** Ramadhanpedia || Sabar Tanpa Batas **



"Kamu yang sabar saja ya menghadapi semua ini" . Itulah kalimat penenang hati sering diucapkan selama ini saat sedang di timpa suatu musibah atau ujian hidup. Sabar itu memang tak pernah ada batasnya karena hadiahnya surga yang terindah coba kalau hanya kipas angin pasti sudah hilang rasa kesabaran ini. Hehehe Seperti itulah sabar yang luar biasa belajarnya setiap hari ujiannya dadakan.

Definisi sabar ialah menahan dan mengekang sedangkan sabar menurut islam yaitu berusaha untuk selalu menahan diri dari segala sesuatu karena mengharap ridho serta berkah dari Allah SWT.

Pada dasarnya sabar banyak macamnya diantaranya yaitu :
1. Sabar dalam menghadapi musibah atau ujian yang dialami.
Ketika sedang ditimpa suatu musibah atau ujian hidup, maka dari situlah letak kesabaran seorang Hamba dinilai oleh Allah SWT apakah bisa ikhlas dan tabah menerimanya atau hanya mengeluh atau menyerah begitu saja pada keadaan.

2. Sabar dalam menghadapi ketaatan kepada Allah SWT.
Banyak cara yang Allah SWT lakukan untuk HambaNya dalam menguji kesabaran salah satunya ketika menghadapi ketaatan dimana godaan setan yang berusaha menguji iman HambaNya seperti menjauhi perintah serta melanggar laranganNya supaya jauh dari ketaatan yang telah tersirat di Al-Qur'an dan Al-Hadist.

3. Sabar dalam menghadapi kemaksiatan.
Salah satu cobaan yang terberat lainnya yang dihadapi ketika seorang Hamba Allah harus berusaha menjauhkan diri dari segala bentuk kemaksiatan yang kapan saja bisa mengoda iman dan takwa yang membawa ke arah kesesatan serta kekejian dan kemungkaran. Naudzubillahimindzalik

Teori yang sebenarnya lebih mudah menasehati tentang kesabaran kepada orang lain dibandingkan mempraktikkan langsung bentuk kesabaran dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pada kenyataan yang saya alami bahwa sabar itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi saya yakin seiring waktu bergulir kita akan terbiasa dengan kesabaran karena arti dari sebuah kesabaran yang telah dilakukan selama ini Insya Allah akan berbuah suatu kebahagiaan yang diinginkan. Aamiin Aamiin Yaa Rabbal Allamiin...


Jakarta, 17 Juni 2017


#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Days22



Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.