Film Nano Milenial Force, Animasi Karya Anak Bangsa Dari BBPLK Bekasi


Ada kebanggaan sendiri saat melihat prestasi generasi di era milenial yang menciptakan berbagai terobosan baru mulai dari start up financial technology (fintech) hingga menjadi animator muda yang belum lama ini dilakukan oleh para siswa binaan BBPLK (Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja) Bekasi. 


Dan belum lama ini Menteri Ketenagakerjaan meresmikan Creative Room dan Launching Film Animasi Nano Millenial Force yang merupakan karya dari para siswa binaan BBPLK Bekasi(Balai Besar Pelatihan Latihan Kerja). Mau tahu berapa lama proses produksi filmnya? Hanya 6 (enam) bulan saja lho itupun dipotong dua bulan untuk masa pelatihan. Wah, waktu yang cukup singkat ya untuk produksi film animasi sekeren itu πŸ‘

Penampilan Cemen SUCA 1 (Source by: mpok ratne)

Sebelumnya acara pagi itu dimulai dengan penampilan dari komedian Cemen SUCA 1 menambah suasana lebih meriah apalagi dirinya tentang masa-masa sulitnya saat mendapat pekerjaan ketika baru lulus SMU hingga terjun ke dunia komedi ini, akupun tiba-tiba flash back pernah di keadaan sulit seperti cemen. Hiks hiks

Laporan Kegiatan Dari Pak Bambang (Source by : ovianty)

Selesainya hiburan dari cemen dilanjutkan menyanyikan lagu "Indonesia Raya: kemudian pembacaan doa semoga acara senantiasa berjalan sukses dan harapan ke depan karya dari siswa didikan BBPLK Bekasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Aamiin YRA. Pak Bambang Satrio sebagai Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Kreativitas memberikan laporan kegiatan. 

Sambutan Pak Hanif Dhakiri (Source by: mpok ratne)

Pemukulan Gong (Source by: ovianty)

Dalam kesempatan itu Bapak Menteri Ketenagakerjaan M. Danif Hakiri menyatakan rasa apreasiasi luar biasa atas pencapaian yang dilakukan oleh para siswa binaan BBPLK memproduksi Film Animasi Nano Milenial Force dan menurut beliau target ke depannya akan membuat 2 film animasi. Inilah bentuk dukungan Kemnaker memfasilitasi pelatihan pembuatan film animasi untuk BBPLK Bekasi.

Sesi Photo bareng peserta pelatihan film (Source by : mpok ratne)

Mau cerita sedikit, bahwa peserta pelatihan film animasi ini terdiri dari 32 orang yang berasal dari berbagai daerah diantaranya jabodetabek dan peserta terjauh dari Aceh. Apalagi pelatihan ini diberikan secara gratis kepada anak-anak muda di seluruh Indonesia bukan hanya untuk berdomisili di Bekasi saja. Dan tujuan dari pelatihan film ini yaitu untuk melatih kreativitas dan jiwa kewirausahaan bahkan progress ke depannya akan menjalin kerjasama dengan sejumlah Film Animator dunia seperti Disney dan sebagainya.

Creative Room (Source by: mpok ratne)


Creative Room (Source by : dokpri)

Sehingga demi memenuhi kebutuhan industri di bidang tersebut BBPLK melaksanakan pelatihan Movie Animator diantaranya 3D Modelling, 3D Animate, 3D Rigging, Editing & VFX, Storyboarding, Character Design dan Teaching Factory berharap kedepannya bisa melahirkan para animator muda Indonesia yang lebih kreatif dan inovatif.

Mengenal Lebih Dekat Dari Creative Room 

Jadi, proses produksi film animasi selama 6 bulan bertempat di Creative Room dengan luas : 25.30m × 12m = 303 m2 dengan perincian ruangan sebagai berikut :

1. Ruang Teater

Ruang yang ditampilkannya pertunjukkan film hasil karya siswa animasi.

2. Ruang Motion Capture

Ruang untuk proses merekam digital dari gerak-gerik actor yang diberi sensor pada tiap titik acuan yang diinformasikan ke sebuah system computer khusus menjadi suatu animasi karakter.

3. Ruang Dubbing dan Editing

Ruang untuk melakukan proses mengisi suara pada suatu tayangan video dalam sebuah film dengan karakter suara tertentu dan sebagai ruang melakukan proses editing film.

4. Ruang Produksi

Ruang untuk proses pembuatan film animasi 

5. Ruang Bermain

Ruang dimana para siswa bisa lebih santai untuk melepas kepenatan.

6. Pantry

Dapur bersih untuk membuat membuat minuman dan mempersiapkan makanan.

Selama ini Creative Room mempunyai fungsi yang digunakan untuk pembuatan film diantaranya :

A. Memproduksi film animasi
B. Menuangkan imaginasi-imaginasi yang kreatif dan inovatif
C. Melaksanakan pelatihan dalam situasi yang lebih menyenangkan dan aman
D. Mengekspresikan ide-ide untuk pembuat karya animasi yang dapat dipublikasikan dan bernilai jual. 

Sinopsis Film Animasi Nano Milenial Force 

Trailer Film Animasi Nano Milenial Force (Source : Mpok Ratne)

Film animasi karya anak bangsa dari binaan BBPLK ini menceritakan tentang tiga peserta magang yang berasal dari indonesia bernama Nano, Yoko dan Aris tiba-tiba tersesat dan belum diketemukan. Mereka tersesat ketika sedang berjalan-jalan di tempat wisata kuil Kiyomizu dera di Kyoto dimana bangunan ini termasuk dalam Warisan Dunia UNESCO merupakan bangunan kayu tertua.

Menyimpan banyak misteri, sehingga wajar saja jika tiga peserta magang dari indonesia itu sampai tersesat. Dan masih penasaran seperti apa petualangan selanjutnya dari 3 peserta magang asal Indonesia ini lebih baik saksikan di link saluran youtube berikut ini :

https://youtu.be/wyKBsGLbafg

Yuk, kita dukung para animator muda indonesia untuk semakin inovatif juga kreatif dalam menciptakan film animasi terutama yang mengangkat tentang kebudayaan dan tradisi indonesia sehingga terkenal di kancah internasional dan jangan lupa hargai karya mereka dengan menonton di saluran youtube yaa guys. Artikel ini semoga bermanfaat dan ketemu lagi di cerita aku selanjutnya 😘

1 komentar:

  1. Karya anak bangsa nih,,,harus didukung. Sebagai pecinta film animasi, sy memberikan apresiasi penuh untuk kemajuan para kreator Indonesia. Good Job Bro, Sist πŸ€—

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.