5 Kegiatan Produktif Selama Puasa Di Rumah Aja



Berasa happy sih awal puasa sekolah diliburkan seperti tahun-tahun sebelumnya sehingga aku punya banyak waktu di rumah untuk mengisi puasa ramadan dengan hal-hal yang produktif dan bermanfaat selain memasak buat buka puasa. Puasa ramadan jangan dijadikan alasan buat bermalas diri dengan hanya rebahan aja tapi bisa diisi dengan suatu kegiatan produktif dan bermanfaat sambil menunggu bedug maghrib berbunyi. Coba kamu perhatiin deh berasa cepat banget kan waktu puasa kalo kita isi dengan mengerjakan sesuatu yang bermanfaat tak terasa sudah adzan maghrib saja. 

Sebenarnya banyak banget kegiatan produktif yang bisa kita lakukan di rumah selama bulan puasa Ramadan ini yang tentunya memberikan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan buat diri sendiri, berikut beberapa kegiatan produktif yang bisa kamu kerjakan saat puasa di rumah aja tanpa harus keluar uang di yaitu :

1. Tadarus Alquran





Bulan yang mulia dan istimewa ini sudah seharusnya kita sambut dengan mengerjakan hal-hal yang bernilai ibadah salah satunya Tadarus Alquran bisa dilakukan setiap selesai salat fardu atau mungkin waktu senggang sebelum berbuka puasa sambil menunggu bedug maghrib. Tadarus Alquran salah satu amalan shalih yang balasan pahalanya berlipat ganda sama halnya perbuatan baik apapun yang kamu lakukan selama Ramadan ini tentunya mendapatkan banyak pahala wallahualam bishawab ditambha kamu targetkan juga bisa sampai khatam Alquran misalnya seminggu sekali khatam itu benar-benar bagus banget Masya Allah jadi termotivasi buat khatam alquran lagi seperti beberapa tahun lalu walaupun hanya sekali khatam alquran😍

2. Menulis Blog




Dalam rangka menguji nyali challenge #BPNRamadan dari Komunitas Blogger Perempuan aku memberanikan diri tahun ini mengikuti challenge menulis tersebut yang sudah berjalan beberapa tahun lalu, walaupun sebelumnya maju mundur untuk ikut takut gak kekejar di pertengahan Ramadan sibuk mengajar sama persiapan menjelang lebaran berkat didorong niat dan kemauan yang kuat sekalian untuk memgasah skill menulis aku yang masih berantakan begini. Menulis blog salah satu kegiatan produktif di waktu senggang sebelum aku menyiapkan menu buat buka puasa nanti kan lumayan banget jika sehari bisa sampai update 1 tulisan jadi blognya berasa lebih hidup dan berwarna dengan organic post ini. Semoga saja ke depannya bisa lebih baik lagi dan konsisten buat rajin update blog di luar ikut challenge menulis di bulan Ramadan ini🤲

3. Membersihkan Rumah




Sebenarnya membersihkan rumah salah satu kegiatan rutin yang kita kerjakan tanpa harus menunggu bulan puasa atau lebaran datang tapi kita bisa mulai bebenah rumah atau beberes rumah di area yang selama ini jarang dijangkau atau dibersihkan seperti tirai atau kerai, saklar lampu, bagian atas kulkas, belakang kloset dan sebagainya sekiranya itu sulit untuk menjangkau benda tersebut kamu bisa minta tolong salah satu anggota keluarga untuk membantu membersihkan area yang sulit tersebut setelah selesai rumah jadi lebih bersih dan nyaman seperti pedoman dari Hadist Rasulullah SAW bahwa "Kebersihan Itu Sebagian Dari iman" . Jadi membersihkan rumah itu penting banget dilakukan untuk menciptakan suasana rumah yang bersih, indah dan nyaman tentunya membuat anggota keluarga menjadi betah dan dilakukannya secara rutin bersama anggota keluarga lainnya.

4. Berkebun




Kegiatan berkebun ini waktu awal pandemi begitu digandrungi banyak orang sampai beberapa harga tanaman hias ikut melesat naik efek permintaan konsumen yang sangat tinggi, di moment bulan puasa berkebun ini bisa dijadikan kegiatan alternatif untuk mengisi waktu ngabuburit kamu selama di rumah saja dengan menanam jenis tanaman hias maupun pertanian dikondisikan dengan halaman  yang ada jadi menambah keindahan juga keasrian tempat tinggal kita. Apalagi kalo nanamnya jenis tanaman pertanian seperti cabai, sayur kangkung, pare, tomat, sayur bayam, dan sebagainya itu lebih enak lagi pas panen tinggal petik saja deh tanpa harus repot-repot ke tukang sayur langganan. Berkebun ini termasuk kegiatan yang asyik dan seru selama kita have fun dan enjoy saja melakukannya di sela-sela waktu senggang menunggu bedug magrib.

5. Membaca Buku




Di era digital segala sesuatunya dipermudah membaca buku bisa secara online melalui e-book di internet tanpa harus repot datang ke toko buku di mall, walaupun kadang malas buat membaca buku padahal dengan membaca bisa menambah ilmu pengetahuan juga meningkatkan daya ingat pada otak kita dan mengurangi stress. Buat kamu yang typical bosanan untuk membaca buku gak usah lama-lama yah minimal 15 hingga 30 menit saja menjelang waktu berbuka puasa lagipula simple dan praktis membaca bukunya melalui e-book yang ada selama kita mempunyai kuota data internet yang cukup kan lumayan tuh gak terasa waktu ngabuburitnya walaupun hanya di rumah saja.

Ayo, dari 5 pilihan kegiatan di atas mana yang termasuk type kamu banget nih? barangkali kamu ingin menambahkan lagi selain itu bisa share di kolom komentar ya. Segitu saja sharing dari aku tentang kegiatan produktif selama puasa di rumah saja apapun itu selama bernilai kebaikan akan mendapat balasan pahala dari Allah SWT. Semangat puasa dan semangat sehat ya💪, sampai jumpa lagi di sharing selanjutnya ✍




Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.