5 Kegiatan Bermanfaat Saat Puasa



Ya Allah berasa cepat banget puasa sudah hari ke-7 saja perasaan baru kemarin kita menjalankan ibadah puasa dan sudah seminggu saja berlalu makanya moment istimewa ini lebih baik kita manfaatkan untuk melakukan kegiatan bermanfaat atau produktif sambil menunggu bedug maghrib datang. Puasa bukan menjadi alasan kita untuk rebahan saja karena lemas efek lapar dan haus mendera seharusnya ini kita jadikan untuk banyak berbuat kebajikan.

Tidur boleh saja selama puasa tapi jangan berlebihan pula gak bagus juga kali sekalinya tidur bangunnya pas adzan maghrib bunyi itu mah gak baik guys. Hiks hiks Daripada tidur melulu selama berpuasa lebih baik melakukan 5 kegiatan bermanfaat ini sembari ngabuburit di rumah sebagai berikut :

1. Melaksanakan Salat Sunah





Jika biasanya kita di luar bulan Ramadan kita jarang melaksanakan ibadah sunah salah satunya salat sunah, lebih bagus lagi kalau di bulan suci ini kita rutinkan lagi buat rajin salat sunah seperti salat rawatib, salat dhuha, salat tahajud, salat hajat dan sebagainya. Di hari biasa saja jika dikerjakan mendapat pahala apalagi di bulan Ramadan pahala yang didapatkan bisa berlipat ganda. Salat sunah yang kita kerjakan selain dapat pahala tentunya mendapat manfaat lain berupa ketenangan atau kedamaian hati dalam menjalani hidup.

2. Tadarus Alquran




Kegiatan yang satu ini lebih berpahala lagi dikerjakan, bila di hari biasa kita membacanya mendapat pahala apalagi di bulan mulia ini bisa bergelimang pahala dan hidup menjadi lebih berkah. Di bulan ini mulai mendisplinkan diri untuk konsisten membaca Alquran setiap selesai salat fardu atau di waktu senggang hingga terbiasa melaksanakannya saat Ramadan telah berakhir karena telah menjadi kebiasaan baik dan lebih bagus jika sampai khatam Alquran. Berasa kesentil banget hingga hari ke sekian belum selesai juga 1 juz saja membaca Alquran padahal di hari biasa saja jarang juga untuk biasain Tadarus Alquran😭

3. Bersedekah




Salah satu amalan ibadah yang pahalanya berlipat ganda yaitu bersedekah atau berbagi, dalam hal ini bersedekah tak harus berupa materi atau uang bisa juga berbagi makanan yang kamu berikan ke orang yang berpuasa dengan mengantarkan ke masjid, sanak saudara maupun tetangga. Tak hanya mendapat balasan pahala berlipat ganda tapi juga kebahagiaan tersendiri karena bisa berbagi sesuatu yang bermanfaat dengan sesama muslim, InsyaAllah semakin banyak sedekah maka hidup semakin berkah dunia akhirat.

4. Mengikuti Kajian Online




Sejak pandemi hingga puasa ini kegiatan kajian lebih banyak diadakan secara online, ada baiknya untuk mengisi waktu luang daripada untuk tidur berjam-jam diganti dengan mengikuti kajian online tanpa harus keluar rumah yang bisa kamu ikuti diberbagai platform yang ada seperti  instagram, facebook, youtube dan sebagainya kemudian memilih tema kajian yang diinginkan melalui search engine di platform tersebut. Kamupun bisa mengikuti kajian secara langsung atau live streaming melalui aplikasi video di Zoom dan skype, dengan kecanggihan teknologi semuanya dipermudah termasuk untuk mendapatkan ilmu agama islam dari kajian online yang ada.

5. Memasak





Sembari menunggu adzan maghrib berkumandang sepertinya asyik dan seru jika kita melakukan kegiatan memasak menu yang akan dihidangkan pada saat berbuka puasa nanti sekalian juga mengekplore atau mencoba menu baru masakan untuk jadi rekomendasi memasak kita biar gak bosan dengan menu masakan yang itu-itu saja. Dengan memasak ini sekaligus mengasah kita dalam bidang kuliner sehingga semakin pintar dalam membuat menu masakan menjadi lebih enak juga lezat untuk dinikmati siapa tahu saja bisa buat restoran benaran. Hehe


Masya Allah ternyata banyak juga kegiatan bermanfaat dan berlimpah pahala yang bisa kita lakukan saat berpuasa sembari menunggu bedug maghrib bunyi, tentunya kegiatan ini ke depannya membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dan produktif lagi untuk mengatur waktu sebaik-baiknya. Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan bermanfaat lainnya berhubung mau berbuka puasa jadi 5 saja ya, semoga bermanfaat dan selamat berbuka guys! Sampai jumpa kembali di artikel berikutnya ya😊



Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.