** Ramadhanpedia || Cerita Di Bulan Juni **


Hujan Bulan Juni
Pengarang: Sapardi Djoko Damono


tak ada yang lebih tabah
dari hujan bulan juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu

tak ada yang lebih bijak
dari hujan bulan juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu

tak ada yang lebih arif
dari hujan bulan juni
dibiarkannya yang tak terucapkan
diserap akar pohon bunga itu




Cerita Sapardi Djoko Damono tentang Juni diungkapkan dalam syair puisi yang begitu indah dan puitis menceritakan suatu moment yang indah ketika hujan di bulan juni. Sedangkan versi aku tentang juni yang baru tiba kutuangkan dalam goresan pena yang begitu sederhana. Seperti ini ceritanya :

Seiring waktu cepat sekali bergulir tak terasa sudah berada di pertengahan tahun masehi yaitu Bulan Juni 2017. Walaupun juni bukanlah bulan kelahiran aku Namun banyak moment indah dan penting di bulan ini. Sebenarnya ada perasaan bahagia bercampur sedih karena ada beberapa hal yang terlewatkan di beberapa bulan sebelumnya. Tetapi sudahlah waktu telah berlalu tak mungkin bisa kembali lagi. Yang terpenting bagaimana caranya mempergunakan waktu yang sekarang dengan sebaik-baiknya.

Awal Bulan Juni selalu diperingati dengan sebuah moment nasionalisme dan kenegaraan Republik Indonesia yaitu tanggal 1 Juni hari lahirnya Pancasila sebagai Lambang Negara Indonesia pemersatu bangsa dalam Kebhineka Tunggal Ika. Walaupun Berbeda Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan tetap saling menghormati serta saling menghargai satu sama lain demi satu tujuan yaitu persatuan serta kesatuan dan perdamaian bangsa negara.

Keberkahan lainnya yang di peroleh dengan hadirnya Bulan Suci Ramadhan salah satu moment yang indah maupun bahagia bagi umat muslim untuk beribadah sebaik mungkin dalam mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya demi bekal di akhirat nanti. Selain bulan penuh berkah juga hidayah terdapat keistimewaan lainnya sebagai bulan ampunan atau penggugur dosa atas hambaNya yang ingin bertaubat di hadapanNya.

Salah satu cerita menarik di bulan juni ketika aku memberanikan diri mengikuti Challenge 30 Days Ramadhan Inspiratif pada akhir mei lalu di salah satu group Whatsapp walaupun ada sedikit ketakutan yang menyelimuti hati juga pikiran ini seperti ditengah jalan inspirasi blank atau writersblock, mati ide atau inspirasi, keminderan dari segi tulisan yang masih buruk atau tak menarik, badmood yang terkadang menghinggapi tanpa arah, dan sebagainya.

 Alhamdulillah, semua ketakutan itu akhirnya aku dapat singkirkan dan semua itu tak lepas dari banyak support serta motivasi dari para sahabat penulis. Semangat yang awalnya sempat mengendor kemudian semakin kuat dan besar untuk bisa menyelesaikan challenge tersebut dengan hasil yang InsyaAllah baik dan maksimal.

Selain itu ada cerita kebahagiaan tak terhingga menyelimuti hidupku pada tanggal 4 juni nanti adalah hari ulang tahun keponakanku yang lucu dan cantik paling aku sayangi juga cintai harapanku semoga kedepannya menjadi barokah dan putri yang sholeha buat orangtua, bangsa dan negara.

Cerita bahagia bercampur sedih di akhir juni tepatnya tanggal 24 Juni nanti merupakan peringatan ulang tahun Alm. kakak tersayang yang telah berpulang ke pangkuanNya hampir 5 tahun yang lalu, aku yakin sekarang Alm. Kakak sudah beristirahat dengan tenang serta bahagia di tempat terindah surgaNya Allah SWT sebagai seorang adik tak lupa untuk selalu mendoakannya dalam bait doa di setiap sujud syukur kepadaNya.

Tentunya ada cerita bahagia haru biru di akhir juni nanti ketika umat muslim InsyaAllah merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa wajib ramadhan kembali ke fitrahnya walaupun ada sisi kesedihan yang menyelimuti hati ketika harus berpisah dengan Bulan Suci Ramadhan yang penuh rahmat, hidayah serta berkah.

Hal yang menyelimuti kesedihan yaitu apakah segala amal ibadah yang dijalani selama Bulan Suci Ramadhan diterima atau tidak oleh Allah SWT dan Apakah masih diberi kesempatan untuk bisa berjumpa kembali dengan bulan suci ramadhan di tahun selanjutnya? Jawabnya : Wallahua'lam Bishawab
Semoga disisa waktu Bulan Ramadhan yang hanya tinggal tiga minggu ini kita bisa memanfaatkan dengan beribadah semaksimal mungkin untuk memperoleh pahala sebagai bekal di akhirat nanti. Aamiin

Kurang lebihnya seperti itulah cerita di bulan juni yang akan aku lalui, masih banyak cerita lain yang menyusul namun belum tahu seperti apa jalan ceritanya. Jika cerita bulan juni versi aku seperti ini, untuk cerita versi kamu seperti apa ya? Semoga selalu bahagia dan menyenangkan juga ya.
Apapun ceritanya nanti seperti apa tetap syukuri saja dan InsyaAllah ada hikmahnya buat siapapun. Aamiin



Jakarta, 01 Juni 2017



#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Days6



Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.