Ingin Menjadi Blogger? Ini Suka Dukanya!


Hampir setahun belakangan ini aku bersliweran dalam event blogger walaupun bukan event kelas high sih secara masih newbie blogger atau receh banget dalam dunia perbloggingan. Sejauh ini aku merasa nyaman dan enjoy banget dengan dunia baruku walaupun terkadang rasa jenuh suka menghampiri disaat otak lagi mumet sedangkan dateline sudah mepet.

Mungkin sebagian orang yang gak tahu apa itu blogger akan mendeskripsikan sejenis pekerjaan simple cukup dengan datang, menyimak narasumber sharing, makan dan pulang dengan bawa goodiebag sebagai souvenir telah hadir di acara tersebut padahal sih tugas blogger yang sebenarnya menyampaikan informasi atau berita yang akurat serta aktual saat menghadiri suatu acara dengan tulisan menggunakan gaya bahasa sendiri.

Sampai beberapa teman aku pada kepo dengan comment di DM instagram, japri whatsapp dan sosial media aku dengan pekerjaan aku sebagai apa? kok kayaknya enak banget ya sering datang beberapa event yang dimana orang biasa atau awam belum tentu bisa datang. Akhirnya, aku jelaskan sambil ngeracunin positif supaya mau ngeblog siapa tahu kan next time ada acara blogger bisa diangkut juga alias join sama aku. Nyatanya, mereka ga tertarik blogging secara harus menulis karena pada dasarnya ga suka menulis juga. Ya, sudahlah bye.. bye.. Mungkin setiap orang pashion beda-beda kali ya. Intinya aku sudah memberikan positif vibes buat orang di sekeliling aku.

Oh, ya untuk Ide judul artikel ini nemu ditengah kemacetan jakarta saat aku pulang event suatu acara di daerah pancoran tugu, nah makanya ingin banget kutuangkan dalam blog ini tentang suka duka selama aku menjadi blogger yang masih receh ini. Apapun pekerjaan yang dijalani pasti tak pernah lepas dengan namanya suka duka tapi anggap saja semua itu sebagai bagian kecil dari kehidupan supaya kita lebih strong dan struggle lagi kedepannya.

Komunitas Blogger Jakarta

Lebih baik langsung to the point saja deh apa saja sih suka duka selama menjadi seorang blogger, kayaknya aku sharing tentang suka atau bahagianya dulu yaa agar yang bacanya lebih relax dan happy :

1. Kesempatan emas 

    Pastinya ada kebanggaan sendiri saat bisa menghadiri suatu acara special seperti launcing produk, kementerian negara, workshop, dan sebagainya yang gak semua orang bisa datang diluar media, blogger dan instansi terkait. Dan semua itu pastinya harus melalui proses registrasi supaya lebih terkordinasi para peserta yang ikut acara tersebut

2. Mendapat informasi terupdate
   
    Ga kebayang senangnya bisa menjadi orang pertama bersama rekan blogger dan media mendapat informasi langsung terupdate di acara tersebut untuk segera disebarkan melalui tulisan di platform blog kesayangan kamu. Usahakan juga blogpost kamu jangan terlalu lama dari dateline supaya ga basi juga informasinya. 


3.  Kesempatan bertemu public figure
      
     
     Sukanya menjadi blogger salah satunya ini bisa bertatapan langsung public figur seperti penyanyi, menteri bahkan sampai presiden RI. Untuk saat ini aku belum sampai ketemu Bapak Presiden Jokowi baru Pak Wakil Presiden Yusuf Kalla di acara perayaan ulang tahun Tv One bulan februari lalu. 

     
4. Menambah networking atau teman baru

     Alhamdulillah, setiap berpartisipasi dalam acara blogger selalu dipertemukan dengan rekan baru sesama blogger sehingga menambah networking bisa jadi selama ini sudah saling kenal di dunia maya atau sosial media dan melalui acara inilah bisa bersilahturahmi secara nyata tapi itu juga tergantung dari cara kamu bersosialisasi dengan orang lain seperti apa ya? nice or bad.

