Hikmah Puasa Ramadan Di Tengah Pandemi



Tak terasa sudah tahun ke-3 kita menjalani ibadah puasa di tengah pandemi yang sampai saat ini belum hilang juga. Alhamdulillahnya puasa tahun ini ada sedikit kelonggaran yang diberikan pemerintah mulai dari pelaksanaan salat tarawih jamaah di masjid selain itu kegiatan  buka bersama di luar rumah yang penting tetap memperhatikan protokol kesehatan jangan sampai kendor ya guys. 

Pandemi global yang menimpa kita 3 tahun belakangan ini tentunya memberikan banyak hikmah bermakna kemudian kondisinya saat sang tamu istimewa dan mulia itu yaitu bulan Ramadan datang menyapa umat muslim di seantero dunia karena di balik ujian atau musibah yang Allah SWT berikan untuk hambaNya InsyaAllah ada hikmah di dalamnya. Apa saja hikmah yang di dapat menjalani puasa di tengah pandemi seperti sekarang sebagai berikut :

1. Menjadi Pribadi Lebih Sabar, Ikhlas Dan Kuat


Allah SWT tak akan memberi ujian atau cobaan di luar batas kemampuan hambaNya seperti pandemi yang dialami saat ini yang membuat kita membatasi segala aktivitas di luar rumah mulai dari bekerja, sekolah sampai ibadah dilakukan di rumah saja demi langkah preventif penularan si covid-19 dan hikmahnya menjadikan kita sosok pribadi yang lebih sabar, ikhlas dan kuat menerima cobaan ini sehingga kitapun mulai terbiasa dengan kondisi seperti ini lagipula kita kan gak sendiri diterpa wabah virus ini bersama jutaan orang di luar sana. InsyaAllah jika kita menerimanya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan balasannya pahala tak terhingga dariNya. 

2. Beribadah Lebih Khusyuk


Dengan adanya pandemi di bulan puasa ini memotivasi kita untuk lebih khusyuk lagi dalam beribadah seperti melaksanakan salat secara tepat waktu dan tidak terburu-buru, istoqomah membaca Al-Qur'an, berdzikir dan masih banyak lainnya. Mungkin ini cara halus dari Allah SWT supaya hambaNya lebih banyak mendekatkan diri dan selalu mengingat di setiap hembusan nafas dan minta ampun atas segala kesalahan maupun kekhilafan yang dilakukan.

3. Perbanyak Amalan Shalih


Bulan penuh mulia yang sangat dinantikan kedatangannya sudah seharusnya kita menyambutnya dengan hati penuh riang gembira InsyaAllah api nerakapun haram menyentuhnya bagi orang-orang yang bahagia dengan datangnya Ramadan ini. Bulan Ramadan di masa pandemi ini kita bisa menjamunya dengan memperbanyak amalan shalih yang mungkin di luar bulan ramadan sering tertinggal karena kesibukan sehingga di moment ini pas banget untuk mengejar ketertinggalan dengan melakukan amalan shalih penuh kebajikan.


4. Kebersamaan Dengan Keluarga


Lebih banyaknya aktivitas di rumah saja karena kondisi pandemi tentunya memberi manfaat kebersamaan dengan keluarga jadi lebih intens apalagi dibarengi datangnya bulan puasa membuat waktu kumpulnya lebih banyak juga berkualitas seperti senangnya bisa buka puasa bersama keluarga, salat fardu maupun salat tarawih secara berjamaah yang memberikan suasana yang tenang dan adem dalam keluarga tercinta. 

5. Lebih Peduli Dengan Kesehatan Dan Kebersihan


Benar gak nih sejak corona datang ke sini mengubah pola hidup kita menjadi lebih aware atau peduli dalam menjaga kesehatan juga kebersihan mulai dari kebiasaan pakai masker, rajin mencuci tangan, memakai hanitizer diharapkan dengan datangnya bulan puasa ini dapat menciptakan pola hidup yang lebih sehat juga bersih sehingga dapat memaksimalkan kita untuk lebih beribadah yang lebih baik balasannya berlimpah pahala mengalir. 

Masya Allah hikmahnya bermakna banget ya menjalani ibadah puasa ramadan di tengah pandemi seperti sekarang yang mana membuat pribadi kita jadi lebih baik selain itu meningkatkan keimanan juga ketaqwaan kepada Allah SWT. Semoga amal ibadah kita di bulan suci Ramadan diterima Allah SWT dan senantiasa diberikan kelancaran hingga akhir Ramadan... Aamiin YRA ♥ Selamat menjalankan ibadah puasa, semangat sehat!

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. πŸ™πŸ™

Diberdayakan oleh Blogger.