail atau daftar manual dengan mengisi form di web

4. Cek email kamu dari
info@bawaberkah.org dan klik link informasi.


Jadilah akun baru kamu di bawaberkah.org sehingga dengan ketikan jari saja kamu sudah bisa berdonasi secara transparan dan terpercaya.
Filosofi dari website dari bawaberkah.org yaitu suatu harapan bisa membawa berkah dengan saling membagi kebaikan kepada sesama yang lebih membutuhkan.

4. Bapak dr. Reza Romadhoni 
    Dokter dari LKC Dompet Dhuafa

   Selama ini dana 500 Trilyun masih belum cukup dalam memberikan pelayanan kesehatan nyatanya sampai saat ini masih banyak masyarakat terutama kaum dhuafa yang belum mendapatkan akses yang layak dan terbaik. Dan pada saat ini Dompet Dhuafa telah mengadakan program LKC yang tersebar di berbagai wilayah indonesia berjumlah 11 LKC.

Apakah LKC ?

Jadi, LKC yaitu layanan kesehatan cuma-cuma dibawah naungan lembaga non profit Dompet Dhuafa khusus di bidang kesehatan  yang melayani kaum dhuafa secara paripurna melalui dana sosial masyarakat (ZISWAF - Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) serta dana sosial dari perusahaan. LKC sendiri selama ini memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma kepada peserta (member) yang telah terverifikasi.

Di akhir sharing session beliau juga memberikan tips pada saat menjalankan ibadah puasa ramadhan di musim kemarau seperti sekarang ini.
Adapun tips versi dr. Reza Ramdhoni yaitu :

1. Menghindari dehidrasi/ memperbanyak minum air putih bermineral pada saat sahur dan berbuka puasa.

2. Menjaga komposisi makanan secara teratur dengan asupan makanan yang banyak mengandung protein supaya bisa kuat menjalani puasa hingga berbuka nanti

3. Memberi jarak saat makan dan waktu tidur yaitu sekitar 3 jam agar proses pencernaan makanan dalam tubuh diolah dengan baik.

5. Ihsan Tarore
    Public Pigure sekaligus relawan Dompet Dhuafa

    Sebagai seorang public figur, ihsan tarore senang dengan hal berbagi dalam kebaikan dan kemanusiaan di Dompet Dhuafa. Selama 2 tahun ini bergabung menjadi seorang relawan Dompet Dhuafa banyak banget hal yang bermanfaat dan positif yang beliau dapatkan. Tak lupa beliau mengajak rekan seprofesi untuk berbagi kebaikan maupun kemanusiaan dalam bentuk donasi untuk kesejahteraaan masyarakat terutama kaum dhuafa.

Sesi Photo Bareng (Credit By : Dian Ravi)

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari rekan blogger dan media seputar program Dompet Dhuafa juga website bawaberkah.org kepada narasumber. Dan tibalah di ujung acara talkshow berakhir dengan sesi photo bareng 5 narasumber situ yang tak lupa diabadikan blogger dan media.

Over all, acara hari itu sangat bagus dan inspiratif jadi semakin mengenal lebih dekat dengan program membentang kebaikan yang selama ini telah dijalankan oleh Dompet Dhuafa. Barakallah Dompet Dhuafa, semoga Dompet Dhuafa semakin dilancarkan dan dimudahkan dalam mensejahterakan masyarakat terutama kaum dhuafa dimanapun berada. Aamiin YRAπŸ€—πŸ€—πŸ˜πŸ˜


Untuk informasi lebih lanjut tentang program dari Dompet Dhuafa, silakan kunjungi website dan sosial media di :
www.dompetdhuafa.org
Instagram :
www.instagram.com/dompet_dhuafa/
Twitter :
www.twitter.com/Dompet_Dhuafa/





2 komentar:

  1. Dapat aja infonya mbaa hehe. Emang saya salut sama DD yg alhamdulillah berhasil menghimpun zakat dan menyalurkannya jadi program2 keren 😍

    Btw Dayamart itu toko langganan saya disini hehe depan rumah. Nyaman lah tinggal disini, dekat fasilitas2 DDP(Pendidikan)dan banyak program2 keren juga. πŸ˜†

    BalasHapus
  2. Suka lihat produk lokal dari de fresh. dompet dhuafa selain berkomitmen dalam lembaga zakat ternyata ikut mendukung produk pemberdayaan ukm. Ini yg seharusnya kita bantu dukung, dari rakyat untuk rakyat. 😘

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.