Guru TK Adalah Profesiku

Wah untuk tema challenge BPN 2022 minggu ini lebih menarik yaitu membahas profesi atau pekerjaan walaupun sebenarnya penting gak penting untuk dibahas, karena ada sebagian orang yang gak begitu mau saat dibahas soal pekerjaannya ya bisa jadi bagian dari privacy guys. Sebelum terjun menjadi blogger sekitaran 2017 lalu, di november tahun 2014 aku bekerja menjadi marketing officer dari perusahaan di bidang managemen pangan di sini hanya sekitar 1 tahun saja dikarenakan kontraknya yang sudah berakhir dan tak perpanjang lagi selain itu tuntutan kerjanya yang aku gak bisa ikutin. Berhenti dari sini aku mencoba menggali potensi untuk mengisi kesibukan aku yaitu dengan bergabung ke komunitas menulis di facebook terus iseng-iseng ikut berbagai lomba puisi dan salah satunya sampai menang antologi puisi juara 1 berasa happy ketika nama kita ada di cover buku🤩.

Kemudian sekitar tahun 2017 akupun tertarik buat join di komunitas blogger masuklah ke komunitas blogger pertamaku yaitu Komunitas Blogger Jakarta dan aktif banget ikut event offlinenya sampai sering bersliweran di instagram dan facebook sebagai blogger event, kan lumayan selain dapat nambah wawasan dan teman baru juga dapat goodiebag dan bonusnya kadang dapat uang kan lumayan buat beli kuota data. Hehe Dari situ belum berakhir guys warna warni dunia kerjaku, aku dari menulis di platform gratis alhamdulillah akhirnya mempunyai domain yang berbayar dapatinnya secara free alias gratis dari komunitas pertama yang aku ikutin dan blognya pakai nama sendiri biar "be your self" dong yaitu rismayani.id 😉. Salah satu wish aku selama ini kesampaian bisa mempunyai website sendiri walaupun ada renew atau perpanjangnya supaya tidak expired, optimis saja siapa tahu rezekinya ada terus buat renew si domain kesayangan ini. Aamiin YRA🤲 

Perjalanan Menjadi Guru TK


Allah SWT Maha Baik satu persatu doaku diijabahNya mulai dari wish punya website pribadi sampai iseng pingin menjadi guru TK (Taman Kanak-Kanak) kelihatannya itu seru dan asyik deh masuk dalam dunia kanak-kanak. Dan benar saja di januari tahun 2019 kesempatan itu datang, sempat maju mundur sih untuk nerima pekerjaan ini karena background pendidikan aku hanya SMK bidang pemasaran kan gak nyambung banget guys berkat support keluarga dari orang tua dan saudara yang luar biasa akupun maju menerima tantangan menjadi guru TK intinya bismillah saja InsyaAllah dimudahkan juga dilancarkan jalannya.

Mungkin sebagian orang belum ada yang tahu tentang profesiku sebagai guru TK kecuali di circle keluarga, teman seprofesi, teman sekolah atau teman blogger yang kenal dengan aku apalagi selama ini bukan typical orang yang show up tentang profesi yang dijalani saat ini secara merasa belum menjadi guru yang terbaik  juga sempurna karena masih harus banyak belajar apalagi dengan background pendidikan yang hanya lulusan SMK di bidang pemasaran sebenarnya gak connect sih dengan pekerjaan aku saat ini tapi balik lagi ingin mendapatkan pengalaman dan wawasan baru akhirnya memberanikan diri terjun ke dunia pendidikan walaupun kecemasan juga ketidak percaya diri kerap menghinggapi kira-kira bisa gak ya aku menjalankannya dengan baik tentunya pekerjaan ini tak luput dari peran kepala sekolah yang  memberikan bimbingan dan pengarahan dimana beliau sudah 25 tahun mengabdikan diri menjadi guru TK. 


Suka Duka Guru TK


Setiap pekerjaan yang dijalani selalu ada lika liku maupun suka duka sama halnya ketika menjadi guru TK yang terpenting jangan mudah putus asa dan jalani saja secara santai agar tak menjadi beban buat kita. Sebelum aku cerita yang dukanya seperti apa lebih baik yang happy dulu ya guys biar kalian yang membacanya sambil tersenyum dulu, jadi nih sukanya menjadi guru yaitu menambah banyak wawasan tentang dunia anak seperti apa jadi secara tak langsung belajar parenting dari anak muridku yang rata masih usia dini, belajar lebih sabar dalam menghadapi dan membimbing anak-anak, belajar menjadi seorang ibu lembut juga penyayang, berasa awet muda secara kita masuk ke dunia mereka yang penuh jenaka, dan masih banyak lainnya. 


Untuk dukanya lebih ke tuntutan pekerjaan dimana guru harus gerak cepat tindak lanjuti setiap report yang dikirim dari dinas dimana pernah waktu hari libur sebagai guru yang merangkap operator sekolah juga aku harus segera mengisinya sebelum timelinenya berakhir padahal kan guru atau operator juga manusia butuh namanya healing ala2 walaupun hanya rebahan saja sambil nonton tivi guys🤣. Belum lama ada tuntutan bahwa sekolah harus ikut akreditasi walaupun dalam segi sarana juga pra sarana kurang mendukung untuk ke arah sana alhamdulillahnya wacana itu tidak kesampaian karena melihat dari jumlah murid sekolah kami tidak memenuhi persyaratan ikut akreditasi. Jadi, pikiran aku tidak terfokuskan untuk mengurusi akreditasi lagi bisa untuk urusan lain soal sekolah. Hhmm, dukanya apa lagi ya? Sepertinya yang intinya saja yang aku share selama 3 tahun ini menjadi guru TK. 


Jadi guys seperti itulah suka dukanya menjadi Guru TK dimana termasuk dalam pahlawan tanpa tanda jasa berasa bangga dan tetap rendah hati dengan profesi yang mulia ini kalo kata orang. Hehe Barangkali ada yang seprofesi dengan aku bisa share di kolom komentar ya atau setelah membaca artikel ini terbersit juga ingin menjadi guru TK. Wah, senangnya bisa menjadi inspirasi orang lain. Hehe Apapun itu profesi kamu selama halal dan berada di jalan Allah SWT tetaplah bangga dan semangat menjalaninya semata ridho Allah SWT InsyaAllah semua itu akan berbuah bahagia dan limpahan berkah dunia akhirat. Aamiin YRA❤

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.