5.  Mendapat kompensasi


     Jadi, kamu tak hanya dapat 4 hal di atas yang sangat bermanfaat bonusnya dikasih goodiebag atau merchandise sebagai rasa terima kasih dari penyelenggara acara atas waktunya untuk hadir dalam acara tersebut. Kalau ini soal goodiebag nothing to lose ya, kalau dikasih berarti rezeki dan seandainya gak ada ya sudah nikmatin saja. Bahkan jika ada tawaran sponsorship maupun content placement, kamu bisa mendapat fee yang lumayanlah buat beli make up atau mungkin beli paket data internet.

Nah, jika dari tadi aku membahas soal sukanya seorang blogger kayak apa sih pastinya ada dukanya juga loh biar saling melengkapi satu sama lain. Alhamdulillahnya, sampai saat ini aku masih bisa menghandlenya alias batas kewajaran yang standar deh. Seperti ini loh dukanya menjadi seorang blogger diantaranya :

1. Writerblocks

    
Salah satu kendala yang menjadi kendala atau duka ketika dikejar dateline menulis tiba-tiba inspirasinya mandek atau stuck di tengah jalan rasanya pingin makan sebanyak-banyaknya supaya bapernya hilang, itu mah malah laparnya hilang. Aku biasanya mencari solusi dengan berhenti sejenak bisa jadi saat itu otak butuh istirahat dan refresh sebentar seperti dengar radio, menonton film, membaca buku, dan hal-hal ringan lainnya.

2. Jaringan internet yang tak stabil

    Koneksi internet itu hal yang penting dalam profesi dunia digital seperti freelancer atau blogger. Bagaimana bisa lancar jaya mengetik artikel blog jika jaringannya tersendat-sendat atau naik turun tak karuan efeknya emosi jiwa juga ikut-ikutan naik. Makanya pakai deh provider seluler yang menjanjikan dengan koneksi internet lebih lancar supaya pekerjaan cepat selesai sebelum waktunya.

3.  Stiqma yang tak bersahabat
     Apapun profesi yang dijalani pasti ada saja segelintir orang yang tak menyukai atau berpandangan miring tentang dunia blogger, mungkin melihat dari segi jam kerjanya yang tak menentu bukan seperti kerja kantoran waktunya pasti antara jam 8 pagi sampai 5 sore atau kerja yang sistem shift gitu. Selain itu dari penghasilannya yang tak menentu secara gak ada gaji tetap yang diterima bagi orang kerja di instansi atau perusahaan. Kendala kayak gitu lupakan saja toh kita yang jalani fine-fine saja.

4.  Keperluan Keluarga
Ada kejadian dimana aku deal datang suatu event yang kece dan bagus tiba-tiba harus cancel karena keperluan keluarga mendadak padahal sejujurnya pingin sekali ikut tapi apa daya akhirnya akupun mengalah untuk memilih acara keluarga. Dalam hal ini pic acarapun gak masalah walaupun sedikit kecewa harus mencari pengganti blogger di saat last minute dan perlu digaris bawahi cancel datang event bukan karena memilih event sebelah dengan kompensasi yang lebih menarik yaa, noted banget!

5.  Jam tidur tak teratur
Blogger itu biasanya waktu mengetik artikel pada malam hari secara pada saat itulah waktu yang tepat untuk menuangkan inspirasi yang ada di artikel blog karena suasananya yang begitu sunyi juga sepi sehingga lebih tenang mengalir begitu saja apa yang ada di pikiran makanya jam tidur gak teratur bawaannya ngantuk juga. Semua itu kembali lagi ke bloggernya juga seberapa nyaman mengerjakan artikel apakah pagi, siang atau malam? It's free yaa guys.

Seperti itulah kurang lebih suka dukanya menjadi blogger versi aku seandainya ada yang salah atau tak sesuai apa yang kamu alami jangan tersungging alias tersinggung ya guys, kalau gak berbagi di kolom komentar saja ya apabila kamu mau menambahkan hal lainnya dari pengalaman menjadi blogger. I'ts feel free to comment guys, berbagi hal positif itu indah selama bisa bermanfaat untuk orang lain. Happy blogging guys, keep spirit to writing blog😁
   
   

2 komentar:

  1. Kesempatan bertemu publik figur idola emnk harus bangat..

    Klo internet lemot juga kadang bikin malas blognya

    BalasHapus
  2. Aku seumur-umur ngeblog ga pernah ikut di undang-undang kegiatan gitu, tipsnya dongs mba :D wkwkwk

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.