Manfaat Makan Kurma Saat Puasa



Alhamdulillah tak terasa kita sudah puasa di hari ke-5 dan tentunya menu kurma tak ketinggalan dalam menu buka puasa kamu dong secara buah kurma salah satu buah favorit yang tak terpisahkan saat bulan Ramadan seperti sekarang ini ditambah Nabi Muhammad SAW juga mensunahkan kita makan 3 butir kurma setiap berbuka puasa. Kamupun harus tahu bahwa di balik legit dan enaknya kurma ternyata memberikan banyak manfaat atau kebaikan bagi yang memakannya.

Tentang Kurma


Menurut Wikipedia, Kurma adalah tanaman palma dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya  tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Buahnya dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika. 

Oh, ya satu buah kurma seberat 7 gram ini mengandung 220 kkal kalori; 5,3 gram karbohidrat; 0,14 mg natrium; 4 gram gula dan 0,6 gram dan dalam kurma sama sekali tidak mengandung lemak. Masya Allah kandungan dari buah kurma penuh nutrisi sehingga memberikan kebaikan bagi tubuh kita makanya cocok banget jika kita konsumsi sebagai menu buka puasa. 

Manfaat Kurma Saat Puasa


Penasaran seperti apa manfaat makan kurma saat buka puasa yang tentunya memberikan kebaikan bagi tubuh kita seperti berikut ini :

1. Sebagai Sumber Energi


Setelah seharian kita berpuasa biasanya berasa lapar juga haus selain itu kehabisan energi alias tubuh lemas makanya sebagai pengganti sumber energi kita yang terkuras lebih baik berbuka puasa dengan makan kurma cukup 3 butir saja sesuai yang nabi sunahkan selain mendapat berkahnya perutpun mendapat asupan nutrisi dari buah kurma. 

2. Melancarkan Pencernaan


Selain sebagai sumber energi saat berbuka puasa, manfaat buah kurma lainnya yaitu untuk melancarkan pencernaan. Tinggi serat yang terkandung pada buah kurma ini bermanfaat untuk mencegah sembelit dan pencernaan kita lebih lancar selain itu makan buah kurma saat buka puasa dapat mengurangi rasa lapar dan mencegah makan berlebihan seperti kita tahu bahwa makan berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan akan menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Menangkal Radikal Bebas


Salah satu manfaat yang penting banget nih guys dimana buah kurma selain sumber energi dan melancarkan pencernaan ternyata kurma ini kaya antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh kita sehingga mempunyai peran dalam menjaga sel juga jaringan tubuh dari peradangan kronis yang memicu risiko penyakit berbahaya. 

Masya Allah nyatanya makan buah kurma ini berkhasiat banget ya, selama ini tahunya hanya untuk melancarkan pencernaan saja eh ternyata lebih dari itu bisa juga untuk meningkatkan kemampuan otak sampai mengontrol gula darah. Oh, ya kurma ini aman juga untuk penderita diabetes asalkan makannya sesuai petunjuk dokter ya dan jangan berlebihan pula intinya yang penting cukup terus kita ambil berkahnya dari makan kurma tersebut guys.

Seperti itulah kurang lebih sharing singkatku mengenai manfaat makan kurma saat buka puasa, sekiranya kalian ingin menambahkan lagi manfaatnya feel free di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat, tetap semangat berpuasa dan semangat sehat selalu guys 😍.


Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.