Hal Apa Saja Ingin Dilakukan Selama Puasa?



Bisa dibilang puasa tahun ini begitu berbeda karena salah satu kakak sulung tercinta berpulang ke pangkuannya 1 bulan sebelum Ramadan datang, sampai detik ini masih gak nyangka secepat itu Aa (panggilan untuk kakakku) meninggal dunia di hari kematiannya aku masih sempat bicara di panggilan whatsapp dan malamnya sekitar 8 malam kurang sudah tiada. Aku berpikir seperti itulah ajal ketika tak mengenal waktu dan keadaan kita siap atau tidak, namanya kematian tak ada siapapun yang siap menghadapinya andai saja dikasih tahu kapan meninggal dunia mungkin kita akan mempersiapkan amal sebanyak atau sebaik mungkin untuk bekal di alam barzah dan akhirat nanti.

Di Ramadan yang begitu berbeda ini membawaku untuk lebih banyak berintropeksi diri menjadi pribadi lebih baik, dari meninggalnya kakak tercinta mengisyaratkan pesan bermakna bahwa sesungguhnya kita semakin dekat dengan ajal dan kematian itu tak mengenal tua muda, sehat atau sakit, kaya miskin, dan sebagainya pada hakikatnya semua akan mengalami kematian. Untuk itu banyak hal yang ingin dilakukan di bulan puasa nan berkah ini :

1. Berbuat Kebaikan

Rasanya terharu banget saat Aa berpulang banyak menceritakan tentang kebaikan dan keramahan alm. selama ini kepada kerabat, teman dan tetangga sekitar apalagi kalo ada berita kematian alm. Aa selalu menyempatkan datang untuk bertakziah selain Aa baik banget dalam hal materi selalu berbagi terhadap keluarga maupun orang-orang yang dikenalnya. Dari cerita tentang alm. Aa memotivasi aku untuk selalu berbuat kebaikan di bulan puasa dan bulan-bulan lainnya sebagai amal kebajikan kita saat meninggal dunia nanti walaupun mungkin kita sebelumnya hamba yang penuh khilaf dan dosa.

2. Bersedekah


Dengan bersedekah tak menjadikan kita miskin sebaliknya InsyaAllah akan diganti sama Allah SWT dengan berlipat ganda tak dari orang yang kamu beri bisa jadi dari tangan orang lain, yang terpenting niatkan sedekah semata karena Allah SWT bukan pujian atau riya'. Apalagi di bulan mulia ini jika kita bersedekah maka balasan pahalanya berlipat ganda dari bulan biasa kamu bersedekah. Dan bersedekah itu tak harus berupa materi bisa dengan memberikan makanan buat berbuka puasa ke masjid, sanak famili, dan tetangga terdekat. Apapun pemberian kita ke orang yang membutuhkan tentunya akan memberikan manfaat buat orang lain. Oh, ya prinsip aku tentang bersedekah atau berbagi itu gak harus ke orang yang jauh dulu ke orangtua kita juga itu malah lebih bagus dan pahalanya sangat besar berbagi atau memberi sesuatu buat orangtua kita mumpung mereka masih sehat dan panjang umur bahagiakanlah orangtua kita.

3. Perbanyak Sabar Dan Ikhlas


Bulan Ramadan tak hanya sekadar kita berpuasa menahan haus dan lapar menjalankan perintah Allah SWT tapi kesemptan baik buat kita agar mengendalikan diri dengan perbanyak sabar juga ikhlas dalam menghadapi persoalan atau ujian hidup bukan dengan emosi atau marah-marah tanpa logika yang akhirnya menghilangkan pahala bahkan bisa membatalkan puasa jika berlebihan emosinya walaupun realitanya tak semudah membalikkan telapak tangan menjadi orang sabar dan ikhlas tapi gak ada salahnya pelan-pelan untuk intropeksi diri buat lebih baik lagi sehingga setelah Ramadan pergi kita sudah dengan pribadi baru yang lebih berbeda.


4. Beribadah Lebih Khusyuk

Kamu pernah dong saat salat tiba-tiba pikirannya kemana-mana alias tidak khusyuk akupun pernah demikian hingga membuat lupa bacaan salah satu gerakan salat sampai jumlah rakaat salat. Selama ini selalu niatkan hati soal ibadah harus lebih baik dari hari ke hari termasuk kekhusyuk'an ini yang manfaatnya akan memberi ketenangan juga kedamaian hati bagi kita. Di bulan Ramadan tahun ini aku memotivasi diri ini supaya ke depannya beribadah lebih baik lagi dalam hal ketepatan waktu maupun kekhusyukan hati. 


5. Belajar Memaafkan


Entah kenapa aku terkadang orang yang sulit memaafkan orang lain walaupun itu teman baik sendiri sampai-sampai jaga jarak, tapi suami menasehati aku jangan begitu punya sifat pendendam harus belajar memaafkan walaupun tak semudah membalikkan telapak tangan. Alhamdulillah, di Ramadan ini aku mulai membukakan hati untuk belajar memaafkan orang 
walau kalo ingat keburukan orang itu suka kesal sendiri sampai dalam hati jadi malas punya teman kayak begitu pinginnya enaknya saja. Wkwkw setelah Ramadan ini bisa lebih baik menjadi pribadi yang pemaaf ya😊


Segitu saja sharing singkat, jelas dan padat mengenai hal-hal yang ingin aku lakukan selama bulan Ramadan dan semoga saja bisa istiqomah atau konsisten setelah Ramadan ini, doakan aku ya teman-teman. Sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata dan kekurangan datangnya dari diri yang hina ini. Semoga bermanfaat, semangat puasa dan sehat selalu ya guys😇!

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Diberdayakan oleh Blogger.