Persiapan Puasa Hari Pertama



Alhamdulillah ya Allah, akhirnya diberikan kesempatan bertemu kembali dengan sang tamu istimewa yaitu bulan suci Ramadan walaupun kali ini suasananya begitu berbeda yaitu dengan berpulangnya kakak sulung di awal maret lalu karena sakit yang sebenarnya begitu mendadak banget. InsyaAllah kami sudah ikhlas menerima takdir Illahi mungkin seperti itu jalannya tapi karena begitu banyak kenangan bersama alm kadang aku masih shock atau kaget kalau sekarang Aa (panggilan kakak) udah gak ada apalagi kalo lihat foto2 di galeri handphone kemudian balik lagi ke rencana terbaik Allah SWT bahwa saat ini yang Aa Yudhi butuhkan hanyalah kiriman doa tak terputus dari orang-orang tercinta supaya jalannya di sana lancar mendapat tempat mulia di sisiNya. Aamiin YRA 🙏




Oh, ya InsyaAllah esok atau lusa umat muslim sudah menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H. Seperti tahun-tahun sebelumnya persiapan apa saja yang aku lakukan untuk menyambut puasa hari pertama sebagai berikut :

1. Hati Bersih Dan Suci




Bulan yang sangat mulia ini sudah seharusnya kita menyambutnya dengan hati bersih dan suci tentunya dikuti rasa bahagia tak terhingga karena masih diberi kesempatan menjalankan ibadah puasa pada tahun ini yang mana sekecil apapun kita melakukan suatu kebaikan maka balasannya berlipat ganda, Masya Allah Tabarakallah. Lapangkanlah hati kita dari sesuatu hal yang bikin hati menjadi kotor seperti hasad, iri, dengki dan penyakit hati lainnya lebih baik focuskan diri untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dengan melakukan ibadah wajib maupun sunah semaksimal mungkin.

2. Alat Ibadah Yang Bersih




Menyambut ibadah puasa tak harus membeli alat-alat ibadah baru seperti mukena, sarung, peci, sajadah dan lain-lain lebih baik pakai saja yang ada selama masih layak banget untuk digunakan dan itupun jauh-jauh hari sudah mencucinya dengan bersih jangan lupa pakai pewangi pakaian supaya harum terus mukenanya. Seandainya punya uang lebih tak apa-apa juga beli baru karena memakai mukena atau sarung pada saat sholat tarawih akan mendapat nilai plus di mata Allah SWT beda dengan saat sholat Idul Fitri yang aku pernah dengar seperti itu dan semua itu balik lagi ke pribadi masing-masing ya.

3. Manajemen Waktu Yang Baik




Dengan jumlahnya yang hanya 30 hari akan menjadi waktu yang terasa singkat dan cepat jika kita tak bisa memanfaatkannya sehingga membuat kita harus pintar mengatur waktu secara baik agar bisa memanfaatkannya sebaik mungkin untuk menjalankan ibadah wajib maupun sunah, mengurangi hal-hal yang hanya waste time atau membuang waktu karena ini saat yang tepat sekali untuk kita mengumpulkan ladang pahala sebanyak-banyak buat bekal nanti saat berpulang ke pangkuanNya karena tak ada yang pernah tahu umur manusia sampai berapa tahun di dunia ini. 

4. Menyiapkan Makanan Sahur 





Ini penting juga loh soal kebutuhan makanan pada saat sahur pertama, jangan lupa mempersiapkannya ya guys kira-kira sahur nanti mau makan apa yang gak bikin badan lemas dan mudah mengantuk pada saat menjalani puasa di siang hari. Kalau menurut aku sih gak harus dengan menu special seperti rendang daging atau ayam, opor ayam, sate kambing dan sejenisnya yang terpenting asupan nutrisinya baik dan bagus bagi tubuh kita yang sedang menjalani puasa tanpa drama haus maupun lapar guys InsyaAllah kita kuat hingga bedug maghrib tiba. Satu hal lagi nih guys, menyiapkan makan sahur salah satu ibadah yang besar pahalanya jadi jangan mager ya atau malas-malasan saat Menyiapkan makan sahur buat keluarga. 

Berhubung hari sudah sore dan cuaca rada mendung aku mau angkat cucian dulu nih. Jadi segitu aja ya sharing singkatku mengenai persiapan puasa hari pertama di tahun. Tak lupa mohon maaf lahir bathin ya sobat online maafin apabila selama ini ada khilaf melalui tulisan selama curhat di blog ini semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT dan senantiasa diberikan kelancaran hingga di akhir Ramadan... Aamiin YRA 🙏♥. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1443 H guys♥

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.